Menara Pandang Tele, Spot Terbaik Nikmati Eksotisme Danau Toba

Selasa, 31 Maret 2020 19:09 Reporter : Fatimah Rahmawati
Menara Pandang Tele, Spot Terbaik Nikmati Eksotisme Danau Toba Menara Pandang Tele, Spot Terbaik Nikmati Eksotisme Danau Toba. jejakpiknik.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Danau Toba adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sangat terkenal. Danau Toba telah menjadi warisan wisata yang menjadi salah satu identitas Indonesia di mata dunia.

Danau ini terletak di Sumatera Utara. Danau Toba dikelilingi oleh tujuh kabupaten dan memiliki banyak sisi yang bisa dinikmati. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba adalah melihatnya dari Menara Pandang Tele.

Jika Anda berkunjung ke Danau Toba, tidak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi menara ini. Menara Pandang Tele ini ramai di kunjungi wisatawan karena dari menara ini wisatawan bisa melihat pemandangan Danau Toba yang indah secara keseluruhan.

Dari atas menara, Anda bisa melihat panorama Danau Toba dan sekitarnya dari kejauhan dan sebagian daratan Pulau Samosir. Di sisi sebelah kiri terdapat Gunung Pusuk Buhit yang legendaris dan dari sisi sebelah kanan, Anda akan melihat barisan pegunungan yang menjulang dan rumah penduduk di kaki gunung dan dari ketinggian menara tampak Danau Toba yang biru.

1 dari 5 halaman

Puncak Terbaik Menikmati Danau Toba

menara pandang tele spot terbaik nikmati eksotisme danau toba

Sumber: pariwisatasumut.net 2020 Merdeka.com

Seperti yang dilansir dari laman pariwisatasumut.net, Menara Pandang Tele ini sering kali disebut sebagai puncak terbaik jika wisatawan ingin menikmati keindahan Danau Toba secara keseluruhan.

Menara pandang ini memiliki puncak menara yang terdiri dari empat lantai. Dari menara pandang ini wisatawan dapat melihat ke segala penjuru Danau Toba, mulai dari jajaran perbukitan pinus yang mengitari Toba hingga permukaan danau di kejauhan yang tentunya pemandangannya sangat indah.

2 dari 5 halaman

Terdapat Rest Area yang Manjakan Wisatawan

Tingginya kunjungan wisatawan ke Menara Pandang membuat destinasi ini mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Saat ini, sudah ada amenitas pariwisata berupa fasilitas rest area yang bisa dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke menara pandang ini.

Rest area yang terdapat di Menara Pandang Tele ini bisa dibilang cukup unik karena hampir keseluruhan dindingnya terbuat dari kaca transparan sehingga wisatawan bisa melihat pemandangan Danau Toba secara langsung dari dalam ruangan. Selain itu, wisatawan juga bisa beristirahat dan bersantai sambil menikmati beragam kuliner khas Batak yang ada di rest area ini.

Luas rest area Tele yang terdiri dari 2 lantai ini mencapai 214 meter dan memiliki kapasitas hingga 40 orang. Rest area ini juga dilengkapi beberapa fasilitas seperti mushola, kamar mandi yang jumlahnya cukup banyak, dan balkon.

3 dari 5 halaman

Sejarah Menara Pandang Tele

menara pandang tele spot terbaik nikmati eksotisme danau toba

Sumber: jejakpiknik.com 2020 Merdeka.com

Menara Pandang Tele dibangun ketika Samosir masih menjadi bagian dari pemerintahan Kabupaten Tapanuli, tepatnya pada tahun 1988. Bangunan ini kemudian diresmikan oleh drg. Sinaga yang saat itu menjabat sebagai Bupati.

Namun, setelah dimekarkannya Tapanuli Utara menjadi 3 kabupaten, yakni Tobasa dan Samosir, membuat Menara Pandang Tele kini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Samosir.

Penyediaan fasilitas sekaligus pengembangan Menara Pandang Tele ini baru dimulai pada 2018 lalu ketika Danau Toba dan "Negeri Indah Kepingan Surga" menjadi bagian dari skala prioritas pariwisata nasional.

4 dari 5 halaman

Rute Menuju Lokasi

Menara Pandang Tele terletak di Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Jika Anda menempuh perjalanan dari Medan, maka rute yang bisa Anda lewati adalah Kabanjahe - Sidikalang (Simpang 4) - Tele. Rute ini bisa Anda ditempuh dalam 4,5 jam perjalanan dengan jarak sekitar 168 km.

5 dari 5 halaman

Tiket Masuk Menara Pandang Tele

Jika Anda hanya ingin singgah sejenak dan menikmati pemandangan sekitar, Anda tidak akan dikenakan biaya retribusi alias gratis. Tetapi jika Anda ingin naik ke menara maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per orang.

Wah, tentu jumlah tersebut tergolong murah jika dibandingkan dengan keindahan alam Danau Toba yang bisa Anda nikmati disini.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini