Huawei Perkenalkan P30 Pro, Smartphone Dengan Kamera Luar Biasa!

Rabu, 27 Maret 2019 10:14 Reporter : Indra Cahya
Huawei Perkenalkan P30 Pro, Smartphone Dengan Kamera Luar Biasa! Huawei P30 Pro. ©2019 phonearena.com

Merdeka.com - Setelah bertebaran banyak sekali rumor dan bocoran, akhirnya Huawei P30 rilis secara resmi. Ini adalah flagship Huawei yang sangat menitik beratkan kemampuan kameranya.

Deretan kehebatan mulai dari kemampuannya berfoto di suasana minim cahaya, zoom in tanpa pecah, serta bokeh yang dihasilkan dari teknologi canggih.

Tak cuma soal kamera, smartphone ini pun memiliki performa papan atas dan desain dengan sentuhan elegan.

Nah, mari kita bahas secara lebih detil, melansir dari Phone Arena. Berikut ulasannya.

Desain

Soal desain, Huawei P30 adalah smartphone yang terkesan tinggi karena mengusung aspek rasio layar 19,5:9 dengan bentang layar 6,5 inci. Seperti flagship kekinian lainnya, smartphone ini memadukan sentuhan kaca di bagian belakang dengan bingkai metal yang membuatnya kuat.

Terdapat 5 buah warna dari smartphone ini yang kesemuanya disebut memadukan warna segar dan warna solid yang terinspirasi dari alam. Warna-warna ini berkonsep gradien yang terlihat elegan. Kelimanya adalah Black, Pearl White, Amber Sunrise, Breathing Crystal, serta Aurora.

Dapur Pacu

Soal dapur pacu, Huawei P30 Pro dimotori oleh prosesor asli Huawei yakni Kirin 980 yang dipadu RAM dengan pilihan 6GB atau 8GB. Storagenya pun mendapatkan pilihan 128GB, 256GB, dan juga 512GB.

Soal baterai, terdapat sumber daya berkapasitas 4200mAh yang lengkap dengan teknologi fast charging serta reverse charging.

Kamera

Huawei dengan P30 Pro membawa misi baru di dunia fotografi smartphone, yakni ingin "menulis kembali aturan fotografi." Dengan misi tersebut, Huawei menyematkan 4 buah kamera di P30 Pro.

4 Buah kamera tersebut adalah:

  • Kamera utama SuperSpectrum 27mm 40MP, f1.6, dengan OIS
  • Kamera ultra-wide 20MP, f2.2
  • Kamera telephoto "Periscope" 125mm, 5x zoom, f3.4, dengan OIS
  • Kamera ToF untuk sensor kedalaman

Kamera utamanya tentu adalah SuperSpectrum yang mengusung 40MP yang memiliki pixel yang tak lazim dibanding sensor lainnya. Ketika sensor lain memiliki piksel RGB atau merah, biru, dan dua subpiksel hijau, P30 Pro mengganti piksel hijau dengan piksel kuning. Sehingga sensor smartphone ini memiliki pengaturan RYB.

Kamera ultra-widenya mungkin merupakan kamera dengan sudut lebar biasa, namun yang lebih menarik dibahas adalah kamera telefotonya. Benar, kamera telefotonya yang diberi nama "Periscope" ini memiliki konsep kerja seperti periskop di kapal selam.

Hal ini berawal dari Huawei yang tidak ingin mengorbankan banyak ruang untuk membuat kamera telefoto yang layak, akhirnya muncul ide cerdas untuk membuat pengaturan ala kamera telefoto namun tegak lurus ke bawah, bukan ke belakang. Cahaya yang masuk diteruskan melalui prisma dan cermin layaknya periskop.

Terakhir ada kamera berbasis Time of Flight atau ToF yang bertugas sebagai sensor kedalaman. Sensor ini berfungsi dengan cara memancarkan cahaya dan menggunakan pantulan untuk menentukan seberapa jauh objek berada. Hal ini dimanfaatkan Huawei untuk efek bokeh di portrait mode.

Harga

Berikut detil harga Huawei P30 Pro

  • Huawei P30 Pro 8/128GB: 1.000 euro (setara Rp 16 Juta)
  • Huawei P30 Pro 8/256GB: 1.100 euro (setara Rp 17,5 Juta)
  • Huawei P30 Pro 8/512GB: 1.250 euro (setara Rp 20 Juta)
[idc]
Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Huawei
  3. Huawei P30
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini