Gandeng 13 Perusahaan Swasta, NASA Siapkan Proyek ke Bulan

Jumat, 2 Agustus 2019 13:19 Reporter : Indra Cahya
Gandeng 13 Perusahaan Swasta, NASA Siapkan Proyek ke Bulan NASA International Space Station. ©2019 The Verge

Merdeka.com - Agen antariksa AS, NASA, beberapa waktu lalu mengumumkan telah menggandeng 13 perusahaan swasta untuk untuk sebuah misi ke luar angkasa. 13 perusahaan itu akan melakukan peran berbeda untuk membantu NASA mencapai Bulan dan Mars, yang kesemuanya bakal mengembangkan teknologi.

Dikutip dari Tech Crunch via Tekno Liputan6.com, beberapa perusahaan swasta yang dimaksud adalah SpaceX, Blue Origin, dan Lockheed Martin.

NASA menuturkan, nantinya setiap perusahaan akan bertanggung jawab pada sejumlah proyek berbeda, seperti pengembangan roket dengan kemampuan pendaratan vertikal atau kendaraan tahan suhu tinggi.

Sebagai contoh, Blue Origin akan bertugas untuk mengembangkan sistem navigasi dalam proses pendaratan ke Bulan.

Sementara itu, SpaceX akan menggarap teknologi yang memungkinkan roket berpindah dari satu kendaraan ke kendaraan lain dalam orbit.

Menurut NASA, kerja sama ini merupakan upaya mempercepat proyek penjelajahan luar angkasa yang dicanangkan pihak Amerika Serikat. Selain itu, kolaborasi ini bisa menekan pengeluaran biaya.

Sekadar informasi, NASA memang baru saja mengumumkan sebuah proyek bernama Artemis. Proyek ini mengusung misi untuk membawa kru wanita dan pria ke Bulan pada 2024.

Baca Selanjutnya: AS Minta NASA Terbangkan Manusia...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sains
  3. NASA
  4. Penelitian Luar Angkasa
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini