Unik dan Eksotis, 3 Air Terjun di Tapanuli Tengah Ini Wajib Dikunjungi Wisatawan

Jumat, 14 Januari 2022 19:42 Reporter : Fatimah Rahmawati
Unik dan Eksotis, 3 Air Terjun di Tapanuli Tengah Ini Wajib Dikunjungi Wisatawan (Ilustrasi) Air Terjun Kedung Kayang. ©2021 Merdeka.com/Agun Priyatna

Merdeka.com - Sumatra Utara (Sumut) menyimpan sejuta keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Beragam destinasi wisata alam bisa dengan mudah Anda datangi di sini. Mulai dari wisata alam pegunungan dan hutan, wisata pantai, dan yang tak ketinggalan adalah wisata air terjun.

Sumut memang memiliki banyak destinasi wisata air terjun dengan keunikan serta pesonanya masing-masing. Seperti di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Di Tapteng terdapat banyak destinasi wisata air terjun yang menyuguhkan keindahan alam yang eksotis dan asri.

Setiap air terjun biasanya memiliki daya tarik dan keunikannya masing-masing, yang membuat wisatawan tak akan bosan untuk menjelajahi wisata air terjun di daerah ini. Beberapa air terjun yang populer antara lain ada Air Terjun Aloba Bair, Air Terjun Mursala dan Air Terjun Silaklak. Simak ulasan ketiga air terjun tersebut, berikut ini.

2 dari 4 halaman

Air Terjun Aloba Bair

Melansir dari travelingyuk, air terjun yang berada di Desa Aloban, Kecamatan Tapian Nauli ini bisa dibilang cukup unik. Pasalnya, air terjun ini menawarkan beberapa tingkatan air dengan ketinggian berbeda-beda.

Air terjun utama di Aloban Bair ini bisa dinikmati oleh sebagian besar wisatawan dengan ketinggian airnya sekitar 8 meter dengan kolam paling luas dan paling dalam. Di sini wisatawan biasa menikmati kesegaran air terjun Aloban Bair dengan berenang dan berendam.

Kawasan ini juga bisa dinikmati para pecinta susur tebing. Demi menuju puncak air terjun, wisatawan harus melewati sisi-sisi tebing bebatuan. Jika tidak berhati-hati, wisatawan bisa dengan mudah tergelincir. Suasana di sekitar air terjun ini juga sangat asri dan sejuk.

3 dari 4 halaman

Air Terjun Mursala

unik dan eksotis 3 air terjun di tapanuli tengah ini wajib dikunjungi wisatawan

Air Terjun Mursala bisa jadi merupakan air terjun paling unik yang ada di Sumut. Bagaimana tidak, air terjun ini guyuran airnya langsung jatuh dan mengalir ke lautan.

Air terjun ini terletak di Pulau Mursala, pulau eksotis yang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Di air terjun ini, wisatawan juga bisa sekaligus menikmati indahnya lautan di sekitar Pulau Mursala.

Selain bisa menikmati indahnya air terjun, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas air, seperti snorkeling dan diving. Untuk menuju air terjun ini, wisatawan harus menempuh perjalanan menggunakan speed boat atau kapal selama sekitar 45 menit dari Kota Pandan, ibu kota Tapanuli Tengah.

4 dari 4 halaman

Air Terjun Silaklak

unik dan eksotis 3 air terjun di tapanuli tengah ini wajib dikunjungi wisatawan

unik dan eksotis 3 air terjun di tapanuli tengah ini wajib dikunjungi wisatawan
travelingyuk.com ©2022 Merdeka.com

Air Terjun Silaklak terletak di Desa Unte Mungkur III, Kecamatan Kolang. Air terjun ini lokasinya berada di tengah hutan lebat, sehingga wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan asri di sekitar air terjun yang dipenuhi dengan pepohonan rindang.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Air terjun ini juga cukup unik karena memiliki tingkatan. Namun, wisatawan hanya bisa berendam dan bermain air di tingkatan air terjun yang paling rendah. Air terjun ini disebut juga Sipitu-pitu karena memiliki 7 tingkatan air terjun, di mana ada cerita legenda di balik tujuh air terjun itu yang sampai saat ini masih dipercaya masyarakat setempat.

Guyuran air terjun membentuk kolam alami dengan luas kurang lebih 15 meter persegi dengan kedalaman 1 hingga 2 meter. Tidak terlalu dalam untuk ukuran orang dewasa, jadi bisa dimanfaatkan untuk berenang dan berendam.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini