Dubes India Ingin Lanjutkan Program Sister City Chennai-Medan, Ini Faktanya

Jumat, 5 Maret 2021 11:37 Reporter : Fatimah Rahmawati
Dubes India Ingin Lanjutkan Program Sister City Chennai-Medan, Ini Faktanya Dubes India Ingin Lanjutkan Program Sister City Chennai-Medan, Ini Faktanya. Instagram/@bobbynst ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti melakukan kunjungan resmi kenegaraan ke Sumatra Utara (Sumut). Ia bertemu Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman pada Kamis (4/3).

Dalam pertemuan itu, Manoj mengatakan, Pemerintah India ingin melanjutkan program kerja sama sister city atau Kota Kembar Chennai dan Medan.

"Kami ingin melanjutkan 'sister city' antara Kota Chennai dan Kota Medan. Semoga ini dapat tercapai dengan dukungan Wali Kota Medan saat ini, sehingga terjalin hubungan yang menguntungkan bagi kedua kota," ucap Manoj pada Kamis (4/3).

Melansir dari ANTARA, berikut informasi selengkapnya.

2 dari 5 halaman

Upaya Mempererat Hubungan Dua Negara

dubes india ingin lanjutkan program sister city chennai medan ini faktanya
Instagram/@bobbynst ©2021 Merdeka.com

Manoj menjelaskan, pihaknya mengharapkan hubungan antara Chennai yang merupakan ibu kota negara bagian Tamil Nadu di India dengan Medan yang merupakan ibu kota Provinsi Sumut di Indonesia dapat menjadi lebih erat.

3 dari 5 halaman

Di Medan Ada Kampung India

bobby nasution dapat dukungan golkarBobby Nasution ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyambut baik hal ini. Ia mengatakan, Kota Medan merupakan kota yang memiliki banyak etnis dengan keanekaragaman budaya dan tradisi, salah satunya etnis India.

Di kota ini terdapat daerah yang ditinggali oleh mayoritas etnis Tamil India, yaitu Kampung Madras.

4 dari 5 halaman

Tawarkan Beasiswa

dubes india ingin lanjutkan program sister city chennai medan ini faktanyainfosumut.id ©2021 Merdeka.com

Sebelumnya, Manoj juga bertemu dengan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah di Rumah Dinas Wagub Sumut di Jalan Teuku Daud Medan pada Rabu (3/3).

Musa mengatakan, Pemerintah India juga menyediakan program beasiswa baik kepada mahasiswa maupun jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

“Ada program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah India, baik bagi mahasiswa maupun pemerintah, ini juga salah satu peluang karena kita ingin juga meningkatkan SDM masyarakat, dengan kualitas SDM yang baik, kita bisa juga berkompetisi ke depan dan juga membantu mengelola potensi daerah kita,” jelas Musa.

5 dari 5 halaman

Jadikan Lokasi Film Bollywood

Selain itu, Manoj juga mengagumi keindahan alam di Sumut. Ia ingin Sumut menjadi salah satu lokasi dalam Industri Film India yang dikenal dengan Bollywood.

“Kita ingin keindahan Sumatra Utara bisa tampil lebih banyak lagi di dalam Industri Perfilman India agar 1.3 miliar penduduk India bisa melihat Sumatera Utara. Kita akan minta sutradara dan produser India untuk bisa datang ke sini dan melihat potensinya. Hal ini kita harapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dari India ke Sumut,” jelas Manoj.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini