Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah, Bantu Lembapkan Kulit

Minggu, 11 Juli 2021 16:53 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah, Bantu Lembapkan Kulit Ilustrasi minyak zaitun. ©Pixabay/Couleur

Merdeka.com - Minyak zaitun adalah komponen utama dari diet Mediterania. Minyak ini kaya akan antioksidan. Lemak utama yang dikandungnya adalah asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), yang oleh para ahli dianggap sebagai lemak yang menyehatkan.

Antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan dan penyakit. Meski minyak zaitun extra virgin memiliki rasa pahit, tetapi memiliki kandungan antioksidan lebih banyak daripada jenis lainnya, karena paling sedikit diproses.

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga sering digunakan sebagai bahan dalam produk pencuci muka, seperti kosmetik yang berbahan dasar minyak zaitun. Minyak zaitun juga dapat ditemukan di beberapa sabun mandi dan losion.

Manfaat yang diberikan minyak zaitun untuk wajah tidak lepas dari kandungan vitamin E, K, dan zat besi yang ada di dalamnya. Ditambah, minyak zaitun juga dikenal sebagai sumber polifenol yang sangat baik.

Agar bisa mendapatkan manfaatnya, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah. Oleh karena itu, kami telah merangkum bagaimana cara menggunakan minyak zaitun tersebut, beserta manfaat apa yang bisa kita dapatkan dari minyak ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Zaitun

Melembapkan Kulit Wajah

Dilansir dari Liputan6.com, minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin E, di mana kedua kandungan ini sangat baik untuk kelembapan kulit wajah. Kelembapan ini bahkan bisa bertahan selama beraktivitas seharian.

Seperti yang Anda tahu bahwa kulit lembap merupakan ciri kulit yang sehat. Dengan menjaga kulit wajah tetap lembap, akan membantu Anda terhindar dari berbagai masalah kulit lain. Begitu juga perawatan kulit wajah menjadi lebih mudah diterapkan. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada wajah secara rutin agar dapat merasakan manfaatnya.

ilustrasi minyak zaitun
©Pixabay/stevepb

Pembersih Alami

Anda bisa menghilangkan berbagai jenis riasan wajah dengan minyak zaitun. Bahkan tidak hanya wajah bersih saja yang Anda dapatkan, tetapi juga kulit wajah yang sehat karena minyak zaitun juga membantu menutrisi kulit dari dalam.

Cobalah untuk mengoleskan minyak zaitun pada wajah dan pijat dengan lembut. Kemudian bilas dengan handuk yang direndam air hangat. Jika tidak menemukan minyak murni, gunakan sabun dengan kandungan minyak zaitun.

3 dari 5 halaman

Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori besar di area wajah merupakan salah satu masalah yang tidak disukai. Kondisi ini dinilai mengganggu penampilan dan menjadi penyebab munculnya masalah pada wajah. Ini karena berbagai macam partikel kecil bisa masuk dan menimbulkan minyak serta komedo. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada area wajah yang berpori besar dan berminyak.

ilustrasi wajah cantik©2013 Merdeka.com/Shutterstock/aslysun

Menghaluskan Wajah

Minyak zaitun bisa digunakan untuk menghaluskan wajah. Anda juga akan mendapatkan hasil yang optimal jika mencampurnya dengan buah pepaya. Jadikan kedua bahan ini sebagai masker untuk hasil maksimal. Enzim papain yang ada dalam pepaya dianggap mampu membantu meregenerasi kulit.

Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan juga turut membantu menutrisi, melembapkan kulit, dan menghaluskan wajah Anda. Pepaya dapat menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah bisa dengan langkah berikut:

  • Haluskan buah pepaya
  • Campur dengan 2 sdm minyak zaitun
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air hangat
4 dari 5 halaman

Mengencangkan Kulit Wajah

Minyak zaitun memiliki kandungan berupa zat linoleic acid. Zat ini dinilai dapat membantu menjaga kadar air pada kulit wajah Anda. Sehingga berbagai masalah penuaan pada wajah seperti seperti keriput dapat diatasi dengan lebih mudah.

Antioksidan dalam minyak zaitun juga berperan untuk membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Anda bisa membuat minyak ini menjadi masker. Campurkan minyak zaitun dan madu, kemudian aplikasikan pada wajah hingga mengering. Pijat sebentar dan cuci muka dengan air hangat.

Bisa juga dengan membuat masker dengan campuran lemon. Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan jus lemon, dan sejumput garam. Lakukan pemijatan wajah dan ulangi sebanyak tiga kali seminggu.

Memutihkan Wajah

Kulit wajah yang putih bersinar merupakan dambaan para kaum hawa, dan dengan minyak zaitun, Anda akan mendapatkannya. Senyawa polifenol yang ada di dalam minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk membeli produk pemutih wajah. Cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka wajah cerah dan putih alami akan didapatkan.

5 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah

Kulit Wajah Berjerawat

Minyak zaitun memiliki tekstur kental yang dapat memicu timbulnya jerawat. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan jika hendak digunakan oleh seseorang yang sedang berjerawat.

Oleh karena itu, cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah bisa dengan mengaplikasikan minyak zaitun ke wajah dan pijat selama beberapa menit. Kemudian letakkan handuk hangat ke wajah selama beberapa menit. Lakukan hingga minyak zaitun benar-benar terangkat. Pastikan bahwa minyak zaitun benar-benar bersih agar tidak menyumbat pori-pori wajah.

ilustrasi jerawat di dekat bibir©Shutterstock

Kulit Wajah Orang Tua

Bagi kulit wajah orang tua, minyak zaitun dapat membantu menangkal radikal bebas. Jadi bagi orang tua, cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah bisa dengan mengoleskannya sebelum tidur. Diamkan semalaman dan bilas pada keesokan paginya. Akan lebih baik lagi jika Anda mencampur minyak zaitun dengan perasan lemon. Pijat ketika sudah diaplikasikan pada wajah untuk menyamarkan keriput.

Kulit Wajah Berminyak

Minyak zaitun memang sangat efektif untuk kulit berminyak. Ini karena minyak zaitun dapat membantu mengontrol kadar minyak hingga jerawat di wajah. Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah bisa dengan mencuci bersih wajah terlebih dulu dan keringkan dengan handuk lembut. Oleskan minyak zaitun ke wajah dan pijat memutar. Lakukan perlahan dengan ujung jari.

Pijat selama 2-3 menit, lalu tidurlah tanpa membilas minyak zaitun. Lalu bilas pada pagi hari dengan air hangat.

Kulit Wajah Kering

Untuk kulit wajah kering, disarankan untuk menggunakan satu atau dua tetes minyak zaitun agar lebih mudah terserap. Lebih baik lagi jika cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah, Anda campur dengan pelembab wajah.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini