10 Wisata Religi Indonesia yang Bersejarah & Unik, Tingkatkan Iman

Senin, 18 Oktober 2021 12:08 Reporter : Mutia Anggraini
10 Wisata Religi Indonesia yang Bersejarah & Unik, Tingkatkan Iman Ilustrasi masjid dan gereja. ©2015 Merdeka.com/americanbedu.com

Merdeka.com - Indonesia memiliki jutaan destinasi wisata yang dapat memanjakan para pelancong. Mulai dari destinasi wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya, wisata religi, dan masih banyak wisata lain yang tak kalah menariknya.

Salah satu jenis destinasi yang hingga kini ramai diminati banyak orang adalah wisata religi. Tak hanya wisata religi bertajuk agama Islam, ada beragam destinasi wisata di Indonesia dengan keunikan agama yang diakui.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan rumah dari multikulturalisme. Di dalamnya, bangsa Indonesia hidup dengan rukun serta menghormati keyakinan yang ditempuh dari warganya dari Sabang hingga Merauke.

Hal ini lah yang membuat berbagai tempat ibadah dengan beberapa kepercayaan tersebut dibangun dengan damai tanpa adanya kekhawatiran mengenai diskriminasi. Tempat-tempat suci itu pun juga terbuka untuk umum sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi.

Di tempat-tempat itu, Anda dapat meningkatkan iman hingga belajar mengenai sejarah yang pernah tertuang di sana. Lantas, apa saja destinasi wisata religi yang sebaiknya Anda kunjungi itu? Melansir dari berbagai sumber, Senin (18/10/2021), berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 4 halaman

1. Pura Tanah Lot, Bali

Destinasi wisata religi pertama yang dapat Anda kunjungi adalah Pura Tanah Lot. Wisata religi yang terkenal di dunia satu ini tepatnya berlokasi di Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan.

004 tantri setyorini
© Hospitality.pro

Udara yang sejuk serta pemandangan lepas pantai yang damai seolah membuat para pengunjung betah berlama-lama. Jika beruntung, Anda akan bertemu dengan sejumlah penduduk lokal beragama Hindu yang tengah beribadah di dalam pura.

2. Maha Vihara Majapahit

Selain itu, wisata religi yang terkenal di Indonesia selanjutnya adalah Maha Vihara Majapahit. Objek wisata yang tak kalah menarik ini berlokasi di Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

Bagi Anda yang gemar untuk mengabadikan momen baik berupa pemandangan alam, kegiatan manusia, ataupun diri sendiri, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan menarik. Sebab, destinasi wisata yang memiliki patung Budha raksasa ini tepat untuk dijadikan objek foto Anda.

3. Patung Yesus Toraja

Jika Brazil memiliki patung Yesus yang berdiri di atas pegunungan Rio de Jeneiro, Indonesia juga punya hal serupa. Hal itu yakni destinasi wisata religi yang disebut dengan Patung Yesus Toraja.

Tempat wisata ini bertempat di Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Patung Yesus Toraja seringkali juga disebut dengan Patung Yesus Memberkati. Dibangun pada tahun 2015, kini destinasi wisata tersebut masih sering ramai dipadati pengunjung dari berbagai lintas agama.

3 dari 4 halaman

4. Gereja Blenduk

Bagi Anda yang ingin beribadah dengan nuansa baru dengan penuh sejarah, Gereja Blenduk bisa menjadi pilihan. Gereja yang disebut sebagai bangunan tertua di negeri ini memang dibangun pada masa penjajahan Belanda yakni tahun 1753.

Seni arsitekturnya pun membuatnya tak jauh berbeda dengan nuansa Eropa klasik. Blenduk sendiri merupakan bahasa Jawa yang artinya cembung untuk mewakili kubah di bagian atas bangunan gereja.

5. Klenteng Sam Poo Kong

Wisata religi kelima yang menarik untuk dinikmati adalah Klenteng Sam Poo Kong. Tepatnya, wisata ini bertempat di Jalan Simongan No. 129, Semarang, Jawa Tengah.

sam poo kong di semarang
©2018 Liputan6.com/Herman Zakharia

Tempat yang satu ini menjadi saksi dari persinggahan pertama seorang Laksamana asal negeri China dengan nama Cheng Ho. Lambat laun, tempat ini pun menjadi simbol toleransi agama serta budaya.

6. Masjid Agung Demak

Selanjutnya, wisata religi yang dapat meningkatkan iman adalah Masjid Agung Demak di Kauman, Bintoro, Demak, Jawa Tengah. Masjid ini penuh dengan peninggalan serta cerita sejarah Islam yang kental.

Dibangun pada abad ke 15, masjid ini pun memiliki gaya arsitek yang langsung dipengaruhi oleh Sunan Kalijaga. Berdirinya masjid yang satu ini cukup berdekatan dengan akhir kejayaan Kerajaan Majapahit dan keemasan Kerajaan Demak di Pulau Jawa.

7. Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata religi yang berikutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah. Bagi Anda yang gemar dengan arsitektur serta bangunan unik, wisata religi yang satu ini jangan dilewatkan.

Masjid yang berdiri pada tahun 2006 ini memiliki gaya arsitek campuran Islam, Jawa, serta Romawi. Suasana alam dengan hamparan sawah yang menghijau membuat masjid megah tersebut menjadi kian terasa religius.

4 dari 4 halaman

8. Masjid Istiqlal

Destinasi wisata religi di tanah air yang dapat menjadi referensi selanjutnya adalah Masjid Istiqlal. Masjid ini didirikan tepat di daerah Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Daya tarik wisata yang satu ini terletak dari gaya arsitekturnya yang unik serta kemegahannya. Tak hanya diklaim menjadi masjid terbesar milik negeri, namun Masjid Istiqlal disebut-sebut juga menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

9. Masjid Raya Baiturrahman

Berkunjung ke Aceh, tak lengkap rasanya jika Anda tidak menginjakkan kaki di Masjid Raya Baiturrahman. Lokasinya pun cukup strategis yakni terletak di Jalan Moh. Jam, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

masjid baiturrahman aceh saksi tsunami hingga kemegahannya
©2021 Merdeka.com

Selain desain arsitekturnya yang bergaya India, masjid ini pun dikenal lantaran ketangguhan serta kekokohan bangunannya. Beberapa di antaranya yakni serangan Belanda hingga tsunami yang menerjang Aceh pada tahun 2004 lalu.

10. Masjid Kubah Emas

Terakhir, wisata religi yang dapat dikunjungi bersama keluarga adalah Masjid Kubah Emas. Meski dikenal lantaran kubahnya, namun masjid ini sebenarnya bernama Masjid Jami' Dian Al-Mahri yang berlokasi di Jalan Meruyung Raay, Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

Kemegahan dan keindahan desain bangunannya yang bergaya campuran Islam dan Iran membuat masjid ini selalu ramai dan menarik untuk dikunjungi.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini