30 Ucapan Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus, Bangkitkan Jiwa Cinta Budaya

Selasa, 9 Agustus 2022 08:11 Reporter : Kurnia Azizah
30 Ucapan Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus, Bangkitkan Jiwa Cinta Budaya Ilustrasi budaya. Bola.com , pexels.com ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Tanggal 9 Agustus diperingati sebagai International Day of the World’s Indigenous Peoples atau Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS). Peringatan ini bertujuan agar lebih menyadarkan dan melindungi hak-hak populasi masyarakat adat dunia.

Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia mempromosikan hak, martabat dan perlindungan dari sekitar 476 juta penduduk asli yang tinggal di 90 negara di seluruh dunia. Isu ini pertama kali diusung oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) pada Desember 1994.

Pada tanggal 23 Desember 1994, Majelis Umum PBB memutuskan, dalam resolusinya 49/214, bahwa Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia harus diperingati pada tanggal 9 Agustus setiap tahun. Tanggal tersebut menandai pertemuan pertama, pada tahun 1982, Kelompok Kerja PBB untuk Penduduk Asli.

Tema tahun 2022 ini adalah "Peran Perempuan Adat dalam Pelestarian dan Transmisi Pengetahuan Tradisional".

Masyarakat adat adalah koneksi utama kita ke periode paling awal sejarah manusia yang telah mewariskan banyak tradisi dan praktik unik dari generasi ke generasi. Keberadaan adat dan budaya yang beragam ini turut memengaruhi peradaban pribumi.

Sebagai warga yang beradat dan berbudaya, patut berbangga dengan hadirnya perayaan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) ini. Salah satunya bisa dengan membagikan ucapan dan bijak terkait adat serta budaya.

Untuk memeriahkannya, berikut ini sejumlah kata ucapan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia yang memotivasi dan bijak, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (9/8).

2 dari 5 halaman

Mengenal Hari Masyarakat Adat Sedunia

ilustrasi budaya

Bola.com , pexels.com ©2022 Merdeka.com

Pada hari ini, 9 Agustus sebagai peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS), orang-orang dari seluruh dunia didorong untuk menyebarkan pesan PBB tentang perlindungan dan pemajuan hak-hak masyarakat adat.

Tujuan dari pertemuan Dekade Internasional Pertama tersebut adalah untuk memperkuat kerjasama internasional. Sekaligus untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat adat di beragram bidang seperti hak asasi manusia, lingkungan, pembangunan, pendidikan dan kesehatan.

Menurut catatan PBB, sekira lebih dari 70 persen populasi dunia tinggal di negara-negara dengan selisih perbedaan pendapatan dan kekayaan yang meningkat. Termasuk masyarakat adat yang tengah menghadapi tingkat kemiskinan dan kerugian sosial-ekonomi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi negara-negara untuk mengatasi masalah lama yang dihadapi oleh masyarakat adat mereka. Agar komunitas yang rentan dapat bertahan, bahkan berkembang.

Diperkirakan ada 476 juta masyarakat adat di dunia yang tinggal di 90 negara. Terhitung merupakan sekira 15 persen dari yang termiskin. Mereka berbicara mayoritas dari sekitar 7.000 bahasa di dunia dan mewakili 5.000 budaya yang berbeda.

Masyarakat adat adalah pewaris dan praktisi budaya unik yang patut dilestarikan dan dicintai. Tak dapat dipungkiri, keberadaan adat sebagai cara berhubungan dengan masyarakat dan lingkungan.

Pasal 24 Deklarasi PBB tentang Hak-Hak Masyarakat Adat mengakui hak masyarakat adat atas obat-obatan tradisional mereka, untuk memelihara praktik kesehatan mereka dan untuk mengakses layanan sosial dan kesehatan tanpa diskriminasi.

Baca juga:
Manfaat Berenang untuk Diet Cepat, Kenali 8 Gaya Renang yang Dianjurkan
Resep Camilan Bernuansa Merah-Putih, Ide Unik Meriahkan HUT RI dan Cocok untuk Lomba
Niat Shalat Qobliyah Dzuhur 4 Rakaat, Lengkap dengan Niat Ba'diyah

3 dari 5 halaman

Ucapan Hari Masyarakat Adat Sedunia yang Bijak

ilustrasi budaya betawi
Ilustrasi budaya Betawi ©Creative Commons/Gunawan Kartapranata

1. "Tepat di hari ini 9 Agustus, adat bangsa Indonesia dengan beragam budaya telah resmi menjadi warisan yang patut dilestarikan. Selamat Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS)."

2. "Setiap dari kita bangga dengan adat dan istiadat budaya. Selamat Hari Masyarakat Adat Sedunia."

3. "Adat itu peninggalan leluhur. Dibuat untuk kebaikan manusia. Untuk apa kau lawan? Kau tidak akan menang." - Oka Aurora.

4. "Hormatilah dalam pada itu segala adat istiadat yang kuat dan sehat, yang terdapat di daerah-daerah dan yang tidak mengganggu atau menghambat Persatuan Negara dan Bangsa Indonesia." - Ki Hadjar Dewantara.

5. "Wadah yang bernama Negara Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai agama, suku, adat istiadat ini supaya utuh tidak retak." - IR Soekarno.

6. "Sesungguhnya adat sopan-santun kami orang Jawa amatlah rumit. Adikku harus merangkak bila hendak lalu di hadapanku. Kalau adikku duduk di kursi, saat aku lalu, haruslah segera ia turun duduk di tanah, dengan menundukkan kepala, sampai aku tidak kelihatan lagi. Adik-adikku tidak boleh berkamu dan berengkau kepadaku." - Raden Adjeng Kartini.

ilustrasi budaya korea
Ilustrasi budaya Korea ©Pixabay/nateen08650

7. "I came to accept that I have no right whatsoever to judge others in terms of my own customs, however much I may be proud of such customs." - Nelson Mandela.

(Saya mengakui bahwa saya punya hak apa pun untuk menghakimi orang lain berdasarkan adat kebiasaan saya sendiri, betapa pun saya boleh bangga dengan kebiasaan saya itu)

8. "Adat perempuan dibeli; adat orang tua menjual; kalau harta sudah di tangan apalagi akan dipersoalkan?." - Pramoedya Ananta Toer.

9. "Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!" - IR Soekarno.

10. "Dan modern adalah juga kesunyian manusia yatim-piatu dikutuk untuk membebaskan diri dari segala ikatan yang tidak diperlukan: adat, darah, bahkan juga bumi, kalau perlu juga sesamanya." - Pramoedya Ananta Toer.

4 dari 5 halaman

Ucapan Hari Masyarakat Adat Sedunia yang Inspiratif Banget

ilustrasi budaya
Bola.com , pexels.com ©2022 Merdeka.com

11. "Kita disatukan oleh persaudaraan adat. Tidak pantas kita bermusuhan." - Dzikri el Han

12. "Jika yang dibahas tentang negara (masyarakat secara umum) maka hukum konstitusi itu lebih tinggi Di atas hukum agama dan adat, namun jika yang dibahas adalah masalah agama kelompok tertentu maka hukum agama atau adat lebih utama." - Nusron Wahid

13. "Bumi telah mencukupi semua kebutuhan manusia tapi tidak untuk keserakahan." - Mahatma Gandhi

14. "Negeri ini sungguh-sungguh membutuhkan pemberani-pemberani yang gila, asal cerdas. Bukan yang tahu adat, yang berkepribadian pribumi, yang suka harmoni, yang saleh alim, yang nurut model kuli dan babu." - Y.B Mangunwijaya (Rohaniwan, budayawan)

15. "Jika seni bertujuan untuk memelihara akar dari budaya kita, masyarakat harus membiarkan seniman bebas mengikuti visi mereka masing-masing kemana pun hal itu membawa mereka." - John F. Kennedy.

16. "Kebudayaan tidak dibuat-buat melainkan sesuatu yang berkembang, yaitu manusia." - Edward T. Hall

17. "Kita mungkin memiliki agama yang berbeda, bahasa yang berbeda, warna kulit yang berbeda, tetapi kita semua berasal dari satu ras manusia." - Kofi Annan.

18. "Budaya adalah cara menghadapi dunia dengan mendefinisikannya secara terperinci." - Malcolm Bradbury.

19. "Budaya adalah nama untuk apa yang orang tertarik, pikiran mereka, model mereka, buku yang mereka baca, dan pidato yang mereka dengar." - Walter Lipman.

20. "Keanekaragaman budaya manusia sangat luas; jangkauan praktik budaya, kepercayaan, dan bahasa yang kita gunakan sangat luas." - Mark Pagel.

Baca juga:
Manfaat Berenang untuk Diet Cepat, Kenali 8 Gaya Renang yang Dianjurkan
Resep Camilan Bernuansa Merah-Putih, Ide Unik Meriahkan HUT RI dan Cocok untuk Lomba
Niat Shalat Qobliyah Dzuhur 4 Rakaat, Lengkap dengan Niat Ba'diyah

5 dari 5 halaman

Ucapan Hari Masyarakat Adat Sedunia, Bangkitkan Cinta Budaya

ilustrasi budaya
Bola.com , unsplash.com ©2022 Merdeka.com

21. "Orang yang tidak mengetahui sejarah, asal usul, dan budaya masa lalunya seperti pohon tanpa akar." - Marcus Garvey.

22. "Perbedaan budaya seharusnya tidak memisahkan kita satu sama lain, melainkan keragaman budaya membawa kekuatan kolektif yang dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia." - Robert Alan

23. "Tidak ada budaya yang bisa hidup jika berusaha menjadi eksklusif." - Mahatma Gandhi

24. "Pelestarian budaya tidak berarti menghina atau tidak menghormati budaya lain." - Cesar Chavez

25. "Kekuatan terletak pada perbedaan, bukan pada persamaan." - Stephen Covey

26. "Keragaman budaya yang nyata dihasilkan dari pertukaran ide, produk, dan pengaruh, bukan dari pengembangan picik dari satu gaya nasional." - Tyler Cowen

27. "Keanekaragaman adalah tentang kita semua, dan tentang kita harus mencari cara untuk berjalan melalui dunia ini bersama-sama." - Jacqueline Woodson

28. "Sudah saatnya orang tua mengajarkan sejak dini bahwa dalam keragaman ada keindahan dan kekuatan." - Maya Angelou

29. "Budaya adalah seni yang diangkat menjadi seperangkat keyakinan." - Thomas Wolfe

30. "Kemampuan kita untuk mencapai kesatuan dalam keragaman akan menjadi keindahan dan ujian peradaban kita." - Mahatma Gandhi

Itulah beberapa kata ucapan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) yang bisa Anda bagikan untuk turut memeriahkannya. 

Baca juga:
Manfaat Berenang untuk Diet Cepat, Kenali 8 Gaya Renang yang Dianjurkan
Resep Camilan Bernuansa Merah-Putih, Ide Unik Meriahkan HUT RI dan Cocok untuk Lomba
Niat Shalat Qobliyah Dzuhur 4 Rakaat, Lengkap dengan Niat Ba'diyah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini