13 Cara Mengatasi Gangguan Tidur di Malam Hari, Efektif dan Mudah Dilakukan

Minggu, 10 Oktober 2021 10:35 Reporter : Mutia Anggraini
13 Cara Mengatasi Gangguan Tidur di Malam Hari, Efektif dan Mudah Dilakukan Ilustrasi insomnia. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Johan Larson

Merdeka.com - Cara mengatasi gangguan tidur perlu dipahami dengan benar. Tidur merupakan salah satu aktivitas manusia yang wajib dipenuhi dengan baik.

Secara umum, manusia membutuhkan waktu istirahat selama 7-8 jam per hari. Namun bagi sebagian orang, tidur bisa jadi menjadi suatu kegiatan yang sulit untuk dilakukan.

Akibatnya, jika waktu istirahat tidak terpenuhi, maka ada beragam konsekuensi gangguan kesehatan yang dapat mengancam jiwa. Beberapa di antaranya dapat memicu komplikasi, mulai dari menurunnya kesehatan mental hingga penyakit jantung.

Beberapa hal tersebut rentan terjadi kepada siapa saja. Maka dari itu, perlu diketahui serta dilakukan dengan baik mengenai cara mengatasi gangguan tidur pada malam hari.

Lantas, apa saja yang dapat kita lakukan saat mengalami gangguan tidur itu? Berikut ulasan mengenai cara mengatasi gangguan tidur di malam hari yang berhasil merdeka.com rangkum dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

1. Menghindari Gadget Sebelum Tidur

Cara mengatasi gangguan tidur yang pertama adalah dengan menghindari untuk menggunakan gawai menjelang tidur. Sebab, gawai atau perangkat elektronik dapat memancarkan sinar biru yang dapat mempengaruhi saraf.

Saat tubuh menerima gelombang sinar biru, maka otot tubuh yang seharunya bersiap untuk istirahat justru menegang. Hal ini lah yang dapat menurunkan kualitas tidur.

2. Membuat Jadwal Kegiatan

Selain itu, cara mengatasi gangguan tidur yang selanjutnya adalah dengan membuat jadwal kegiatan. Setelah jadwal kegiatan dibuat, maka semaksimal mungkin patuhi jadwal tersebut hingga kegiatan yang menumpuk tidak akan merusak waktu tidur Anda di malam hari.

003 febrianti diah kusumaningrum
shutterstock

3. Jauhi Kafein

Selanjutnya, cara mengatasi gangguan tidur yaitu dengan menjauhi kafein. Kafein dapat ditemui pada produk cokelat hingga kopi.

Efek kafein dapat bertahan di dalam tubuh selama 24 jam. Padahal, salah satunya dapat meningkatkan asam lambung. Saat asam lambung meningkat, maka tidak dapat dipungkiri proses tidur menjadi sedikit terhambat.

4. Makan Malam Ringan

Salah satu penyebab adanya gangguan tidur adalah tingginya asupan makanan yang dikonsumsi menjelang waktu istirahat. Padahal, tubuh perlu mencerna makanan di dalam usus dalam waktu yang tak singkat.

Maka dari itu, segera konsumsi makan malam Anda di waktu yang rutin dan berjarak 2 jam sebelum tidur.

3 dari 4 halaman

5. Mandi Air Panas

Cara mengatasi gangguan tidur yang kelima adalah dengan mandi air panas. Air panas dapat membuat saraf, jaringan, serta pembuluh darah menjadi lebih rileks.

Hal ini lah yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, ada baiknya untuk melakukan mandi air panas pada malam hari selama 10-15 menit saja.

6. Bersihkan Kamar dan Tempat Tidur

Ruang serta tempat tidur yang bersih akan membuat tubuh juga kian rileks untuk beristirahat. Maka dari itu, selalu jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Dengan lingkungan yang bersih dan nyaman, maka tidur menjadi lebih terjamin. Kesehatan tubuh pun juga terjaga dengan baik.

tetap produktif bekerja dari rumah coba dekorasi rumah dengan 4 ornamen ini©Shutterstock

7. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Menjelang tidur, ada baiknya untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Mengenakan pakaian terlalu ketat saat tidur dapat mempengaruhi peredaran darah yang dapat memicu adanya gangguan tidur pada malam hari. Oleh karena itu, selalu gunakan pakaian yang nyaman saat menjelang waktu istirahat.

8. Olahraga Secara Rutin

Cara mengatasi gangguan tidur yang selanjutnya adalah menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan melakukan olahraga secara rutin.

Caranya, cukup pilih jenis olahraga ringan terlebih dahulu yang dapat meningkatkan intensitas dan antusias Anda untuk berolahraga. Namun, jangan lakukan olahraga pada saat menjelang tidur di malam hari.

4 dari 4 halaman

9. Melakukan Teknik Pernapasan

Terdapat teknik pernapasan yang dapat dicoba sebagai cara mengatasi gangguan tidur. Pertama, cukup ambil napas selama 4 detik lalu tahan selama 7 detik.

Setelah itu, buang melalui mulut selama 8 detik. Lakukan teknik pernapasan yang satu ini beberapa kali jika Anda terbangun di malam hari.

ilustrasi bangun tidurShutterstock/Elena Rudakova

10. Mencukupi Kebutuhan Magnesium

Selanjutnya, cara mengatasi gangguan tidur adalah dengan mencukupi kebutuhan magnesium. Kekurangan magnesium di dalam tubuh dapat membuat kualitas tidur Anda kian menurun. Maka dari itu, selalu cukupi kebutuhan asupan magnesium dengan mengonsumsi sayuran hijau dan kacang-kacangan.

11. Penuhi Kebutuhan Air

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan terhindar dari berbagai permasalahan kesehatan seperti adanya gangguan tidur. Air putih yang dikonsumsi tersebut bertugas menjaga peredaran darah hingga menjaga kestabilan suhu di dalam tubuh.

Saat suhu tubuh tidak normal, maka tidur pun dapat terganggu. Selalu penuhi kebutuhan air putih dengan mengonsumsi 8 gelas setiap harinya.

12. Minum Susu

Berikutnya, cara mengatasi gangguan tidur yakni dengan mengonsumsi susu hangat. Segelas susu dipercaya dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi kian santai.

Efek susu diklaim dapat membuat tubuh lebih cepat untuk merasakan kantuk. Sehingga Anda dapat beristirahat dengan nyaman tanpa perlu terbangun di malam hari.

13. Teh Kamomil

Terakhir, cara mengatasi gangguan tidur berikutnya adalah dengan mengonsumsi teh kamomil (chamomile). Efek sedatif yang terdapat pada kamomil disebut dapat membuat tubuh menjadi lebih cepat mengantuk.

Sebab, kamomil memiliki efek penenang berupa apigenin pada flavonoid bagi tubuh. Selain dikonsumsi, kamomil biasanya juga tersedia dalam wujud aromaterapi yang dapat diletakkan di dalam ruang tidur.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini