Atome Financial Akuisisi Perusahaan Pembiayaan Mega Finadana

Senin, 5 April 2021 10:24 Reporter : Syakur Usman
Atome Financial Akuisisi Perusahaan Pembiayaan Mega Finadana Wawan Salum, CEO Atome Financial Indonesia. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Atome Financial, perusahaan teknologi keuangan (fintech), mengakuisisi perusahaan pembiayaan di Indonesia, yakni PT Mega Finadana Finance. Akuisisi ini membuat Atome Financial mengembangkan bisnis di Indonesia khususnya bidang pembiayaan barang konsumen.

Dengan rampungnya akuisisi tersebut, PT Mega Finadana Finance telah berubah nama menjadi PT Atome Finance Indonesia.

“Akuisisi ini bukti dari komitmen untuk mengembangkan bisnis kami di Indonesia, dengan tujuan melayani mitra dan konsumen dengan lebih baik dalam memberikan pilihan pembiayaan dan pinjaman yang disesuaikan,” kata Wawan Salum, CEO Atome Financial Indonesia, dala keterangan pers, kemarin.

Wawan menjelaskan, Atome Financial telah berhasil memposisikan diri dengan kuat untuk terus berkembang di tengah pandemi Covid-19. Atome Financial kini berada pada posisi unik dalam memperluas layanan di Indonesia serta mempercepat inklusi keuangan di segmen populasi yang tidak memiliki akses perbankan. Sejak 2017, Atome Financial juga menjalin kemitraan dengan beberapa lembaga keuangan terkemuka dunia, yang menyediakan lebih US$ 200 juta pendanaan dan fasilitas kredit guna mendorong inklusi keuangan.

“Secara kumulatif, kami melayani lebih dari 5 juta pengguna dan memberikan pinjaman lebih US$ 1 miliar untuk memberdayakan pedagang dan konsumen. Akuisisi ini tidak hanya mempercepat ekspansi bisnis kami yang pesat, tapi juga berkontribusi pada ekosistem pinjaman dan pembiayaan yang lebih kuat dan sehat di Indonesia,” ucapnya.

Atome Financial memiliki dua unit bisnis utama, yaitu Atome dan Kredit Pintar. Kini Atome menjalin kemitraan dengan beberapa grup ritel dan platform e-commerce terbesar di Indonesia, seperti PT Mitra Adiperkasa Tbk yang mencakup merek Sephora, Zara, Mango, Pull & Bear, Marks & Spencer, dan Food Hall. Kemudian JD.ID dan iStyle yang menawarkan opsi beli-sekarang, bayar-nanti (buy-now pay-later) dengan opsi pembayaran bunga 0 persen selama 3 atau 6 bulan di seluruh kategori fashion, kecantikan, gaya hidup, kesehatan, dan kebugaran.

Sementara itu, Kredit Pintar merupakan salah satu aplikasi pinjaman digital terkemuka di Indonesia yang mendapat izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penggunanya lebih 10 juta pengguna aplikasi seluler. Baru-baru ini, Kredit Pintar juga dianugerahi sebagai Top Brand Award 2021 oleh Frontier Group dan Majalah Marketing.

Terdiri dari dua lini bisnis utama: Atome, yang menjalin kemitraan dengan merchant retailers dalam menawarkan opsi "beli sekarang, bayar nanti" yang tersedia di Singapura, Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Vietnam, dan Tiongkok.

Sementara itu, Kredit Pintar merupakan salah satu aplikasi pinjaman digital terkemuka di Indonesia yang telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada 2019, Atome Financial dinobatkan sebagai perusahaan teknologi pembayaran digital paling terpercaya oleh panitia Indonesia Quality Award. Atome Financial berkantor pusat di Singapura dengan kantor tambahan di Indonesia dan Cina. [sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini