Fitur-fitur Canggih WhatsApp yang Tersembunyi

Senin, 26 November 2018 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Fitur-fitur Canggih WhatsApp yang Tersembunyi Ilustrasi aplikasi Whatsapp. ©2018 Erminesoft

Merdeka.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp makin banyak digunakan oleh masyarakat. Hanya dalam satu aplikasi, pengguna tak hanya bisa mengirim teks tetapi juga melakukan panggilan suara atau video.

Namun perlu diketahui, di balik canggihnya WhatsApp ternyata tersembunyi fitur-fitur canggih yang tidak semua penggunanya ketahui. Inilah fitur-fitur canggih WhatsApp:

1 dari 6 halaman

Melihat Paling Sering Kirim WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp. ©2016 Merdeka.com

Pengguna WhatsApp bisa tahu siapa saja yang paling sering mengirim pesan WhatsApp. Caranya, buka Pengaturan, pilih Penggunaan Data dan Penyimpanan, pilih Penggunaan Penyimpanan.

Setelah itu akan terlihat daftar kontak sesuai urutan yang paling sering mengirim pesan. Klik setiap kontak untuk melihat statistik yang lebih detail, seperti jumlah pesan yang dikirim, gambar, dan GIF.

2 dari 6 halaman

Bisa Memindahkan Kontak ke Layar Menu Ponsel

Ilustrasi WhatsApp. ©2016 vishwagujarat.com

Sering berkirim pesan via WhatsApp dengan pasangan, sahabat, keluarga atau teman? Sekarang Anda bisa memindahkan kontak mereka ke layar menu ponsel.

Caranya, tekan lama pada obrolan di WhatsApp yang diinginkan hingga muncul menu opsi, lalu pilih 'Tambahkan pintasan obrolan atau Add Chat Shortcut'. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah berkomunikasi dengan mereka.

3 dari 6 halaman

Bisa Batasi Penggunaan Data

WhatsApp. ©2014 Mashable.com

Jika Anda tidak ingin mengunduh gambar dan video secara otomatis, Anda dapat mengontrol berapa banyak data yang Anda pakai dengan membatasi jenis media yang Anda unduh.

Caranya, buka Pengaturan, pilih Penggunaan Data dan pilih opsi yang Anda inginkan. Cara ini bisa membantu menghemat banyak data.

4 dari 6 halaman

Bisa Memasang Notifikasi Tertentu

Tampilan baru WhatsApp. © Ubergizmo.com

Jika Anda menunggu pesan WhatsApp penting dari seseorang, Anda bisa mengatur pemberitahuan khusus dengan membuka obrolan. Caranya, klik nama mereka di bagian atas dan tekan Pemberitahuan khusus. Dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan hal-hal penting.

5 dari 6 halaman

Menyimpan Pesan Penting WhatsApp

Aplikasi WhatsApp untuk PC dan Mac. ©2016 Merdeka.com

Jika Anda memiliki pesan penting, ada baiknya Anda menggunakan tanda bintang dari layar percakapan. Nantinya, pesan-pesan yang Anda beri bintang akan tersimpan sesuai tanggal pengiriman.

Caranya, buka layar percakapan, lalu tekan pesan-pesan yang anda akan bintangi. Setelah itu beri tanda bintang untuk pesan itu. Kini semua pesan itu akan tersimpan di menu 'starred messages atau pesan berbintang.'

6 dari 6 halaman

Bisa Pasang Stiker di WhatsApp

Ilustrasi Whatsapp stiker. ©2018 Merdeka.com

Salah satu fitur terbaru WhatsApp adalah stiker dengan berbagai karakter. Bagi pengguna WhatsApp yang ingin menggunakan fitur ini ada baiknya mengupgrade aplikasi terlebih dahulu.

Fitur stiker bisa muncul dengan menekan gambar wajah di kolom percakapan. Setelah itu pilih gambar persegi di ujung paling kanan bawah, Anda bisa memilih semua stiker yang tersedia di WhatsApp. [has]

Baca juga:
Daftar HP yang Sebentar Lagi Tak Bisa Digunakan WhatsApp
Cara membuat stiker WhatsApp, bisa pakai foto sendiri!
Facebook sebut celah keamanan videocall WhatsApp telah diperbaiki
Sebentar lagi WhatsApp bakal punya sticker keren!
Jangan buka, jika dapat pesan WhatsApp bulatan hitam
Ini alasan dilarang buka pesan WhatsApp bulatan hitam

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini