Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Setelah Iqomah Lengkap Latin dan Artinya, Perlu Diketahui

Doa Setelah Iqomah Lengkap Latin dan Artinya, Perlu Diketahui ilustrasi adzan. dream.co.id

Merdeka.com - Sebagai seorang Muslim, shalat adalah ibadah yang wajib dilakukan sebagai bentuk ketaatan diri kepada Allah SWT. Ganjaran atas pelaksanaan shalat sangat tinggi, terutama apabila dilakukan bersama-sama atau berjemaah.

Shalat fardhu atau shalat wajib dilakukan lima kali dalam sehari dengan waktu yang berbeda-beda. Ada penanda waktu shalat yang disebut azan, yang dikumandangkan oleh seorang muadzin.BACA JUGA: Doa Setelah Iqomah, Beserta Lafaz Dan Cara Menjawabnya

Ketika azan berkumandang, biasanya ada doa yang dipanjatkan. Kemudian tak lama kemudian dikumandangkan iqomah. Iqomah atau qomat merupakan sebuah kumandang yang menandakan bahwa ibadah shalat akan segera dimulai.

Ketika iqomah dikumandangkan, maka jemaah shalat harus bersiap merapikan shaf shalat sebelum melaksanakan shalat jemaah yang nantinya dipimpin oleh seorang imam. Sama seperti adzan, ketika iqomah berkumandang maka disunnahkan untuk memanjatkan doa.

Doa setelah azan dan iqomah tertera dalam sebuah hadits yang berbunyi sebagai berikut:Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara azan dan iqomah, maka berdoalah (kala itu)." (HR. Ahmad, shahih)

Berikut merdeka.com merangkum bacaan iqomah dan doa setelah iqomah:

Bacaan dan Doa Setelah Iqomah

Bacaan Iqomah

اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar.

أَشْهَدُ اَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّااللهُ

Asyhadu allaa ilaaha illallaah.

اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Asyhadu anna Muhammadar rasuulullaah.

حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ

Hayya ‘alash shalaah.

حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ

Hayya ‘alal falaah.

قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ ،قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ

Qad qaamatish shalaah, qad qaamatish shalaah.

اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar.

لَاإِلٰهَ إِلاَّاللهُ

Laailaaha illallaah.

Doa Setelah Iqomah

اللّٰهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآتِهِ سُؤْلَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Allahumma Rabba hadzihi ad-da’wati at-tâmmati, wa ash-shalâti al-qâimati, shalli ‘ala sayyidina muhammadin wa âtihi su’lahu yaumal qiyâmah.

Artinya: "Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, rahmatilah Nabi Muhammad dan berikan padanya permintaannya di hari kiamat."

Bahkan terdapat bacaan doa yang dapat dipanjatkan umat Islam di sela waktu antara adzan dan iqomah. Apalagi mengingat bahwa waktu ini, diyakini sebagai waktu yang mustajab dan baik. Berikut doanya:

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِيْ الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Allahumma innî as-alukal-'âfiyah fid-dunya wal-âkhirah

Artinya: "Ya Allah, aku mohon pada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat"

Usai membaca doa setelah iqomah, bisa dilanjutkan dengan membaca ayat kursi.

اللهُ لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِيْ السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allâhu lâ Ilâha illa Huwal hayyul qayyumu. Lâ ta'khudzuhû sinatuw wa lâ naûm. laHû mâ fissamâwâti wa mâ fil ardhi. man dzal ladzii yasfa'u 'indahû illâ bi idznihi. ya'lamu mâ baina aidiihim wa mâ khalfahum. wa lâ yuhithûna bi syai-in min 'ilmihii illâ bi mâsyâ-a. wasi'a kursiyyuhussamâwâti wal ardha. wa lâ ya-udhû hifzhuhumâ wahuwal 'aliyyul azhiim.

Artinya: "Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan dibelakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Adapun bacaan azan dan doa setelah azan adalah sebagai berikut.

Bacaan dan Doa Setelah Azan

Bacaan Azan

اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar. (2 kali)

أَشْهَدُ اَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّااللهُ

Asyhadu allaa ilaaha illallaah. (2 kali)

اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Asyhadu anna Muhammadar rasuulullaah. (2 kali)

حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ

Hayya ‘alash shalaah. (2 kali)

حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ

Hayya ‘alal falaah. (2 kali)

اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar.

لَاإِلٰهَ إِلاَّاللهُ

Laailaaha illallaah.

Doa Setelah Azan

Usai adzan berkumandang, baca shalawat Nabi Muhammad SAW, yang berbunyi:

 اللهم صل على سيدنا محمد

Allahumma shalli 'ala sayyidana Muhammad.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Muhammad.”

Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa setelah adzan.

اللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَـامُحَمـَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا المَحْمُودًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allâhumma Rabba hâdzihid-da'wati at-tâmmati, wash-shalâtil-qâimati, âti sayyidanâ Muhammad al-washilah wal fadlîlah, wad-darajatar rafî’ah wab’atshu maqâman mahmûdan alladzî wa’adtah, innaka lâ tukhliful-mî'âd

Artinya: "Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, karuniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau Janjikan, sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang."

Tujuan Iqomah

Iqomah dikumandangkan sebagai panggilan kedua untuk memulai shalat berjamaah setelah adzan. Iqomah memiliki beberapa tujuan yang sangat penting dalam kehidupan seorang Muslim. Berikut adalah beberapa tujuan atau manfaat dari iqomah:

1. Mengingatkan waktu shalat

Iqomah diumandangkan sebagai pengingat agar umat Muslim mengetahui bahwa waktu shalat telah tiba. Dengan mendengar iqomah, umat Muslim diingatkan untuk menghentikan semua aktivitasnya dan bersiap-siap untuk melaksanakan shalat. Iqomah memainkan peran penting dalam memastikan umat Muslim tidak melewatkan waktu shalat yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

2. Mempersiapkan diri untuk shalat

Iqomah juga memberikan waktu yang cukup bagi umat Muslim untuk mempersiapkan diri sebelum memulai shalat. Saat iqomah dikumandangkan, umat Muslim disarankan untuk melipat baju, membersiapkan sajadah, dan melakukan beberapa persiapan lainnya sebelum mulai shalat. Iqomah memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk fokus dan menyatukan pikiran mereka sebelum memasuki ibadah shalat.

3. Menguatkan rasa kehadiran Allah

Iqomah juga memiliki tujuan untuk menguatkan rasa kehadiran Allah dalam kehidupan seorang Muslim. Dengan mendengar iqomah dan meresponsnya dengan segera, umat Muslim diingatkan untuk memfokuskan pikiran dan hati mereka pada ibadah shalat. Iqomah mengingatkan kita bahwa kita sedang berkomunikasi langsung dengan Allah, dan oleh karena itu, kita harus hadir dengan sepenuh hati dan kesadaran.

4. Menjalin persatuan dan kedisiplinan

Iqomah juga memiliki peran penting dalam menjalin persatuan dan kedisiplinan dalam umat Muslim. Ketika iqomah dikumandangkan, semua umat Muslim yang berada di tempat ibadah akan berkumpul dan berbaris rapi dalam shaf-shaf berjamaah.

Iqomah mengingatkan kita tentang pentingnya kedudukan yang sama dan perlunya menjaga kesatuan dalam melakukan ibadah. Iqomah juga memberikan kedisiplinan bagi setiap individu untuk mengikuti langkah-langkah tertentu dan memulai shalat bersama-sama. (mdk/amd)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa setelah Sholat Tahajud Arab, Latin, dan Artinya, Baik Diamalkan
Doa setelah Sholat Tahajud Arab, Latin, dan Artinya, Baik Diamalkan

Usai mendirikan sholat sunnah tahajud, ada baiknya untuk duduk sebentar dan mengamalkan bacaan doa setelah sholat tahajud dan dzikir.

Baca Selengkapnya
Doa Makan Sahur Arab Latin dan Terjemahannya, Wajib Dihafalkan
Doa Makan Sahur Arab Latin dan Terjemahannya, Wajib Dihafalkan

Selain mempersiapkan diri agar lebih kuat selama menjalankan ibadah puasa, sahur juga memiliki banyak keutamaan.

Baca Selengkapnya
Doa Iftitah Latin dan Artinya, Pahami Hukum dan Keutamaannya
Doa Iftitah Latin dan Artinya, Pahami Hukum dan Keutamaannya

Doa iftitah adalah amalan sunah yang memiliki banyak keutamaan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa I’Tidal Latin dan Artinya, Ketahui Syarat-Syaratnya
Bacaan Doa I’Tidal Latin dan Artinya, Ketahui Syarat-Syaratnya

I’tidal adalah gerakan berdiri tegak yang dilakukan ketika bangun dari ruku’. Dalam gerakan ini, terdapat bacaan doa I’tidal yang perlu dilafalkan.

Baca Selengkapnya
Doa Selesai Makan Latin dan Artinya beserta Adab-adabnya
Doa Selesai Makan Latin dan Artinya beserta Adab-adabnya

Umat muslim dianjurkan untuk selalu berdoa setiap hendak atau selesai melakukan aktivitas. Salah satunya ketika selsai menyantap makanan dan minuman.

Baca Selengkapnya
Doa Malam Lailatul Qadar Menyebut Nama-Nya, Perlu Diamalkan Umat Muslim
Doa Malam Lailatul Qadar Menyebut Nama-Nya, Perlu Diamalkan Umat Muslim

Doa Malam Lailatul Qadar Menyebut Nama-Nya ini bisa diamalkan umat muslim di malam yang penuh keistimewaan ini,

Baca Selengkapnya
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam

Usai melaksanakan sholat tahajud, ada baiknya Anda duduk sebentar untuk berzikir dan membaca doa sholat tahajud.

Baca Selengkapnya
Doa Surat Al-Waqiah dan Keutamaan Membacanya, Lafalkan Selalu
Doa Surat Al-Waqiah dan Keutamaan Membacanya, Lafalkan Selalu

Usai membaca surat Al-Waqiah, dianjurkan agar memanjatkan doa ini untuk melengkapi amalannya.

Baca Selengkapnya
Doa sebelum Makan dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim
Doa sebelum Makan dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim

Doa sebelum makan memiliki kedudukan yang sangat penting dalam ajaran Islam, mencerminkan nilai-nilai spiritual, rasa syukur, dan kesadaran akan karunia Allah.

Baca Selengkapnya