Cara Membuat Kamar Tetap Wangi dan Hangat di Musim Hujan

Senin, 20 Januari 2020 18:45 Reporter : Kurnia Azizah
Cara Membuat Kamar Tetap Wangi dan Hangat di Musim Hujan ilustrasi kamar hotel. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/erni

Merdeka.com - Cara membuat kamar tetap wangi menggunakan bahan alami dan pastinya aman bagi kesehatan. Patut diketahui bagi Anda mendambakan kehangatan kamar yang memberi kenyamanan, terutama di musim hujan.

Musim hujan acapkali membuat ruangan menjadi lembab dan bau apek, serta dinding kamar yang dingin. Ketika mendung memang memberi sensasi panas, namun seusai hujan renda ada saja angin dingin yang menusuk.

Kamar menjadi markas berharga bagi kita, pasti menginginkan area istirahat yang bersih, wangi, dan terawat. Ruangan yang sesuai impian Anda akan mampu memulihkan stamina setelah Lelah berakitivitas seharian penuh.

Pada artikel kali ini, mari simak cara membuat kamar tetap wangi dan hangat, menggunakan bahan alami dan tidak harus menggunakan alat penghangat ruangan. Berikut hasil merdeka.com rangkum dari berbagai sumber,

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Kamar Tetap Wangi

1. Campuran Perasan Lemon dan Kemangi

ilustrasi lemon oil

Shutterstock


Cara membuat kamar tetap wangi dengan bahan alami yang pertama ialah ramuan campuran perasan lemon dan kemangi. Perasan lemonnya juga bisa Anda ganti dengan minyak essensial. Cara membuatnya juga mudah,

  • Didihkan gelas air menggunakan panci kecil, masukkan kemangi kering. Sebentar saja, lalu matikan kompor.
  • Setelah air dingin, saring dan masukkan ke dalam botol spray.
  • Tambahkan sedikit air matang, perasan lemon atau minyak essensial, dan sedikit alkohol.
  • Pengharum ruangan alami Anda siap digunakan. Kocok terlebih dahulu, kemudian semprot di sekitar kamar Anda.
2 dari 6 halaman

2. Memanfaatkan Bunga Kering

bunga kering rev1

Cara membuat kamar tetap wangi dengan bahan alami selanjutnya ialah memanfaatkan bunga kering, sebagai potpourri. Potpourri merupakan pundi berisi bunga, buah, dan rempah kering yang sudah diberikan wewangian bernuansa natural untuk menyegarkan ruangan.

  • Pilihlah jenis bunga kesukaan Anda, kemudian gantung beserta tangkainya selama beberapa minggu atau hingga kering. Kemudian masukkan dalam wadah dan tambahkan dengan tetesan minyak essensial.
  • Langkah selanjutnya, tutup wadah selama beberapa minggu, supaya minyak terserap. Bukalah wadah berisi bunga kering Anda tadi ketika membutuhkan aroma wangi di kamar.
3 dari 6 halaman

3. Balok Kayu dengan Parfum

Pengharum ruangan dengan balok kayu bekas dan parfum. Cara membuat kamar tetap wangi dengan langkah sebagai berikut

  • Pilih balok kayu ukuran kecil, jumlah sesuai kebutuhan dan luas kamar Anda. Dicuci bersih.
  • Setelah balok kering, semprotkan parfum atau direndam dalam air parfum tidak perlu terlalu banyak air parfumnya.
  • Letakkan balok kayu kecil tadi di sudut kamar atau di meja, supaya menjangkau ruangan.
4 dari 6 halaman

4. Perpaduan Lilin dan Kayu Manis

lilin dan kayu manis

Apakah Anda pernah mencium aroma rempah segar ketika perawatan di spa atau di hotel? Berikut Anda bisa membuatnya sendiri tanpa harus repot-repot pergi jauh ke kamar hotel dengan harga mahal. Kayu manisnya bisa juga Anda ganti dengan beberapa batang serai, memiliki aroma lebih menyegarkan.

Siapkanlah lilin ukuran besar, kemudian tata rapi kayu manis atau batang serai di sekeliling lilin besar tadi. Tempelkan menggunakan lem tembak atau diikat menggunakan tali. Terakhir, nyalakan lilin di kamar Anda dan rasakan sensasi keharumannya ketika Anda beristirahat.

5 dari 6 halaman

5. Teratur Mengganti Seprai dan Sarung Bantal

Cara membuat kamar tetap wangi selanjutnya ialah teratur mengganti kain seprai dan sarung bantal. Pastikan Anda mencuci bersih dan mengganti dua minggu sekali. Selain mendapatkan tempat tidur yang bersih, juga kamar yang sehat.

6. Rajin Membersihkan Kamar dan Menyingkirkan Pakaian Kotor

Cara membuat kamar tetap wangi yang terakhir ialah rajin membersihkan kamar dan menyingkirkan pakaian kotor. Pastikan Anda menghindari kotoran dan debu di kamar, supaya terhindar dari serangga, tikus, kecoa, dan cicak.

Jangan membiarkan tumpukan pakaian kotor menjadi sarang persembunyian binatang kecil, seperti nyamuk. Sediakanlah keranjang khusus pakaian kotor di luar kamar Anda, atau segeralah cuci supaya kamar Anda lebih bersih dan wangi.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Kamar Tetap Hangat

1. Menggunakan Karpet

Cara membuat kamar tetap hangat di musim hujan yang pertama ialah menggunakan karpet. Memasang karpet di lantai akan mencegah suhu dingin masuk dari bawah.

2. Menutup Celah Pintu dan Jendela

Menutup celah pintu dan jendela supaya angin dingin tidak mudah masuk. Pasanglah weather strpping, yaitu metode mengisi setiap celah jendela menggunakan karet khusus. Selain mencegah angin dingin, juga cocok mencegah serangga dan debu masuk ke kamar Anda.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini