Tur Visual hingga Naik Kapal Pesiar, Ini Cara Baru Nikmati Liburan di Danau Toba

Kamis, 2 Juli 2020 17:01 Reporter : Fatimah Rahmawati
Tur Visual hingga Naik Kapal Pesiar, Ini Cara Baru Nikmati Liburan di Danau Toba Akan Kembali Dibuka Mulai Juli, Ini Potret Keindahan Danau Toba yang Memesona. indonesia.go.id ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat ini, Sumatra Utara (Sumut) sedang bersiap untuk menerapkan masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal yang akan segera diberlakukan. Hal ini tentunya akan menjadi harapan baru bagi industri pariwisata Sumut untuk bangkit dari keterpurukan selama masa pandemi virus Corona COVID-19.

Sehubungan dengan hal tersebut, objek wisata Danau Toba di Kabupaten Samosir segera dibuka kembali, setelah ditutup sejak merebaknya pandemi Covid-19. Pembukaan objek wisata itu akan dilakukan bertahap mulai bulan Juli ini.

Nantinya akan ada perubahan aturan dalam melakukan wisata di Danau Toba, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah COVID-19 dan beberapa inovasi wisata tengah disiapkan pemerintah setempat.

1 dari 5 halaman

Berkeliling Pulau Samosir dengan Kapal Pesiar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyelesaikan pekerjaan pelebaran alur Tano Ponggol di Danau Toba, Kabupaten Samosir.

Pelebaran alur tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada wisatawan dapat mengelilingi Pulau Samosir menggunakan kapal pesiar berukuran besar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa Danau Toba merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas yang dipersiapkan untuk mendukung produktivitas di sektor pariwisata pada tatanan kenormalan baru (new normal) akibat Covid-19.

"Dalam tatanan normal baru untuk hidup berdamai dengan Pandemi Covid-19, Pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah sektor pariwisata. Untuk itu, tidak ada kegiatan pembangunan infrastruktur pada 5 KSPN yang dihentikan," katanya pada Jumat (12/6) lalu.

2 dari 5 halaman

Sasar Wisatawan Domestik

Kepala Dinas Pariwisata Sumut, Ria Telaumbanua mengatakan, wisatawan domestik menjadi salah satu sasaran dalam upaya pemulihan sektor pariwisata di Danau Toba. Sasaran Pemprov Sumut hingga Desember 2020 adalah wisatawan domestik di Sumut dan sekitarnya.

"Jadi, sekarang bagaimana kita bisa mengajak orang Sumut datang ke Danau Toba. Karena kalau mengharap orang Jakarta, misalnya mereka harus melewati protokol yang sulit menuju ke mari," kata Ria, Rabu (1/7) seperti dilansir dari Liputan6.com.

3 dari 5 halaman

Utamakan Wisatawan dalam Grup Kecil

Disebutkannya, pelaku wisata hingga pemegang kepentingan sudah harus menjual wisata luar ruangan. Hal tersebut dilakukan guna menjaga kerumunan. Pihaknya juga akan menitikberatkan kepada wisatawan agar datang ke dalam grup kecil maupun sendiri-sendiri.

"Agar tidak menyebabkan penularan COVID-19 yang semakin meningkat pada saat new normal," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Tur Virtual dan Transaksi Non Tunai

Tidak hanya itu, inovasi pariwisata juga akan dilakukan pada saat pandemi COVID-19 ini. Misalnya dengan pengembangan tur virtual, yaitu dengan tarif tertentu serta penggunaan transaksi non tunai yang harus digalakkan.

"Jadi, potensi Danau Toba ini tetap bisa dipromosikan dengan kebiasaan baru," ujarnya.

5 dari 5 halaman

Kawasan Wisata Sudah Mulai Dibuka

Saat ini juga sudah ada beberapa destinasi yang dibuka. Ada sekitar 30 persen destinasi kawasan Danau Toba yang sudah diuji coba dibuka. Namun perubahan kebiasaan masih perlu dilakukan.

Wakil Bupati Tapanuli Utara, Sarlandy Hutabarat mengatakan, beberapa destinasi wisata yang sudah dibuka diantaranya wisata alam Hutaginjang pada 28 Juni dan wisata Salib Kasih sejak 7 Juni, namun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini