Ketemu perwakilan Facebook, Menkominfo tak bahas soal pajak

Selasa, 14 Februari 2017 18:54 Reporter : Fauzan Jamaludin
Ketemu perwakilan Facebook, Menkominfo tak bahas soal pajak Menkominfo Rudiantara. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Perwakilan Facebook dari Global baru saja bertandang ke kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) guna bertemu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara. Pertemuan tersebut membahas soal mitigasi informasi-informasi hoax yang beredar di media sosial termasuk melalui Facebook.

Menurut Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA), Samuel Abrijani Pangerapan, pada pertemuan tersebut murni hanya membahas soal hoax semata, sama sekali tak menyinggung permasalahan pajak. Katanya, bukan ranah Kemkominfo membahas soal itu.

"Tadi tidak bicara pajak karena bukan wilayah kita. Kita lebih ke konten agar sesuai dengan aturan di Indonesia," jelas pria yang akrab disapa Semmy saat acara konferensi pers di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Selasa (14/2).

Hal ini juga lantaran pihak Facebook yang datang bukan dari di divisi terkait Pajak. Pertemuan selama satu jam lebih itu dihadiri Head of Content Policy Facebook, Monica Bickert dan Head of Public Policy Facebook Southeast Asia, Alvin Tan.

Hanya saja saat pertemuan tersebut, Menkominfo menganjurkan agar Facebook memiliki kantor resmi di Indonesia. Selain untuk peningkatan layanan mereka, juga untuk memudahkan koordinasi antara pemerintah dengan pihak Facebook.

"Kami anjurkan saja kalau punya kantor di sini. Dalam pemikiran saya juga kalau meningkatkan service level agreement semestinya juga punya kantor kan. Pak Menkominfo mmberi ilustrasi seperti Twitter dan Google. Jadi komunikasi juga lebih lancar," jelas dia.

Kata Semmy, anjuran dari pemerintah itu akan disampaikan oleh perwakilan Facebook ke kantor pusat di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Sebagaimana diketahui, polemik pajak antara pemerintah dengan pemain Over The Top (OTT) belum kunjung usai. Saat ini pemerintah baru menangani soal pajak Google. Belum seluruh pemain OTT asing. Namun pastinya, audit pajak terhadap pemain OTT akan dilakukan. Tak terkecuali Facebook.

Baca juga:
Perwakilan Facebook akhirnya ketemu Menkominfo bahas hoax
Banyak berita tipu-tipu makin buat masyarakat tabayyun
Jerman ancam denda Facebook jika tak mampu saring berita hoax
Masyarakat sering dapatkan berita tipu-tipu di media sosial
Perwakilan Facebook direncanakan bertemu Menkominfo pekan depan
Menkominfo ajak netizen ramai-ramai perangi hoax

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Facebook
  3. Berita Hoax
  4. Menkominfo
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini