Penyebab Rambut Putih di Usia Muda, Salah Satunya Karena Kelainan Ini

Minggu, 2 Agustus 2020 06:01 Reporter : Ani Mardatila
Penyebab Rambut Putih di Usia Muda, Salah Satunya Karena Kelainan Ini ilustrasi rambut beruban. © www.huffingtonpost.com

Merdeka.com - Banyak orang menganggap rambut dan warna rambut mereka, adalah salah satu aset kecantikan terbesar. Sehingga kehilangan warna normal rambut Anda, karena rambut berubah menjadi abu-abu, putih atau perak, adalah bagian yang diduga dari proses penuaan, dan uban prematur bukanlah perubahan yang disambut baik dan dianggap pertanda buruk.

Penyebab paling umum dari rambut putih, abu-abu atau perak diduga sebagai kelainan genetika, tetapi terkadang perubahan ini terkait dengan masalah medis yang memerlukan evaluasi dan perawatan.

Melanin memberi warna pada rambut, apakah warna itu hitam, merah, pirang, coklat atau warna apa pun di antaranya. Pigmen ini, yang ditemukan dalam folikel rambut, atau selubung dan jaringan yang mengelilingi akar rambut, merupakan bahan dalam proses pembentukan rambut.

Seiring waktu, semakin sedikit melanin tersedia selama pertumbuhan rambut, dan hilangnya pigmen ini menyebabkan rambut menjadi abu-abu, perak dan akhirnya putih. Rambut abu-abu atau perak disebabkan oleh tingkat pigmen yang rendah, atau ilusi yang diciptakan oleh campuran rambut putih dan gelap di kulit kepala.

Berikut penyebab rambut putih di usia muda yang dilansir dari Live Strong:

1 dari 4 halaman

Genetika

modifikasi genetika canggih dari ilmuwan china

©2018 Merdeka.com

Beruban prematur didefinisikan sebagai hilangnya pigmen rambut yang terjadi sebelum usia 20 di Kaukasia, sebelum usia 25 di Asia, dan sebelum usia 30 di Afrika, menurut review Juni 2017 di "Pigment International."

Meskipun mekanisme yang mendasari masih belum jelas, penjelasan paling umum untuk pemutihan dini atau uban adalah genetika. Misalnya, gen Anda dapat menyebabkan kerusakan pada sel yang memproduksi melanin, atau menghentikan produksi melanin ini pada usia dini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Autoimun

Gangguan autoimun tertentu dapat menyebabkan rambut memutih, atau dapat menciptakan ilusi rambut yang memutih. Laporan kasus telah menentukan rambut yang tumbuh kembali setelah kulit kepala dipengaruhi oleh alopecia areata, suatu kondisi yang menyebabkan bercak-bercak bulat rambut rontok, dapat mengalami depigmentasi, atau putih.

Alopecia totalis, suatu bentuk alopecia areata yang menyebabkan rambut rontok total, terkadang dapat mempengaruhi rambut berpigmen secara selektif, hanya menyisakan rambut putih di tempatnya.

Vitiligo adalah kelainan autoimun lain yang menyebabkan sel-sel pembuat pigmen dihancurkan. Meskipun kondisi ini sering mempengaruhi kulit, itu juga dapat menyebabkan bercak-bercak rambut putih.

3 dari 4 halaman

Penyebab lainnya

ilustrasi penyakit tiroid

©health.clevelandclinic.org

Beruban prematur lebih jarang dikaitkan dengan kondisi medis lainnya. Menurut ulasan Agustus 2013, gangguan tiroid, sindrom penuaan dini atau efek samping obat dapat menyebabkan hilangnya pigmen rambut. Kekurangan vitamin B12, tembaga, serta malnutrisi parah telah dikaitkan dengan uban prematur atau hilangnya pigmen rambut, yang mungkin dapat dibalikkan.

Zat besi, asam folat dan vitamin D3 juga berperan dalam pigmentasi rambut, dan peran nutrisi ini dalam kehilangan warna dini sedang diselidiki. Merokok adalah penyebab potensial lain dari rambut beruban prematur. Stres telah lama dianggap sebagai penyebab pemutihan rambut secara tiba-tiba atau dini, tetapi kehilangan warna tidak terjadi pada helai rambut yang ada.

Stres yang parah lebih cenderung menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan, menurut American Academy of Dermatology.

4 dari 4 halaman

Tindakan Pencegahan dan Langkah Selanjutnya

Beruban prematur atau memutihkan rambut biasanya disalahkan pada genetika, dan seringkali tidak berhubungan dengan kondisi medis. Karena warna rambut putih, perak dan bahkan abu-abu menjadi lebih trendi dan bergaya, banyak orang memilih untuk merangkul perubahan warna rambut mereka.

Namun, mewarnai atau mewarnai rambut Anda adalah sebuah pilihan adalah Anda tidak siap untuk menjadi putih atau abu-abu. Jika Anda mulai beruban sebelum waktunya, dan itu tidak berlaku di keluarga Anda, atau jika Anda tiba-tiba berubah warna rambut atau kerontokan rambut yang berlebihan, diskusikan gejala dan kekhawatiran Anda dengan dokter Anda.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini