10 Manfaat Bawang Putih Rebus Bagi Tubuh, Ampuh Turunkan Kolesterol

Sabtu, 17 April 2021 09:00 Reporter : Mutia Anggraini
10 Manfaat Bawang Putih Rebus Bagi Tubuh, Ampuh Turunkan Kolesterol bawang putih. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Manfaat bawang putih rebus ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang seringkali digunakan di berbagai masakan untuk menambah cita rasa. Meski dikenal luas sebagai penyedap makanan, bumbu yang memiliki ciri khas warna putih ini berkhasiat untuk menjaga tubuh dari berbagai ancaman penyakit.

Bawang putih disebut dapat mengatasi hingga mencegah berbagai penyakit. Berbagai gangguan ringan hingga kronis pun diketahui dapat dicegah dengan memanfaatkan khasiat dari bawang putih.

Salah satu cara yang tepat untuk mengambil manfaat dari bawang putih yakni dengan merebusnya. Nah, air rebusan dari bawang putih ini lah yang lantas dapat dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal.

Lantas, apa saja manfaat bawang putih rebus bagi kesehatan tubuh itu? Simak ulasan selengkapnya berikut ini seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Mengobati Batuk & Flu

Manfaat bawang putih rebus yang pertama adalah dapat berperan sebagai obat batuk dan flu. Seperti yang diketahui bersama, batuk dan flu merupakan salah satu gangguan kesehatan yang mudah dialami oleh banyak orang.

Sejumlah faktor dapat menjadi penyebabnya seperti kuman, bakteri, hingga alergi. Meski demikian, obat batuk dan flu pun juga banyak macamnya. Salah satunya yakni dengan mengonsumsi bawang putih rebus.

presiden brasil batuk batuk saat ikut demo
©2020 AFP/SERGIO LIMA

Bantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tak hanya itu, bawang putih rebus yang mengandung zat antimikroba ternyata juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bawang putih yang direbus disebut ampuh untuk mengobati penyakit wasir.

Sebagai obat alami, Anda pun dapat mengonsumsi bawang putih rebus secara konsisten dan dalam porsi yang cukup. Tentu saja wasir dapat diatasi dengan kebutuhan air putih yang tercukupi.

3 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Selain kesehatan pencernaan, manfaat bawang putih rebus juga berperan langsung untuk menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan antibakteri dan antimikrobanya mampu membunuh patogen atau sumber penyakit asma hingga infeksi paru-paru.

Maka dari itu, ada baiknya bagi penderita asma untuk hidup sehat, teratur, dan mengonsumsi bawang putih rebus secara rutin sebagai pengobatan alami. Dalam beberapa waktu, khasiat rebusan bawang putih tersebut akan terasa.

ilustrasi asma©Shutterstock/Ilike

Mencegah Keputihan Pada Wanita

Keputihan merupakan masalah yang seringkali dialami oleh sebagian besar wanita. Gangguan yang satu ini umumnya disebabkan oleh jamur hingga bakteri.

Untuk mengatasinya, penderita dapat mengambil manfaat bawang putih rebus dengan mengonsumsinya sebagai obat. Kandungan antibakteri dalam bawang putih rebus dapat membunuh bakteri penyebab keputihan yang bersarang di organ reproduksi wanita.

4 dari 6 halaman

Meningkatkan Stamina

Bagi Anda yang hendak meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, bawang putih dapat menjadi salah satu pilihan tepat. Bawang putih yang direbus memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa kelelahan berlebih yang dialami seseorang setelah beraktivitas berat.

Manfaat bawang putih rebus yang satu ini dapat menjadi pilihan gaya hidup baru. Tentu saja, hal ini juga diimbangi dengan pola hidup dan makan yang sehat.

ilustrasi olahragamensjournal.com

Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Manfaat bawang putih rebus juga dapat dirasakan oleh para penderita hipertensi dan hipotensi. Dilansir dari healthline, bawang putih rebus terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Disebutkan bahwa, seseorang yang mengonsumsi bawang putih rebus akan memiliki tekanan darah stabil dalam waktu 24 minggu setelah mengonsumsi dalam jumlah 600 hingga 1.500 mg.

5 dari 6 halaman

Mencegah Alzheimer

Siapa sangka, Alzheimer atau penyakit kepikunan yang dianggap hanya menyerang para lansia ternyata juga dapat dialami para generasi muda. Untuk mencegah Alzheimer, perlu tindakan penanganan yang tepat yakni dengan rutin berkonsultasi dengan dokter

Selain itu, penderita juga dapat mengonsumsi bawang putih rebus sebagai pengobatan alami. Yang perlu diperhatikan yakni agar tidak menambahkan berbagai bahan lainnya saat merebus bawang putih.

ilustrasi lansia olahraga©Shutterstock.com/Monkey Business Images

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang seringkali mengancam jiwa. Banyak penyebab dari munculnya sel kanker di dalam tubuh manusia hingga menjalar ke organ di sekitarnya.

Untuk mencegah perkembangan sel kanker yang dapat menyebabkan kematian, bawang putih rebus dapat dikonsumsi secara rutin dan dalam porsi yang cukup. Kandungan di dalam bawang putih rebus memang tidak langsung menumpas sel kanker, namun mampu menurunkan risiko dari pertumbuhan sel kanker.

6 dari 6 halaman

Turunkan Kadar Kolesterol

Manfaat bawang putih rebus yang berikutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Terdapat kolesterol baik dan jahat yang masing-masing memiliki pengaruhnya bagi tubuh. Kolesterol jahat diketahui dapat menyebabkan aliran darah terganggu hingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, caranya yakni dengan mengonsumsi bawang putih rebus rutin dan menerapkan pola makan sehat nan teratur.

ilustrasi hipertensi©CC0 Public Domain

Menjaga Kesehatan Jantung

Kadar kolesterol dan tekanan darah di dalam tubuh memiliki pengaruh besar bagi kesehatan jantung. Kolesterol dan tekanan darah yang stabil juga dapat membantu jantung untuk bekerja secara maksimal.

Untuk mendapatkan kadar kolesterol dan tekanan darah stabil, manfaat bawang putih rebus bisa menjadi salah satu solusinya. Maka dari itu, mengonsumsi bawang putih rebus secara teratur juga dapat menjaga kesehatan jantung. [mta]

Baca juga:
Manfaat Bawang Putih Tunggal bagi Kesehatan, Mengatasi Flu hingga Melawan Kanker
Manfaat Bawang Putih untuk Telinga, Bisa Atasi Infeksi Bagian Tengah dan Luar
Cara Menanam Bawang Putih bagi Pemula, Mudah Dilakukan di Rumah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini