Makin Dinamis, Brand Smartphone Saling Berebut Posisi Puncak

Selasa, 21 Desember 2021 09:22 Reporter : Merdeka
Makin Dinamis, Brand Smartphone Saling Berebut Posisi Puncak ilustrasi Smartphone. ©2017 mashable.com

Merdeka.com - Hasil riset IDC memaparkan dinamika posisi smartphone di pasar Indonesia. Dalam pemaparannya, IDC menyebutkan OPPO menjadi brand yang paling menguasai pasar pada kuartal ketiga 2021.

Posisi teratas ini lantaran mampu menjaga produksi yang stabil meski ada penurunan pasokan. Di posisi kedua ada Vivo. Keberhasilan Vivo meraih posisi ini karena dinilai mampu meningkatkan penjualan offline dan mempertahankan tingkat persediaan.

"Vivo mampu memasuki segmen ultra low-end karena harga Y1s turun hingga di bawah US$ 100 sekaligus menempati posisi kedua di segmen low-end dengan seri Y-nya," tulis IDC dalam keterangannya, Selasa (21/12).

Sementara Xiaomi, IDC mencatat berada di posisi tiga dan kuat dengan sosok pemimpin di segmen menengah. Pada kuartal yang lalu bahkan bisa dibilang dua kuartal berturut-turut, perusahaan besutan Lei Jun ini tumbuh kuat karena menjaga pasokan dan persediaan yang ketat.

Di tempat keempat terdapat Samsung yang mengalami penurunan pengiriman karena penutupan ritel yang diinduksi lockdown dan menyebabkan perlambatan penjualan offline. Namun menurut IDC, smartphone lipat Samsung diterima dengan sangat baik di pasar Indonesia pada Q3 2021.

Realme masih di posisi kelima dengan mempertahankan jumlah pengirimannya, meski ada kekhawatiran kekurangan pasokan.

Pasokan Menurun

Dalam laporan itu, pengiriman smartphone di Indonesia ditemukan menurun 12,4 persen Year on Year (YoY). Menurut IDC, pengiriman hanya mencapai 9,2 juta unit pada Q3 2021, di tengah gangguan saluran dan kesulitan dari sisi pasokan.

IDC menyebut, gelombang kedua Covid-19 yang memuncak di Juli 2021 menimbulkan pengetatan yang berlangsung selama kuartal tiga tahun ini.

"Hal ini pada gilirannya menyebabkan retail shutdown yang berimbas ke wilayah Jawa Bali dan beberapa titik api lainnya, sehingga penjualan offline terganggu," tulis IDC.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Giovani D. Prasasti

[faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Oppo
  3. Xiaomi
  4. Samsung
  5. Realme
  6. Vivo
  7. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini