Fitur-Fitur Terbaru WhatsApp, Canggih Perlu Dicoba

Kamis, 14 Februari 2019 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Fitur-Fitur Terbaru WhatsApp, Canggih Perlu Dicoba Ilustrasi WhatsApp. ©2016 vishwagujarat.com

Merdeka.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp menjadi aplikasi paling populer di dunia. Tahun 2019, WhatsApp mengeluarkan fitur-fitur baru yang bisa digunakan. Syaratnya, pengguna harus meng-update WhatsApp di ponsel untuk bisa menggunakan fitur baru itu.

Berikut fitur-fitur baru yang dikeluarkan WhatsApp yang siap digunakan oleh penggunanya:

1 dari 3 halaman

Mengunci WhatsApp dengan Memindai Wajah

Ilustrasi aplikasi Whatsapp. ©2018 Erminesoft

WhatsApp memperkenalkan fitur biometrik untuk pengguna iPhone. Dengan fitur ini, pengguna bisa menambah tingkat keamanan WhatsAppnya dengan Wajah atau sidik jari. Fitur ini juga memungkinkan pengguna melihat pemberitahuan WhatsApp dengan isi pesan serta menerima atau menolak panggilan WhatsApp.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus membuka WhatsApp, kemudian Pengaturan -> Privasi -> Kunci layar. Lalu Anda akan menemukan pilihan, apakah Anda akan mengunci WhatsApp melalui scan Wajah atau sidik jari. Selanjutnya, Anda bisa memilih berapa lama WhatsApp Anda akan terbuka, sampai akan terkunci. Biasanya selang waktu satu menit, 15 menit atau satu jam.

Untuk mulai menggunakan fitur ini, Anda harus memperbarui WhatsApp ke versi terbaru (build v2.19.20). Tergantung pada pengaturan ponsel Anda, itu akan diperbarui secara otomatis atau manual.

2 dari 3 halaman

Melakukan Panggilan Grup WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp. ©2016 Merdeka.com

Sekarang untuk mengobrol dengan teman di WhatsApp tak perlu repot. Anda cukup membuka grup WhatsApp Anda, kemudian lakukan panggilan. Caranya, Anda membuka grup yang berisi empat orang. Kemudian tekan tombol bergambar ponsel di ujung kanan atas. Setelah itu, Anda bisa melakukan panggilan grup sepuasnya.   

Untuk fitur ini sudah tersedia untuk Android dan iOs. Jadi, semua pengguna WhatsApp bisa menggunakan fitur panggilan grup.

3 dari 3 halaman

Bisa Tolak atau Terima Masuk Grup

Fitur pesan berbintang pada WhatsApp. ©2015 Merdeka.com

Tiba-tiba diundang dalam grup yang tak dikenal menjadi salah satu yang menyebalkan. Anda tak tahu tujuan grup itu, dan tak tahu siapa saja yang ada dalam grup itu.

Kini hal itu tak terulang lagi. WhatsApp diketahui mengembangkan Grup Invitation. Fitur ini bisa mencegah orang lain mengundang Anda ke dalam grup yang tak dikenal. Meskipun begitu, fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

Tapi akan hadir pada iOs beta berikutnya. Kemudian akan muncul di perangkat android. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup masuk ke pengaturan> akun> privasi> grup. [has]

Baca juga:
Facebook, Instagram, dan WhatsApp Akan Bergabung Jadi Satu?
Kata.ai Kembangkan Solusi Layanan Pelanggan dengan Aplikasi WhatsApp
Kemkominfo Terima 733 Aduan Konten Hoaks di WhatsApp
Cegah Maraknya Hoaks, WhatsApp Bakal Buka Layanan Hotline
Pembatasan Forward Pesan Jadi Pembahasan Tahun Lalu
WhatsApp Bakal Hapus Akun yang Sering Sebar Hoaks

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini