Apa Manfaat Belajar Coding? Bisa Bantu Mengasah Otak Bagi Anak

Senin, 27 Juni 2022 11:07 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Apa Manfaat Belajar Coding? Bisa Bantu Mengasah Otak Bagi Anak Ilustrasi komputer. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/gyn9037

Merdeka.com - Apa manfaat belajar coding? pertanyaan itu mungkin masih membuat penasaran banyak orang. Coding atau programming adalah cara untuk memberikan perintah pada komputer, aplikasi, atau website untuk melakukan sesuatu melalui bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman sendiri merupakan senjata utama untuk membangun berbagai jenis sistem yang ada di dunia ini. Misalnya website, aplikasi, sistem operasi, dan perangkat teknologi lainnya.

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, hampir segala sesuatu di dunia ini tehubung secara elektronik dan digital. Untuk itu, banyak orang kini menganggap coding sebagai 'bahasa baru' yang harus dikuasai oleh anak sejak dini.

Tak hanya itu, manfaat belajar coding juga ternyata cukup banyak bagi anak. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman Niagahoster dan berbagai sumber, Senin (27/6/2022):

2 dari 6 halaman

Pengertian Bahasa Pemrograman

Sebelum membahas soal manfaat belajar coding, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu soal coding dan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh programmer untuk berkomunikasi dengan komputer. Bahasa pemrograman tersusun dari beberapa sintaks yang membentuk perintah tertentu.

Kemudian, perintah tersebut akan diterjemahkan menjadi logika yang dimengerti komputer. Sehingga, komputer dapat melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh programmer. Hasil akhir dari penggunaan bahasa pemrograman adalah sistem operasi, aplikasi desktop, website, aplikasi mobile, bahkan berbagai perangkat teknologi.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa dipelajari, contohnya Java Script. Bahasa pemrograman ini banyak dipakai untuk mengembangkan website dari segi klien (client side). JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman tertua di dunia, karena sudah dikembangkan sejak tahun 1995.

JavaScript memungkinkan programmer menambahkan fitur-fitur kompleks sehingga halaman website jadi lebih dinamis dan interaktif. Selain Java Script ada juga bahasa pemrograman Phyton yang sering disebut sebagai bahasa multiguna.

Bahasa pemrograman ini kebanyakan digunakan untuk membangun Machine Learning, Artificial Intelligence, Big Data, dan Robotika. Selain dua contoh tersebut, ada juga beberapa bahasa pemrograman lain seperti SQL, Java, C++, PHP, TypeScript, HTML, CSS, Kotlin, Ruby, Dart, C#, Swift dan masih banyak lagi. [khu]

Baca juga:
Penyebab Terjadinya Perubahan Cuaca, Simak Penjelasannya
Bacaan Niat Berkurban Idul Adha Beserta Doanya & Hukum Kurban Atas Nama Orang Lain

3 dari 6 halaman

Manfaat Belajar Coding untuk Anak

1. Latih Skill Problem Solving

Melansir dari laman instiki, manfaat belajar coding yang pertama ialah bisa melatih skill problem solving untuk anak. Sebab, kegiatan programming merupakan sebuah permainan logika.

Kebutuhan akan seorang programmer pasti diawali dari suatu masalah. Dengan belajar coding, maka skill problem solving anak akan terasah.  Tak hanya itu, coding dapat membantu meningkatkan keterampilan matematika, pemikiran logis, skill analisis, berpikir kreatif, dan masih banyak lagi.

Proses ini disebut akan memberikan manfaat bagi anak menjadi pribadi yang lebih awas dalam bertindak. Ia juga cenderung akan memperhitungkan berbagai risiko yang mungkin muncul dari tindakan yang akan dilakukannya.

4 dari 6 halaman

2. Computational Thinking

Manfaat belajar coding selanjutnya ialah mengasah kemampuan computational thinking, yakni kemampuan untuk mengkomunikasikan pikiran secara terstruktur dan logis.

Sebab, saat belajar bahasa pemrograman maka kemapuan anak dalam memahami konsep algoritma dan memecahkan masalah akan berkembang dengan pesat.

Kemampuan ini juga menggabungkan disiplin logis dan matematis, sehingga anak bisa dengan cepat menemukan solusi untuk suatu masalah.

5 dari 6 halaman

3. Dorong Kreativitas

Adanya masalah dalam sistem pemrograman akan mendorong anak untuk berpikir out of the box untuk memecahkan problem tersebut. Hal ini akan membuat dan mendorong anak lebih berpikir kreatif.

Sehingga manfaat belajar bahasa pemrograman dapat membuat anak bisa lebih banyak berimajinasi dan menemukan berbagai kemungkinan. Secara otomatis, kemampuan ini juga akan mendorong anak menjadi lebih mudah berbicara di depan umum.

4. Melatih Ketekunan

Sama seperti mempelajari sesuatu yang baru, belajar coding juga menantang. Saat melakukan coding, anak akan menemukan masalah rumit yang tak jarang bisa membuat frustrasi.

Pengkodean akan mengajari anak-anak keterampilan kegigihan yang berharga saat menghadapi tantangan semacam itu.

6 dari 6 halaman

5. Punya Kesempatan Karir yang Baik

Di era kemajuan teknologi yang terus berkembang, belajar bahasa pemrograman bisa membuat seseorang memiliki kesempatan karir yang baik. Saat ini, bahkan sudah banyak orang yang mahir coding bisa bekerja mandiri dan menghasilkan banyak uang.

Keterampilan programming bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama. Caranya adalah dengan bekerja lepas di salah satu perusahaan yang berkaitan dengan teknologi informasi. Selain itu, banyak juga perusahaan yang sanggup memberikan gaji tinggi bagi seorang programmer.

Bisa dibilang, mempelajari bahasa pemrograman cukup penting karena di masa depan nantinya akan banyak jenis pekerjaan baru yang membutuhkan keahlian bahasa coding seiring dengan makin berkembangnya teknologi.

Baca juga:
Penyebab Terjadinya Perubahan Cuaca, Simak Penjelasannya
Bacaan Niat Berkurban Idul Adha Beserta Doanya & Hukum Kurban Atas Nama Orang Lain



Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini