Rapiro, robot asisten pribadi berukuran mini

Kamis, 4 Juli 2013 13:05 Reporter : Sannidya Ayu Andriana
Rapiro, robot asisten pribadi berukuran mini Rapiro. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Rapiro adalah robot humanoid yang dapat diprogram untuk melakukan beragam pekerjaan, termasuk membuatkan Anda kopi.

Robot ini dibuat oleh perusahaan asal Jepang, sebagai perpaduan antara robot dengan Raspberry Pi. Raspberry Pi adalah PC berbasis Linux seukuran kartu kredit yang didesain untuk bekerja dengan hardware dari Rapiro.

sannidya ayu andriana?20130704094619

Memungkinkan Anda memprogramnya untuk melakukan banyak hal, seperti mengatur jadwal di kalender, dan sebagai tambahan, membuatkan Anda kopi. Rapiro dapat menggenggam bolpoin, dan memutarkan kepala serta pinggangnya. Selain itu Rapiro juga memiliki mata LED.

Rapiro juga dapat dilengkapi dengan kamera untuk memberinya kemampuan mengumpulkan dan menyimpan data visual. Selain itu, robot ini memiliki 12 motor servo yang membantu mobilitasnya.

Rapiro bukanlah robot yang pertama. Sebelumnya telah ada BrickPi yang juga dikendalikan dengan Raspberry Pi dan didanai melalui Kickstarter, namun hanya berfungsi sebagai mainan, bukan sebagai asisten pribadi seperti Rapiro. [sny]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini