Macam-Macam Lomba 17 Agustus yang Lucu dan Seru, Bisa jadi Inspirasi

Rabu, 17 Agustus 2022 07:30 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Macam-Macam Lomba 17 Agustus yang Lucu dan Seru, Bisa jadi Inspirasi Perlombaan di Hari Kemerdekaan ke-73 Myanmar. ©2021 REUTERS/Shwe Paw Mya Tin

Merdeka.com - Macam-macam lomba 17 Agustus sekarang menjadi pertanyaan yang dicari oleh banyak orang. Agustus adalah bulan di mana Indonesia merdeka. Di bulan ini biasanya masyarakat Indonesia merayakannya dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang sampai sekarang masih dipakai dan terbukti sangat menghibur adalah mengadakan lomba 17 Agustus.

Ada banyak sekali macam-macam lomba 17 Agustus. Saking banyaknya, orang-orang bisa memilih sebagian kecil dari lomba tersebut untuk digunakan. Lomba 17 Agustus adalah lomba yang sangat seru dan menyenangkan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui lebih lanjut tentang macam-macam lomba 17 Agustus yang bisa Anda praktikkan.

Oleh karena itu, kali ini Merdeka.com merangkum macam-macam lomba 17 Agustus yang lucu dan seru sebagai referensi yang bisa Anda lakukan di lingkungan RT sampai di lingkungan sekolah. Berikut ulasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Lomba Makan Kerupuk

Macam-macam lomba 17 Agustus yang bisa Anda praktikkan adalah lomba makan kerupuk. Lomba makan kerupuk adalah jenis lomba yang khas untuk lomba Agustusan. Setiap bulan Agustus, lomba ini tidak akan pernah absen dari list lomba 17 Agustus.

Cara mainnya adalah, satu kerupuk diikat dan digantung dengan tali. Peserta lomba kemudian diminta untuk memakan kerupuk yang digantung tersebut dengan berdiri tanpa menggunakan tangan. Kerupuk adalah makanan yang sangat ringan. Jadi peserta akan kesulitan dalam memakan kerupuk jika kerupuknya tertiup angin.

Lomba Panjat Pinang

Macam-macam lomba 17 Agustus kedua yang bisa Anda praktikkan adalah lomba panjat pinang. Lomba panjat pinang adalah lomba yang dilakukan dengan memanjat sebuah pohon pinang untuk mendapatkan hadiah di atasnya. Lomba ini juga merupakan salah satu lomba yang khas untuk lomba Agustusan.

Cara mainnya adalah, sebuah pohon pinang berdiri tegak, di bagian atas diberikan macam-macam hadiah. Untuk menambah keseruan, panitia biasanya akan memberikan bahan pelicin supaya peserta kesulitan untuk memanjatnya. Peserta yang bisa sampai ke atas pohon, dipersilakan untuk mengambil semua hadiah yang sudah terpasang.

3 dari 4 halaman

Lomba Tarik Tambang

Lomba tarik tambang juga merupakan macam-macam lomba 17 Agustus. Lomba ini juga khas, dan jarang sekali ditemui ketika tidak di bulan Agustus. Lomba ini biasanya terkenal dengan lomba yang diikuti laki-laki. Akan tetapi, siapa sangka, lomba tarik tambang kini juga kerap diikuti oleh perempuan, terutama ibu-ibu

Cara mainnya adalah, peserta lomba dibagi menjadi dua kelompok. Mereka masing-masing akan diberikan ujung tambang. Setelah pengadil meniupkan peluit, maka masing-masing kelompok harus kompak bekerja sama untuk menguatkan tarikannya dan memenangkan lomba.

Lomba Balap Karung

Lomba yang juga khas dengan momen 17 Agustus adalah lomba balap karung. Lomba balap karung adalah lomba balapan yang setiap peserta, kakinya dibungkus dengan karung. Lomba ini mampu melatih kecepatan dan semangat bagi para peserta sehingga dapat menimbulkan kemeriahan dari penonton.

Cara mainnya adalah, setiap peserta diharuskan untuk memakai karung di kakinya. Ketika pengadil sudah meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, peserta harus melompat sampai ke garis finish. Siapa yang paling cepat sampai, dialah pemenangnya.

Lomba Memindahkan Tepung

Selanjutnya adalah lomba memindahkan tepung. Lomba ini adalah lomba yang kerap menimbulkan tawa bagi para penonton. Hal ini karena peserta pasti merasakan kesulitan dalam memindahkan tepung. Selain itu, kesulitan memindahkan tepung tersebut akan mengakibatkan peserta dilumuri oleh tepung. 

Cara mainnya adalah, peserta terdiri dari kelompok dan duduk berbaris. Setiap peserta akan diberikan wadah. Peserta paling depan akan diberikan tepung yang terisi penuh di dalam wadahnya.

Ia kemudian diperintahkan untuk memberikan tepung itu ke teman di belakangnya tanpa boleh melihat. Begitu seterusnya. Siapa yang paling banyak menyisakan tepung di wadah. Dialah pemenangnya.

4 dari 4 halaman

Lomba Gebuk Bantal

Macam-macam lomba 17 Agustus yang juga bisa Anda pakai untuk memeriahkan bulan kemerdekaan adalah lomba gebuk bantal. Lomba gebuk bantal ini biasanya membutuhkan sebuah kolam air atau juga bisa kolam lumpur. Ini adalah salah satu lomba yang pasti mengundang gelak tawa penonton, karena lomba ini sangat seru dan kocak.

Cara mainnya adalah, sebuah kolam disiapkan dan di atas kolam tersebut diberikan satu bambu yang melintang. Peserta kemudian diminta untuk duduk di atas bambu tersebut dan saling pukul dengan menggunakan bantal. Siapa yang bisa bertahan dia pemenangnya.

Lomba Memasukkan Paku dalam Botol

Selanjutnya, macam-macam lomba 17 Agustus yang juga seru dan mengasyikkan adalah lomba memasukkan paku ke dalam botol. Lomba ini adalah jenis lomba yang juga bisa melatih keseimbangan dan kesabaran. Meskipun terlihat mudah, akan tetapi tidak semua orang bisa memasukkan paku ke dalam botol dengan paku yang ditali di pinggang.

Cara mainnya adalah, sebuah paku ditali dengan menggunakan tali dan ditempelkan ke pinggang peserta, talian paku tersebut kemudian yang dipakai oleh peserta untuk dimasukkan ke dalam botol. Jadi, peserta harus jongkok untuk memasukkannya. Siapa yang paling cepat memasukkan, maka dialah pemenangnya.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini