Cara aman internetan di mana saja

Selasa, 17 September 2013 16:32 Reporter : Dwi Andi Susanto
Ilustrasi pengguna browser Mozilla Firefox © 2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Mungkin sudah banyak yang mengetahui tips ini, namun tidak menutup kemungkinan ada pihak-pihak lain yang masih belum mengetahuinya. Berikut adalah tips untuk mencegah bocornya password account apabila menggunakan browser Mozilla Firefox.

Dibandingkan dengan browser lain, pengaturan password atau kata sandi di browser milik Mozilla yaitu Firefox boleh dikatakan relatif mudah. Namun, dari kemudahan tersebut, terkadang ada saja yang masih belum mengerti cara pengaturan dan akhirnya dimanfaatkan oleh pihak lainnya.

Suatu contoh apabila seseorang sedang mengakses account pribadi atau account milik yang terhubung dengan bisnisnya dan harus mengirimkan data-data yang sangat rahasia di suatu warung internet ketika dia sedang tidak membawa perangkat komputer seperti laptop atau tablet.

Kemudian dia tidak mengetahui bahwa ternyata ada pihak yang jahil telah mengatur agar semua password secara otomatis akan tersimpan di browser.

Oleh karenanya, password tersebut dapat diakses pihak lain dan data yang bersifat rahasia juga dapat tersebar. Oleh karenanya, diperlukan pemahaman khusus agar kejadian tersebut dapat dihindari.

Berikut langkah-langkah untuk hindari dijebolnya password oleh orang lain.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menghapus semua sejarah penjelajahan (Firefox > History > Clear Recent History). Dengan memilih Clear Recent History, memang ada kalanya semua jejak jelajah web sampai dengan password terhapus, namun tidak menutup kemungkinan masih terekam di dalam 'tubuh' browsernya.

Untuk menghilangkan yang ada di dalam 'tubuh' browsernya, maka Anda dapat mengakses Firefox > Options > Options. Setelah masuk ke dalam menu Options, pilih Security di bar paling atas. Ketika sudah masuk dalam kolom Security akan muncul beberapa 5 pilihan pengaturan dan pilih Exceptions kemudian pilih Remove All. Langkah selanjutnya adalah dengan mengakses tombol di bawahnya yaitu Saved Password dan pilih Remove All. Langkah terakhir klik OK. Memang masih banyak cara bagi pihak-pihak yang jahil untuk mendapatkan password orang lain, seperti menanam Keyloger dan sejenisnya, namun cara-cara di atas merupakan langkah paling sederhana digunakan oleh pengguna internet pada umum [das]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini