Assange: film tentang WikiLeaks merupakan pembohongan

Minggu, 27 Januari 2013 12:37 Reporter : Alvin Nouval
Assange: film tentang WikiLeaks merupakan pembohongan Julian Assange. Guardian

Merdeka.com - Belum juga ditayangkan, Film The Fifth Estate yang menggambarkan awal mula terbentuknya WikiLeaks sudah dikecam. Kali ini, sang pendiri Wikileaks, Julian Assange, sendiri yang mengecam film tersebut.

Seperti yang dirilis oleh AP (25/1), dalam sebuah pidato di Oxford Union, Assange terang-terangan menyampaikan keberatannya atas pembuatan film ini. Menurutnya, film yang diproduksi oleh DreamWorks ini penuh dengan kebohongan dan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Film ini sendiri memang belum diluncurkan cuplikan atau pun alur ceritanya kepada publik. Namun, Assange yang mengaku sudah melihat cuplikan naskahnya merasa bahwa film tersebut sama sekali tidak menggambarkan WiiLeaks sebenarnya.

"Ini merupakan serangan propaganda terhadap WikiLeaks, organisasi kami, dan para staff," katanya. Assange juga menjelaskan sebuah skenario yang bisa meningkatkan Islamofobia di kalangan bangsa barat.

"Ini bukan hanya serangan terhadap kami, namun juga serangan terhadap Iran," lanjut Assange. Dalam film ini sendiri memang mengambil latar belakang cerita di Teheran, Iran dan Kairo, Mesir. "Film ini mencoba menuduh bahwa Iran sedang membuat senjata nuklir, kemudian menyalahkan WikiLeaks yang tidak mau mengumbarnya ke publik," kata Assange.

Film The Fifth Estate rencananya akan ditayangkan di seluruh dunia pada November 2013 ini. Beberapa aktor yang terpilih memainkan peran ini adalah Benedict Cumberbatch sebagai Julian Assange and Daniel Bruhl sebagai Daniel Domscheit-Berg, teman Assange ketika mendirikan WikiLeaks. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Wikileaks
  2. Julian Assange
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini