Ini gambar terdekat Pluto yang berhasil diambil umat manusia

Kamis, 16 April 2015 19:09 Reporter : Dwi Zain Musofa
Ini gambar terdekat Pluto yang berhasil diambil umat manusia Planet kerdil pluto. Time.com

Merdeka.com - Gambar paling nyata dari Pluto baru saja diterima para peneliti di Bumi yang dikirim dari pesawat ruang angkasa NASA, New Horizons.

Foto ini juga menjadi gambaran Pluto berwarna pertama yang berhasil dikirim dari pesawat ruang angkasa yang diluncurkan dengan misi mendekati Pluto.

Dilansir Time (15/4), pesawat luar angkasa New Horizons di bulan April ini berhasil menangkap gambar warna pertama dari planet kerdil ini dengan pengambilan foto berjarak 71 juta mil, yang jadi gambar pluto dengan jarak terdekat yang pernah tercatat sejarah.

Dari foto tersebut terlihat planet kerdil ini memiliki binar cahaya putih dengan bias warna biru di sekelilingnya. Selain itu dari foto tersebut juga tampak gambar bulan terbesar Pluto, Charon, yang ukurannya disebut hampir sama dengan wilayah Texas.

NASA sendiri mengungkapkan jika pihaknya akan menyelesaikan misi awal pengamatan Pluto pada 14 Juli mendatang. Tujuan utama dari misi yang diusung New Horizons ini adalah menangkap gambar berwarna dari Pluto dengan sedetail mungkin di mana targetnya adalah mendapatkan gambaran permukaan planetnya.

"Pengetahuan kita tentang bagaimana sistem yang ada di Pluto benar-benar diperluas secara eksponensial dan saya tidak meragukan akan ada penemuan menarik ke depannya," kata astronot NASA, John Grunsfeld.

Jika hal ini berhasil, maka data yang diperoleh dari misi ini bisa meningkatkan wawasan semua orang ke planet kerdil dengan jarak paling jauh dari inti tata surya ini.

Pluto sendiri merupakan planet kerdil yang berjarak sekitar 4,67 miliar kilometer dari Bumi. [dzm]

Topik berita Terkait:
  1. Astronomi
  2. NASA
  3. Jakarta
  4. Planet Pluto
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini