Aktivitas Belanja Pengguna Dilacak Google?

Selasa, 21 Mei 2019 10:40 Reporter : Merdeka
Aktivitas Belanja Pengguna Dilacak Google? Logo Google. © newyorker.com

Merdeka.com - Google diam-diam melacak seluruh aktivitas belanja online para penggunanya. Hal ini dilacak Google lewat email bon pembelian yang dikirimkan ke akun Gmail si pengguna. Parahnya lagi, informasi belanja tersebut juga bisa melacak non-pengguna Gmail melalui alat web pribadi yang selalu aktif.

Misalnya, pengguna membuat akun Gmail sejak 2010 lalu, segala riwayat pembelian pengguna tersebut sudah dilacak Google sejak tahun tersebut. Hal ini termasuk dengan pembelian lewat Apple Store yang ditautkan ke akun Gmail sejak awal.

Selain itu, transaksi di dunia nyata yang dilakukan menggunakan kartu kredit juga terlacak. Pasalnya, ada penyedia perangkat lunak yang menautkan kartu kredit pengguna ke akun email.

"Untuk membantu pengguna mudah melihat, melacak pembelian, pemesanan, dan langganan mereka di satu tempat, kami telah membuat tujuan pribadi yang dapat dilihat oleh penggunanya," kata Google, sebagaimana dikutip The Verge, Selasa (20/5).

Meski dilacak oleh perusahaan, Google berkilah bahwa pengguna bisa menghapus informasi ini kapan saja.

"Kami tidak menggunakan informasi apapun dari Gmail pengguna untuk menayangkan iklan kepada mereka, termasuk tanda terima, dan konfirmasi email yang ditampilkan di halaman pembelian," kata Google.

Reporter: Agustin Setyo Wardani [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Google
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini