22 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Alami, Hilangkan Secara Permanen

Sabtu, 16 Mei 2020 08:03 Reporter : Mutia Anggraini
22 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Alami, Hilangkan Secara Permanen Ilustrasi jerawat. ©Shutterstock/CandyBox Images

Merdeka.com - Jerawat merupakan masalah pada kulit wajah yang seringkali terjadi. Banyak faktor yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat, dari mulai faktor kebersihan diri hingga hormon serta genetik.

Tidak perlu cemas, simak cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan bahan alami yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

2 dari 23 halaman

Masker Soda Kue

ilustrasi obat jerawat
©Shutterstock

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang pertama yakni dengan memanfaatkan soda kue yang ada di dapur Anda. Caranya pun cukup mudah yakni dengan menjadikannya sebagai masker yang dapat diaplikasikan ke wajah.

Campurkan 2 sdm soda kue dengan air bersih hingga menjadi pasta yang kental. Oleskan ke kulit wajah secara merata. Pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih terlebih dahulu. Setelah itu, diamkan hingga 15 menit dan bilas.

3 dari 23 halaman

Madu dan Alpukat

ilustrasi minyak alpukat©Shutterstock

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang kedua yakni dengan menggunakan madu yang dicampurkan dengan daging buah alpukat. Alpukat yang dipercaya memiliki kandungan vitamin E dapat meredakan inflamasi yang menyebabkan jerawat.

Selain itu, madu yang kaya antioksidan juga baik untuk menghilangkan bakteri sehingga perpaduan dari kedua ini tentu dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya secara permanen. Gunakan masker madu yang dicampurkan dengan buah alpukat yang dihaluskan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

4 dari 23 halaman

Madu dan Yogurt

madu hitam©2020 Merdeka.com

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang berikutnya yakni dengan menggunakan masker madu yang dipadu dengan yogurt. Kandungan asam laktat, bakteri baik, dan asam alfa hidroksi pada yogurt akan dengan mudah mengatasi penyebab jerawat seperti menumpuknya sel kulit mati hingga bakteri yang menempel.

Caranya cukup mudah, campurkan 2 sdm yogurt dengan 1 sdm madu dan aduk hingga merata. Aplikasikan pada wajah dan tunggu hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih.

5 dari 23 halaman

Masker Lemon

lemon©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya selanjutnya dapat menggunakan lemon yang diaplikasikan ke wajah sebagai masker. Caranya, bersihkan lemon lalu belah menjadi dua bagian. Setelah itu, peras di dalam wadah yang bersih lalu aplikasikan pada wajah yang terdapat jerawat secara perlahan. Tambahkan madu atau air hangat apabila dirasa terlalu perih.

6 dari 23 halaman

Masker Jeruk Nipis

lemon garutLiputan6 ©2020 Merdeka.com

Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Sebab, jeruk nipis ini juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat meredam peradangan pada kulit wajah hingga menyebabkan munculnya jerawat.

Caranya hampir sama dengan masker lemon. Anda juga dapat menambahkan madu ataupun air hangat untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh kandungan vitamin C dan asam pada jeruk nipis yang cukup tinggi.

 

7 dari 23 halaman

Masker Bawang Putih

manfaat bawang putih©2020 Merdeka.com

Dikenal sebagai salah satu andalan untuk menyedapkan masakan, ternyata bawang putih juga memiliki manfaat yang lain yakni dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cukup ampuh.

Caranya, siapkan 1 siung bawang putih dan haluskan terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit wajah yang terdapat jerawat dan diamkan hingga 10 menit. Lalu bilas hingga bersih.

8 dari 23 halaman

Masker Pisang dan Kunyit

pisang cavendish©2020 Merdeka.com/easygrow.id

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang ketujuh yakni dengan menggunakan masker pisang dan kunyit yang dihaluskan. Sebab, vitamin E pada pisang dan curcuminoid pada kunyit dapat meringankan kondisi kulit ketika muncul jerawat.

Caranya, aplikasikan masker pisang dan kunyit pada kulit wajah secara merata. Setelah itu, tunggu hingga 15 menit dan bilas menggunakan air hangat dan handuk bersih.

9 dari 23 halaman

Masker Lidah Buaya

ilustrasi lidah buaya©2019 Merdeka.com/Pixabay

Lidah buaya juga dapat dijadikan salah satu bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Hal ini lantaran lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang bersifat antibakteri.

10 dari 23 halaman

Masker Tomat

ilustrasi jus tomat©2019 Merdeka.com/Pixabay

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya selanjutnya yaitu dengan menggunakan tomat sebagai masker wajah. Tomat yang kaya akan vitamin C ini akan membantu kulit wajah untuk cepat menghilangkan bekas jerawat yang seringkali sulit untuk dihilangkan.

11 dari 23 halaman

Masker Timun

ilustrasi timun©Shutterstock

Kandungan air dan berbagai vitamin membuat timun ini bersifat diuretik dan antioksidan sehingga tepat apabila digunakan sebagai masker penghilang jerawat. Caranya, haluskan 1 buah timun lalu oleskan pada wajah secara merata. Setelah itu, tunggu hingga 15 menit agar kandungan yang baik pada timun dapat meresap ke dalam pori-pori. Lalu bilas dan keringkan dengan handuk yang bersih.

12 dari 23 halaman

Masker Putih Telur

ilustrasi putih telur©©shutterstock.com/Peshkova

Sejak zaman dahulu, putih telur telah dikenal baik untuk mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki sel pada kulit wajah. Langkah pertama, pisahkan putih telur dengan kuning telur lalu oleskan pada jerawat secara perlahan. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

13 dari 23 halaman

Masker Kulit Jeruk

ilustrasi kulit jeruk©Pixabay

Keringkan kulit jeruk yang telah dicuci bersih. Setelah itu, tumbuk dan campur dengan air secukupnya. Aplikasikan pada jerawat dan tunggu hingga 18 menit lalu bilas.

14 dari 23 halaman

Masker Buah Pepaya

9 manfaat buah pepaya bagi kesehatanholistic-medicine.com ©2020 Merdeka.com

Pepaya yang kaya akan kandungan vitamin C akan baik digunakan sebagai masker penghilang jerawat yang cukup ampuh. Caranya, haluskan daging buahnya dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

15 dari 23 halaman

Masker Daun Pepaya

pepayashutterstock

Tidak hanya dagingnya, daun pepaya juga terbukti cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Caranya, blender daun pepaya dengan menggunakan air secukupnya ataupun madu lalu oleskan pada wajah hingga merata. Bilas dengan bersih setelah didiamkan hingga 15 menit.

16 dari 23 halaman

Es Batu

batu©2018 Merdeka.com/Pixabay

Jerawat adalah suatu kondisi peradangan pada kulit wajah yang disebabkan oleh berbagai hal. Untuk meringankan hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan es batu yang memiliki suhu yang lebih rendah sehingga peradangan pada kulit wajah akan berkurang.

17 dari 23 halaman

Uap Air

jerawat whiteheads©2020 Merdeka.com/allure.com

Uap air akan membantu kulit untuk membuka pori-pori yang tersumbat sebagai akibat dari adanya jerawat. Lakukan hal ini secara rutin untuk membersihkan pori-pori pada wajah.

18 dari 23 halaman

Masker Cuka Apel

manfaat cuka apel©2020 Merdeka.com

Tuang cuka apel pada kapas ataupun tisu lalu oleskan pada jerawat ataupun ke seluruh wajah secara merata. Setelah itu, diamkan 10 menit dan bilas hingga bersih.

19 dari 23 halaman

Daun Sirih

manfaat daun sirih©2020 Merdeka.com

Daun sirih juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Caranya, rebus daun sirih dan gunakan untuk mencuci wajah secara teratur dan rutin.

20 dari 23 halaman

Minyak Zaitun

ilustrasi minyak zaitun©Shutterstock

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah dari jerawat yang menyebalkan. Caranya, cukup tuang minyak pada kapas bersih dan oles pada wajah yang berjerawat. Tunggu beberapa saat dan bilas serta keringkan wajah.

21 dari 23 halaman

Bengkoang

001 magang©2017 pixabay.com

Haluskan daging bengkoang menggunakan blender. Saring dan gunakan endapannya untuk dioleskan pada area kulit wajah yang berjerawat. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

22 dari 23 halaman

Kentang

ilustrasi kentang©Pixabay

Potong kentang dengan tipis dan tempel pada area wajah yang terdapat jerawat. Diamkan hingga 10 menit lalu cuci wajah hingga bersih. Anda dapat melakukan perawatan ini cukup 3 kali dalam seminggu untuk membersihkan bekas jerawat.

23 dari 23 halaman

Stroberi

013 febrianti diah kusumaningrumJohnny's Selected Seeds

Stroberi yang kaya vitamin C dan mineral juga baik dan tepat untuk membersihkan wajah dari jerawat. Caranya, haluskan daging buahnya dan aplikasikan pada wajah lalu tunggu hingga beberapa saat. Jangan lupa untuk membilas kembali hingga bersih.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini