Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

8 Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Tepat, Tak Cukup dengan Cuci Muka Saja

8 Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Tepat, Tak Cukup dengan Cuci Muka Saja Ilustrasi kulit berminyak. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/phasinphoto

Merdeka.com - Cara merawat wajah berminyak sebenarnya tidak terlalu sulit. Meski begitu, penanganannya juga harus tepat agar tidak menimbulkan keluhan masalah lainnya. Kulit mengilap, lengket dan mudah berjerawat memang sering kali dialami oleh pemilik jenis kulit berminyak.

Terdapat beberapa penyebab utama seseorang mempunyai jenis kulit berminyak. Mulai dari adanya faktor genetik hingga perubahan hormon pada tubuh. Akan tetapi, ada pula faktor-faktor eksternal yang mampu memicu produksi minyak berlebih dalam tubuh. Seperti pola hidup tidak sehat, stres, kebiasaan merokok hingga kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol.

Untuk mengatasi keluhan yang sering muncul pada pemilik kulit berminyak rupanya tidak cukup dengan mencuci muka saja. Diperlukan perawatan yang rutin dan tepat agar dapat membuat kulit tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya. Cara merawat wajah berminyak tidak bisa disamakan dengan jenis kulit lainnya.

Lantas apa saja cara merawat wajah berminyak dengan tepat? Melansir dari berbagai sumber, Senin (25/7), simak ulasan informasinya berikut ini.

1. Teratur Cuci Muka

Melansir dari Alodokter, cara merawat wajah berminyak yang paling efektif adalah cuci muka dengan teratur. Biasakanlah mencuci wajah sebanyak dua kali setiap hari yaitu pada pagi dan malam hari.

Bagi para pemilik kulit berminyak bisa menggunakan sabun cuci muka yang memiliki sifat nonkomedogenik. Selain itu juga bisa menggunakan sabun cuci berbahan lembut agar tidak menimbulkan alergi maupun iritasi.

Terdapat beberapa kandungan yang ada pada produk sabun cuci muka dan sebaiknya dipilih. Kandungan tersebut diketahui dapat membantu mengatasi kulit berminyak. Berikut kandungan-kandungannya:

  • asam salisilat
  • asam glikolat
  • asam betahidroksi
  • benzoil peroksida
  • 2. Menggunakan Toner Wajah

    Melansir dari halodoc, cara merawat wajah berminyak yang kedua adalah menggunakan toner. Direkomendasikan bagi kalian menggunakan exfoliate toner yang mengandung beberapa bahan seperti:

  • Asam salisilat
  • Asam glikolat
  • Asam laktat
  • Setelahnya, disarankan menepuk-nepuk kulit wajah dengan lembut namun tetap hati-hati. Bisa dengan menggunakan tangan bersih maupun handuk yang lembut. Sangat tidak disarankan mengusap kulit wajah dengan kasar dan menggunakan handuk kasar. Hal ini justru mampu merangsang produksi minyak atau sebum berlebih pada kulit.

    3. Menggunakan Pelembap Wajah

    Melansir dari Alodokter, cara merawat wajah berminyak yang ketiga adalah menggunakan pelembap wajah. Jangan dikira kulit berminyak tidak boleh diberikan pelembap. Justru kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap wajah untuk menghidrasi dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Pilih pelembap yang bertuliskan atau berlabel oil free. Pelembap ini akan membantu mencegah tersumbatnya pori-pori di mana sebagai salah satu pemicu munculnya jerawat. Selain itu, kalian juga bisa memilih pelembap berbahan dasar air. Sehingga nantinya pelembap tidak meninggalkan residu serta kilap pada wajah. Apabila ingin menggunakan face oil, bisa memilih jenis minyak yang tidak menyumbat pori-pori. Penggunaan face oil juga sebaiknya sesekali saja.

    4. Menggunakan Kertas Minyak

    Siapa sangka, kertas minyak menjadi salah satu cara merawat wajah berminyak. Sesuai namanya, kertas minyak berfungsi menyerap minyak seketika. Meski begitu, penggunaan kertas minyak tidak akan membuat kulit wajah terasa menjadi kering.Cara menggunakan kertas minyak pun mudah dilakukan. Kalian hanya perlu mengelap atau menyeka dengan lembut kertas minyak pada wajah. Gunakan kertas minyak ini di area-area wajah yang berminyak. Akan tetapi perlu diperhatikan, jangan mengusap atau menggosok wajah terlalu keras. Bukan hanya dapat menyebabkan munculnya luka, hal itu juga bisa menyebabkan minyak menyebar ke area wajah lainnya.

    5. Menggunakan Masker Wajah

    Melansir dari halodoc, cara merawat wajah berminyak selanjutnya adalah menggunakan masker wajah satu kali per minggu. Siapa sangka, masker wajah memberikan manfaat bagi kulit berminyak. Terdapat beberapa bahan masker wajah yang cocok untuk tipe jenis kulit wajah berminyak. Berikut daftarnya:a. ClayClay merupakan masker yang mengandung mineral seperti smektit atau bentonit. Di mana kandungan tersebut mampu membantu menyerap minyak, mengurangi tingkat kilap hingga mengurangi sebum kuli. Menariknya cara kerjanya pun tanpa mengiritasi kulit. Kalian bisa menggunakan masker dengan bahan clay hanya untuk sesekali agar mencegah kulit mengering. Jangan lupa setelahnya dianjurkan untuk mengoleskan pelembap wajah. b. MaduSebuah studi melaporkan, madu mentah alami mempunyai kualitas antibakteri dan antiseptik. Sehingga masker wajah madu akan membantu mengurangi jerawat dan kulit berminyak. Bahkan sekaligus membantu menjaga kulit agar tetap lembut.c. HavermutMasker yang mengandung oatmeal koloid ini mampu membantu membersihkan kulit. Hal ini lantaran oat memiliki kandungan saponin. Di mana saponin merupakan senyawa pembersih yang lembut, antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang bisa menenangkan kulit teriritasi.

    Cara Merawat Wajah Berminyak Lainnya

    Selain yang dijelaskan di atas, ada beberapa cara merawat wajah berminyak lainnya yang bisa diterapkan. Melansir dari Alodokter, berikut cara merawat wajah berminyak lainnya:6. Menggunakan Tabir SuryaPenggunaan tabir surya sangat penting bagi semua jenis kulit wajah. Apalagi bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu cukup banyak di luar ruangan. Sebaiknya menggunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30. Tujuannya agar kulit wajah bisa terlindungi dari paparan sinar matahari secara maksimal.7. Menggunakan Make Up TepatKalian bisa memilih produk make up berbasis air dan nonkomedogenik. Biasanya make up kriteria ini akan lebih ramah untuk kulit berminyak. 8. Menjaga Pola MakanSelain perawatan, kalian juga perlu menjaga pola makan yang sehat. Batasi mengonsumsi makanan yang mengandung gula cukup tinggi dan berminyak. Kalian juga sebaiknya memperbanyak mengonsumsi air putih dan makanan sehat bagi kulit. Mulai dari sayuran hijau, tomat, ikan salmon, ikan sarden, ikan makarel, kacang almond, kacang kenari, alpukat, stroberi hingga jeruk.

    (mdk/tan)
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    8 Tips Wajah Bebas Jerawat, Ini Rahasia Kulit Sehat dan Mulus
    8 Tips Wajah Bebas Jerawat, Ini Rahasia Kulit Sehat dan Mulus

    Wajah bebas jerawat tak hanya dicapai dengan perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam.

    Baca Selengkapnya
    7 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Pria Secara Alami, Aman dan Mudah Dilakukan
    7 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Pria Secara Alami, Aman dan Mudah Dilakukan

    Cara menghaluskan kulit wajah pria yang kasar bisa menggunakan bahan-bahan alami.

    Baca Selengkapnya
    Trik Efektif Kupas Bawang Merah Tanpa Bikin Mata Berair
    Trik Efektif Kupas Bawang Merah Tanpa Bikin Mata Berair

    Kupas bawang merah dengan jauh lebih efektif tanpa bikin mata berair. Simak caranya.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah, Cuma Pakai Tanaman Alami
    Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Mudah, Cuma Pakai Tanaman Alami

    Jerawat memang banyak menjadi masalah bagi penampilan. Baik anak muda maupun yang sudah tua pastinya akan kesal dan tak pede jika ada jerawat di wajahnya.

    Baca Selengkapnya
    Tips Memilih Tas Selempang Wanita, Biar Kamu Makin Modis
    Tips Memilih Tas Selempang Wanita, Biar Kamu Makin Modis

    Beberapa tips memilih tas selempang wanita yang bisa bikin kamu makin modis.

    Baca Selengkapnya
    Tips Hilangkan Rasa Kapur pada Mi Instan, Hanya Butuh 1 Bahan Dapur
    Tips Hilangkan Rasa Kapur pada Mi Instan, Hanya Butuh 1 Bahan Dapur

    Jangan khawatir lagi tentang rasa pahit saat menikmati mi kuning, langkah mudah ini dapat membantu menghilangkannya. Mari pelajari lebih lanjut!

    Baca Selengkapnya
    Tidak Perlu dijemur, Ini Trik Awetkan Daun Salam Biar Tetap Hijau dan Harum Selama 2 Minggu
    Tidak Perlu dijemur, Ini Trik Awetkan Daun Salam Biar Tetap Hijau dan Harum Selama 2 Minggu

    Daun salam akan tetap awet harum dan tidak berubah warna sedikitpun sampai 2 minggu. Ikuti caranya..

    Baca Selengkapnya
    Ternyata 10 Langkah Perawatan Wajah ala Korea Memiliki Manfaat dan Efek Samping Secara Medis
    Ternyata 10 Langkah Perawatan Wajah ala Korea Memiliki Manfaat dan Efek Samping Secara Medis

    Perawatan wajah ala Korea memusatkan diri pada tiga pilar utama: membersihkan, melembapkan, dan melindungi.

    Baca Selengkapnya
    Rahasia Kecantikan Awet Muda Lulu Tobing, Rupanya Tidak Semudah yang Diduga dan Membutuhkan Pola Hidup Sehat
    Rahasia Kecantikan Awet Muda Lulu Tobing, Rupanya Tidak Semudah yang Diduga dan Membutuhkan Pola Hidup Sehat

    Tidak ada yang tidak menginginkan memiliki wajah yang tetap muda, bukan?

    Baca Selengkapnya