Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Minuman Jus Segar yang Baik untuk Kesehatan Kulit, Lengkapi Nutrisi Tubuh

6 Minuman Jus Segar yang Baik untuk Kesehatan Kulit, Lengkapi Nutrisi Tubuh Ilustrasi jus buah. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Valentyn Volkov

Merdeka.com - Minuman jus segar akan menjadi pilihan terbaik ketika rasa haus melanda. Apalagi di saat musim terik matahari yang membuat Anda akan mudah merasa haus dan kehilangan cairan dalam tubuh. Selain dapat melegakan rasa dahaga, ternyata ada beberapa minuman jus segar yang mampu menyehatkan kulit.

Memiliki kulit yang sehat tentu menjadi impian hampir semua orang. Karena dengan kulit yang sehat dan nampak cerah berkilau akan meningkatkan rasa percaya diri Anda pula. Dibutuhkan asupan nutrisi serta vitamin yang stabil guna menjaga kesehatan kulit Anda. Dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran merupakan salah satu cara mudah yang bisa dilakukan.

Jika Anda merasa bosan menikmati buah dan sayur dalam kondisi utuh, tak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsinya dalam bentuk minuman jus. Bagi Anda yang masih bingung minuman jus segar apa saja yang bisa dikonsumsi, berikut adalah minuman jus segar, baik untuk kesehatan kulit yang sudah dirangkum dari berbagai sumber untuk Anda.

Jus Lemon

Minuman jus segar pertama adalah berasal dari buah citrus yakni lemon dengan kandungan vitamin C yang begitu kaya (asam askorbat). Vitamin C ini memang sangat penting untuk sintesis kolagen yang merupakan komponen penting dari jaringan, otot, serta kulit Anda. Tidak hanya itu, asupan vitamin C juga dapat meregenerasi alfa-tocopherol (vitamin E) dalam tubuh yang merupakan antioksidan penting lainnya guna membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

ilustrasi jus lemon

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Skylines

Asupan vitamin C harian yang sudah direkomendasikan untuk pria diketahui sebanyak 90 mg dan sedangkan untuk wanita adalah 75 mg. Anda dapat mendapatkan asupan vitamin C dalam bentuk minuman jus dengan berbahan lemon ini.

Jus Wortel

Perlu diketahui bahwa wortel dianggap sebagai salah satu makanan yang sangat sehat. Jenis sayur satu ini menyimpan segudang karotenoid atau beta-karoten dalam bentuk vitamin A yang sangat baik untuk kulit Anda. Selain itu wortel juga mengandung flavonoid, juga antioksidan yang dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh.

ilustrasi jus wortel

©Pixabay/rawpixel

Wortel ini memliki kemampuan untuk membuat luka Anda cepat sembuh dan membantu mengurangi peradangan serta kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya. Dengan mengonsumsi jus wortel sebanyak secangkir atau 100 gram sudah terkandung 41 kkal, 5.9 mg vitamin C, 0.983 mg niasin, 1 likopen mikrogram dan 0.66 mg vitamin E (alpha-tocopherol). Selain itu, wortel juga memiliki kandungan nutrisi penting lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

Jus Tomat

Selanjutnya adalah jus tomat. Minuman jus tomat ini sangat segar dan juga sehat. Di dalam tomat sudah terkandung beta-karoten yang amat kaya dan juga likopen. Likopen sendiri dipercaya mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV atau ultra violet.

ilustrasi jus tomat

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Maka ini juga dapat melindungi kulit dari sengatan matahari, tanda-tanda penuaan serta pigmentasi yang disebabkan lantaran paparan sinar UV. Meminum jus tomat sekitar 200 hingga 250 ml, diketahui juga mengandung cukup likopen untuk memenuhi asupan harian yang sudah direkomendasikan.

Jus Mentimun

Selanjutnya adalah minuman jus mentimun. Perlu diketahui bahwa sel-sel dalam tubuh perlu dihidrasi dari dalam agar tidak kusam. Dengan mengonsumsi minuman jus mentimun ini, merupakan pilihan terbaik untuk mengisi kembali kadar air dalam tubuh dan menjaga kulitnya agar tetap bercahaya.

ilustrasi jus mentimun

Shutterstock/denio109

Mentimun memiliki kandungan sebanyak 95% air dan kaya akan beta-karoten, vitamin K, lignan dan juga flavonoid untuk memberikan nutrisi vital bagi tubuh serta membuat fungsi sel menjadi meningkat. Satu cangkir mentimun memiliki kandungan kalori sebanyak 15 saja dan 95% air. Untuk itu Anda bisa mengonsumsi 1 setengah cangkir hingga 2 cangkir mentimun baik dalam keadaan utuh atau jus setiap harinya.

Jus Pepaya

Selanjutnya adalah minuman jus pepaya yang mengandung beta karoten. Ini dipercaya dapat menjaga kulit agar tetap sehat. Kandungan karotenoid ini adalah photoprotector yang berguna melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan erithema yang diinduksi oleh UV atau kemerahan dan iritasi pada kulit.

pepaya

www.boldsky.com

Anda bisa mengonsumsi 1 hingga 2 cangkir minuman jus pepaya ini. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsinya dalam bentuk buah utuh namun tetap sesuai dengan arahan dari ahli gizi.

Jus Lidah Buaya

Minuman jus lidah buaya diketahui dapat membantu Anda mengelola masalah kulit seperti dermatitis dan prsoriasis. Selain itu, minuman jus ini juga dapat membantu Anda dalam menyembuhkan luka. Meminum jus lidah buaya dapat mengurangi peradangan dan memiliki efek yang positif pada bisul dan diabetes melitus.

Anda juga dapat mencoba minum serta mengoleskan jus lidah buaya atau ampasnya untuk mendapatkan manfaatnya. Lidah biaya ini memiliki kemampuan interaksi dengan obat-obatan tertentu. Maka dari itu, sangat disarankan apabila mengonsumsi lidah buaya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

(mdk/bil)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Es untuk Buka Puasa, Berikut ini Ide Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa
Es untuk Buka Puasa, Berikut ini Ide Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa

Merdeka.com merangkum informasi tentang es untuk buka puasa dan ide resep minuman segar untuk buka puasa yang mudah dibuat.

Baca Selengkapnya
10 Resep Olahan Timun Suri Jadi Minuman Segar, Mudah Dibuat & Cocok Jadi Menu Buka Puasa
10 Resep Olahan Timun Suri Jadi Minuman Segar, Mudah Dibuat & Cocok Jadi Menu Buka Puasa

Simak kumpulan resep olahan timun suri berikut ini sebagai bahan minuman buka puasa terbaik.

Baca Selengkapnya
5 Jenis Teh untuk Sembuhkan Sakit Tenggorokan, Murah dan Manjur!
5 Jenis Teh untuk Sembuhkan Sakit Tenggorokan, Murah dan Manjur!

Penyakit pada tenggorokan bisa diredakan dengan minuman alami seperti teh jahe yang dapat disajikan di rumah. Mari lihat ragam minuman yang bisa dipersiapkan!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Segar untuk Berbuka, 5 Jus Buah Ini Efektif Bantu Turunkan Kolesterol hingga Asam Urat
Segar untuk Berbuka, 5 Jus Buah Ini Efektif Bantu Turunkan Kolesterol hingga Asam Urat

Berbagai ragam jus buah dapat mendukung pengaturan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh. Apa sajakah jenisnya? Temukan penjelasannya di bawah ini!

Baca Selengkapnya
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa, terdapat sejumlah makanan yang terbaik untuk dikonsumsi demi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca Selengkapnya
11 Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Maag, Pilihan yang Aman dan Berkhasiat
11 Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Maag, Pilihan yang Aman dan Berkhasiat

Meskipun obat maag dapat menjadi solusi pertama, selektivitas dalam memilih asupan harian juga memainkan peran penting dalam meredakan gejala sakit maag.

Baca Selengkapnya
Cara Bikin Minuman Jeruk Nipis yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol dalam Darah
Cara Bikin Minuman Jeruk Nipis yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Minuman jeruk nipis kaya akan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol yang berlebih.

Baca Selengkapnya
5 Manfaat Kesehatan yang Tersembunyi di Balik Segarnya Cincau
5 Manfaat Kesehatan yang Tersembunyi di Balik Segarnya Cincau

Salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang di bulan Ramadan seperti sekarang adalah cincau.

Baca Selengkapnya
5 Cara Membuat Minuman Jahe untuk Menurunkan Berat Badan, Mudah Dilakukan
5 Cara Membuat Minuman Jahe untuk Menurunkan Berat Badan, Mudah Dilakukan

Ada beragam cara membuat minuman jahe untuk menurunkan berat badan yang bisa dicoba dibuat di rumah.

Baca Selengkapnya