Buya Hamka Saat Meninggal Jenazahnya Tersenyum, Ini Fotonya Jarang Terekspos

Jumat, 26 November 2021 11:11 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Buya Hamka Saat Meninggal Jenazahnya Tersenyum, Ini Fotonya Jarang Terekspos buya hamka. https://madrasahdigital.co/

Merdeka.com - Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal sebagai Buya Hamka merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama sekaligus sastrawan ternama Tanah Air.

Sepanjang hidupnya, Hamka dikenal sebagai sosok ulama besar yang toleran terhadap perbedaan, namun juga tegas dalam hal-hal prinsip terutama soal akidah. Ia merupakan orang yang sangat gigih dalam membela Islam.

Kurang lebih 40 tahun lalu, Buya Hamka meninggal dunia di usia 73 tahun. Tepatnya pada tanggal 24 Juli 1981. Namun, foto jenazah Hamka yang tersenyum justru ramai beredar di media sosial belakangan ini. Berikut potretnya:

2 dari 5 halaman

Buya Hamka Meninggal Dunia

Buya Hamka meninggal dunia pada tanggal 24 Juli 1981, tepat di hari Jumat pada bulan Ramadhan. Pada saat itu, kepergian Hamka menghadap sang khalik tentu menimbulkan kesedihan mendalam bagi hampir seluruh umat Islam di Indonesia.

Melansir dari keterangan unggahan di Instagram @sahabatsurga, disebutkan bahwa ribuan pelayat bahkan sampai mengantre untuk ikut menyalatkan jenazah Buya Hamka pada saat itu. Hal itu sebagai salah satu bukti kecintaan masyarakat terhadap sang ulama.

"Beliau wafat di pagi hari jumat, 24 Juli 1981, di bulan Ramadhan... Dishalatkan ribuan pelayat secara bergelombang," tulis keterangan unggahan.

3 dari 5 halaman

Meninggal Dalam Keadaan Tersenyum

Melalui unggahan @sahabatsurga, membagikan sebuah foto yang disebut sebagai potret jenazah Buya Hamka 40 tahun silam.

Buya Hamka meninggal dunia pada usia 73 tahun. Dalam unggahan tersebut, terlihat Hamka meninggal dunia dalam keadaan tersenyum.

Berikut foto yang disebut sebagai jenazah Buya Hamka, dilansir dari Instagram @sahabatsurga, berdasarkan unggahan di grup Facebook 'Mengenal Buya Hamka'.

foto mendiang buya hamka
Instagram/@sahabatsurga ©2021 Merdeka.com

"Apa yang membuat Buya Hamka meninggal dalam keadaan tersenyum?," tulis keterangan foto.

4 dari 5 halaman

Komentar Netizen

Setelah dibagikan, unggahan itupun langsung menjadi sorotan dari warganet dan dibanjiri beragam komentar.

"Kematian yang membuat iri seluruh umat Islam, di hari Jumat pas bulan Ramadhan dan jenazah dalam keadaan tersenyum. InshaAllah beliau meninggal dalam keadaan husnul khotimah," kata @gupin***

"emoga kita semua saat menghadap Rabb dalam keadaan Husnul khotimah. Aamiin," kata @efnaz***

"masyaAllah luar biasa prinsip beliau, meninggal di hari jumat, bertepatan dengan ramadhan, insyaAllah masuk surga tanpa hisab, aamiin," tulis @harry***

"Masyaa allah.. dan beliau adalah orang yg mengislamkan ibu saya dan istrinya lah yg memberikan nama islami kepada ibu saya.. insyaa allah husnul khatimah buya," ungkap @niefu***

5 dari 5 halaman

Sosok Buya Hamka

buya hamka
©2020 brilio.net

Selain sebagai ketua MUI pertama, Buya Hamka juga dikenal sebagai tokoh Masyumi dan ulama Muhammadiyah. Jika berkaitan dengan akidah, Hamka memang merupakan ulama yang sangat tegas dan tak kenal kompromi.

Salah satu contoh ketegasan itu adalah saat dirinya berani mengeluarkan fatwa yang sampai saat ini bahkan masih menjadi diskusi keagamaan hingga memantik perdebatan. Yakni mengeluarkan fatwa haram bagi umat Islam terkait perayaan Natal bersama.

Bahkan, pada 19 Mei 1981, Hamka akhirnya memilih mundur dari jabatannya sebagai Ketua MUI karena merasa ditekan oleh menteri agama waktu itu, Alamsyah Ratu Perwiranegara. Hamka memilih mundur daripada harus menganulir fatwa tersebut.

"Beliau adalah tokoh yang toleran terhadap perbedaan, namun tegas dalam hal2 prinsip... Beliau memilih mundur dari jabatannya karena memilih membentengi aqidah umat Islam," tulis keterangan foto.


[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini