5G Bakal Menjadi Katalis Revolusi Digital

Selasa, 23 November 2021 17:21 Reporter : Merdeka
5G Bakal Menjadi Katalis Revolusi Digital BTS 4G. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Direktur PT Lintas Teknologi Indonesia, Muhamad Paisol mengatakan, ekosistem telekomunikasi telah menyediakan blok bangunan mendasar yaitu akses, interkonektivitas, dan aplikasi yang memungkinkan terjadinya revolusi digital.

Sebagian besar nilai potensial yang berasal dari digitalisasi di seluruh industri global selama dekade berikutnya bergantung pada industri telekomunikasi yang memberikan infrastruktur penting, aplikasi, dan peningkatan produktivitas di banyak bidang.

"Sekarang ini banyak orang melihat 5G akan menjadi katalis revolusi digital, dimana 5G menjanjikan kecepatan jauh lebih cepat, dengan capacity jauh lebih besar dan latency yang sangat kecil. Oleh sebab itu ekonomi digital akan menjadi faktor utama dalam pembangunan ekonomi di Indonesia," kata dia saat membuka acara Lintas Teknologi 20lutions Day Conference secara virtual, Selasa (23/11).

Oleh sebab itu, tak bisa dikesampingkan sejumlah hal yang harus ditingkatkan, antara lain infrastruktur telekomunikasi serta perlindungan terhadap konsumen digital itu sendiri. Untuk itu, dukungan dan investasi diperlukan tidak hanya pada penguatan ekosistem digital saja, namun juga pada infrastruktur pendukungnya.

"Ada lima sektor yang terpengaruh oleh revolusi digital antara lain: industry media dan entertainment, kedua electricity, ketiga logistics, keempat automotive dan yang terakhir dan terbesar adalah e-commerce," ungkap dia.

Sementara itu, Komisaris Bursa Efek Indonesia dan Ketua Umum AFTECH, Pandu Sjahrir menerangkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk perkembangan ekonomi digital.

Salah satunya di sektor pembiayaan digital bagaimana pelaku fintech membantu memenuhi akses layanan keuangan digital bagi masyarakat dan UMKM Dalam Negeri serta strategi penetrasi pelaku fintech yang tidak hanya di kalangan atas namun dikalangan menengah bawah hingga ke pelosok daerah.

"Dengan besarnya potensi digital Indonesia, kita perlu mengedukasi masyarakat dan meningkatkan literasi digital masyakarat, agar masyarakat terdorong untuk melakukan transaksi secara digital. Faktor lain kita juga perlu meningkatkan infrastruktur digital agar konektivitas digital semakin meningkat hingga dapat mendorong tumbuhnya ekonomi digital di Indonesia," kata dia. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. 5G
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini