Apa itu Granat Asap yang Bikin Ledakan di Monas?

Selasa, 3 Desember 2019 11:14 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Apa itu Granat Asap yang Bikin Ledakan di Monas? Granat Asap. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Ledakan terjadi di Monas, pada Selasa (3/12) pagi sekitar pukul 07.40 WIB. Dari peristiwa tersebut dua anggota TNI mengalami luka dan sudah dibawa ke rumah sakit Gatot Subroto Jakarta Pusat.

Polisi menyebut ledakan diduga berasal dari granat asap. "Hasil olah TKP, ledakan diduga granat asap yang meledak," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di lokasi, Selasa (3/12).

Lantas apa itu granat asap? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Ledakan Granat Asap di Monas

Dari hasil penyelidikan sementara, tim gabungan kepolisian menemukan bahwa ledakan tersebut berasal dari granat asap. Sampai saat ini, pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan.

"Kita akan minta keterangan saksi di TKP. Kita akan kumpulkan informasi dari keterangan saksi, saksi dari orang-orang, TKP dan korban itu sendiri. Jadi, mungkin sore atau besok, kita baru tanyakan ke korban bagaimana ada granat asap itu,"kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono

2 dari 4 halaman

Jenis Granat

Istilah granat sangat erat dengan persenjataan TNI maupun satuan keamanan-pertahanan lain.Untuk jenis granat sendiri ada beragam, dari granat serpihan, granat anti-kerusuhan, granat kejut, granat pembakar, dan granat asap yang meledak di Monas.

Granat asap umumnya memiliki warna penanda, hijau, kuning, merah dan ungu. Warna ini disesuaikan dengan fungsi dang kandungan yang terdapat di dalamnya.

3 dari 4 halaman

Bentuk dan Fungsi Granat Asap

Ada dua jenis umum granat asap, yaitu granat asap berwarna dan granat penyembunyi. Umumnya, bentuk granat asap seperti kaleng silinder berbahan logam dengan lubang di bagian atas dan bawah untuk jalan keluar asap.

Granat asap biasanya digunakan sebagai alat memberi isyarat darat maupun udara, penanda zona sasaran atau pendaratan, penanda persembunyian pergerakan tentara.

Ada satu lagi jenis granat asap, yaitu asap peledak berbahan fosforus putih (WP). Kandungan granat asap jenis ini bisa terbakar apabila bertemu dengan udara, fungsinya sebagai pembakar.

4 dari 4 halaman

Polisi Masih Dalami Penyebab

Granat asap yang meledak di Monas belum bisa dipastikan jenisnya. Hingga saat ini tim penyelidik masih terus mendalami peristiwa meledaknya granat asap di tengah Kota Jakarta.

Akibat peristiwa ini, kawasan Monas disterilkan hingga proses penyisiran dan penyelidikan di TKP dinyatakan selesai.

"Untuk sekarang, sudah disisir dan tidak ada lagi (granat). Jadi saya imbau jangan khawatir. Saya dengan Pangdam saya (sudah) amankan, jangan khawatir," imbuh Gatot setelah konferensi pers.

[snw]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini