Snapdragon 835: chipset yang fokus pada keamanan mobile yang tangguh

Rabu, 3 Mei 2017 14:13 Reporter : Indra Cahya
Snapdragon 835: chipset yang fokus pada keamanan mobile yang tangguh Snapdragon 835. © forbes.com

Merdeka.com - Semakin bergantungnya masyarakat ke perangkat mobile, tentu keamanan mobile yang baik bagi para pengguna adalah hal yang penting. Para produsen smartphone pun tentu berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan adanya mekanisme keamanan yang cukup kuat untuk menyimpan seluruh informasi tetap aman jika smartphone hilang, dicuri, atau dibajak. Tetapi dengan tingkat ketergantungan terhadap perangkat yang semakin meningkat, keamanan yang 'cukup kuat' tidak lagi cukup.

Hal ini mendorong perusahaan chipset terkemuka, Qualcomm, untuk selalu memastikan sistem keamanan secara menyeluruh saat mengembangkan platform mobile terbaru, yakni Qualcomm Snapdragon 835. Snapdragon 835 dirancang untuk memberikan proteksi luar biasa, dengan paduan fitur keamanan dalam hardware dengan software yang canggih. Selain itu dipadu pula dengan identifikasi pengguna, serta kemampuan validasi canggih untuk memastikan keamanan pengguna.

Keamanan yang menyeluruh

Salah satu aspek penting yang tersemat dalam Snapdragon 835 adalah Qualcomm Haven. Ini adalah sebuah framework keamanan yang didesain Qualcomm untuk melindungi data pengguna secara menyeluruh. Dikembangkan untuk dapat mendukung sistem pembayaran dan sistem perbankan mobile, Qualcomm Haven memiliki lapisan keamanan yang menggunakan sensor biometrik. Hasilnya, perangkat mampu bertahan dari serangan malware, replikasi identitas, maupun pencurian identitas.

Pada tingkatan hardware, Qualcomm memastikan keunggulan teknologi yang dimiliki chip tersebut. Mulai dari kamera depan, kamera belakang hingga CPU, yang mampu mendukung terciptanya platform keamanan yang lebih solid. Contohnya, identifikasi sidik jari yang saat ini sudah menjadi lebih lazim digunakan sebagai metode identifikasi utama dalam perangkat mobile. Dari sini, Qualcomm Haven mengelola data pada level prosesor, dan menggunakan kode autentikasi untuk menjalankan sistem dalam situasi yang sangat aman – proses dua tahap yang menggagalkan ancaman dari para peretas.

Autentikasi biometrik

Lebih dari sekedar hardware, kemampuan pemrosesan kuat milik Snapdragon 835 memungkinkan para produsen software untuk mengembangkan aplikasi keamanan yang lebih ketat. Hal ini termasuk sensor biometrik yang kini semakin sering digunakan dalam proses autentikasi.

Misalnya, penggunaan pemindai mata sebagai metode keamanan yang sangat efektif, karena pemindaian mata bisa lebih diandalkan untuk mengidentifikasi individual dibandingkan sidik jari. Penambahan lapisan autentikasi melalui mata ini memerlukan kamera kedua dengan sensor IR yang aman. Keamanan inilah yang dapat disediakan oleh Snapdragon 835.

Selain itu, implementasi kamera keamanan Snapdragon 835 dirancang untuk menyimpan data biometrik dalam prosesor, membuatnya semakin sulit untuk diakses perangkat lunak palsu atau ancaman.

Identifikasi Perangkat

Keamanan yang kuat dari Qualcomm Technologies menawarkan lebih dari perangkat keras yang aman. Banyak fitur keamanan yang didukung oleh Snapdragon 835 muncul dari perangkat lunaknya yang kuat, termasuk dukungan pada autentikasi perangkat, sebuah rangkaian algoritma dan proses canggih yang dapat memvalidasi suatu perangkat.

Dalam tingkatan yang paling abstrak, autentikasi perangkat menggunakan sistem secure boot, perlindungan berbasis aplikasi, dan token data untuk menciptakan hubungan yang kuat antara perangkat lunak, sistem operasi, dan perangkat keras sehingga membantu mengurangi ancaman akses jarak jauh atau duplikasi perangkat. Hal tersebut bekerja di berbagai tingkatan yang berbeda, melakukan pemeriksaan terintegrasi pada beragam data, termasuk identitas perangkat, versi perangkat lunak, lokasi dan waktu, perilaku aplikasi dan sistem operasi.

Dengan menggabungkan autentikasi dan proteksi pada setiap tingkatan – baik untuk perangkat maupun penggunanya – para pengguna yang menuntut performa terbaik dapat lebih menikmati pengalaman maksimal yang ditawarkan oleh prosesor tangguh ini dengan lebih aman. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Qualcomm
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini