Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda, Lemon dan Jeruk Nipis

Jumat, 31 Juli 2020 09:01 Reporter : Ani Mardatila
Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda, Lemon dan Jeruk Nipis Ilustrasi gigi. © SHUTTERSTOCK/SUBBOTINA ANNA

Merdeka.com - Banyak faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putih terang alami. Jika Anda merupakan penikmat kopi, teh, atau anggur merah, sederet minuman lezat ini dapat menodai gigi Anda.

Banyak orang menemukan bahwa senyum yang lebih cerah merupakan dorongan besar bagi kepercayaan diri mereka sehingga menginginkan warna gigi mereka tidak semakin menguning.

Makanan tertentu bisa menodai email Anda, yang merupakan lapisan paling luar dari gigi Anda. Selain itu, penumpukan plak pada gigi Anda dapat menyebabkannya terlihat kuning.

Jenis perubahan warna ini biasanya dapat diobati dengan obat pembersih dan pemutihan biasa. Namun, kadang-kadang gigi terlihat kuning karena enamel keras telah terkikis, memperlihatkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan bertulang kuning alami yang terletak di bawah email.

Untuk membantu memutihkan gigi, Anda hanya perlu soda kue, juga dikenal sebagai soda bikarbonat, bahan yang mungkin sudah Anda miliki di dapur atau lemari es Anda.

Studi yang diterbitkan dalam The Journal of American Dental Association menunjukkan bahwa baking soda adalah bahan penghilang noda dan pemutih yang efektif untuk perawatan mulut.

Berikut cara memutihkan gigi dengan baking soda dan bahan lainnya yang bisa Anda terapkan sendiri:

1 dari 5 halaman

Cara memutihkan gigi dengan baking soda

Soda kue baik untuk memutihkan gigi karena ini merupakan bahan abrasif yang sangat ringan, yang membantu menghilangkan noda dari permukaan gigi Anda. Selain itu, baking soda bersifat basa dan asin, yang membantu meringankan noda makanan berbasis asam, seperti yang berasal dari kopi, teh, dan anggur merah, pada gigi.

Resep DIY untuk Pemutihan Gigi dengan Baking Soda

Dilansir dari Arm & Hammer, metode termudah untuk membantu memutihkan gigi Anda dengan baking soda adalah dengan mencampur sekitar satu sendok makan baking soda dengan sekitar satu sendok makan air dalam mangkuk kecil (kira-kira sama dengan baking soda dan air).

Anda akan membuat pasta kental yang bisa Anda aplikasikan ke gigi Anda dengan jari-jari Anda atau sikat gigi berbulu halus.

Untuk hasil terbaik, sikat sekitar dua menit menggunakan gerakan melingkar dan pastikan untuk melapisi semua gigi Anda dengan pasta. Sikat lembut di sekitar mulut Anda, memukul setiap gigi. Jangan menggosok terlalu keras atau menggunakan terlalu banyak kekuatan.

Setelah dua menit, keluarkan soda kue dan bilas mulut Anda dengan air atau obat kumur. Bilas juga sikat gigi Anda.

Untuk pemutihan yang lebih intens, gantilah hidrogen peroksida topikal yang dijual bebas dengan air dalam resep pemutih gigi soda kue DIY. Solusinya akan menggelembung dan mendesis beberapa saat ketika kedua bahan bergabung. Jika Anda menggunakan soda kue dan metode hidrogen peroksida, simpan pasta pada gigi Anda selama satu menit sebelum dibilas.

Berhati-hatilah untuk tidak menelan pasta dan tanyakan kepada profesional perawatan gigi Anda untuk memastikan perawatan DIY ini cocok untuk Anda.

Pemutih dengan Soda Kue dan Pasta Gigi

Jika Anda sudah memiliki pasta gigi favorit atau rutinitas kebersihan mulut, Anda dapat menambahkan perawatan pemutihan mingguan dengan baking soda untuk membantu menjaga senyum Anda tetap cerah.

Selalu bilas mulut Anda secara menyeluruh setelah memutihkan dengan baking soda dan hidrogen peroksida. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang apakah pemutihan gigi cocok untuk Anda, tanyakan kepada dokter gigi Anda.

2 dari 5 halaman

Cara memutihkan gigi dengan lemon dan jeruk nipis

ilustrasi lemon

©Unsplash/arianka ibarra

Jeruk nipis dan lemon mengandung asam sitrat yang merupakan zat pemutih yang efektif. Untuk menggunakannya, campur setengah sendok teh soda kue ke setengah sendok teh jeruk nipis atau lemon.

Gunakan sikat gigi Anda untuk menyikat gigi dengan campuran. Biarkan campuran selama satu menit sebelum dicuci.

Namun, batasi penggunaan campuran ini karena asam sitrat dapat merusak gigi karena asam yang ditemukan dalam limau dan lemon.

3 dari 5 halaman

Berapa Lama dan Seberapa Sering Anda Boleh Membersihkan Gigi Dengan Soda Kue?

Menurut Hawaii Family Dental, sikat gigi Anda dengan pasta soda kue tidak lebih dari dua menit setiap kali. Paparan baking soda yang lama (abrasif ringan) dapat mengikis email Anda.

Saat Anda menyikat gigi, pastikan untuk menerapkan taktik yang tepat saat Anda menyikat gigi, terutama dengan baking soda.

Setelah itu, bilas mulut Anda dengan air atau obat kumurJangan lupa untuk mencuci sikat gigi dengan saksama.

Anda dapat mengulangi metode baking soda setiap dua hari sekali selama satu atau dua minggu agar gigi dan enamel Anda bisa bernafas dan mencegah erosi enamel.

4 dari 5 halaman

Apa Manfaat Lain Menggunakan Soda Kue pada Gigi?

ilustrasi baking soda

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/jordache

Selain memutihkan gigi, soda kue juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Ini bisa menjadi obat sementara yang lebih murah untuk masalah gigi termasuk bau mulut, sariawan dan bisul, dan penyakit gusi.

Baking Soda untuk Napas Buruk

Baking soda dapat menyeimbangkan kembali kadar asam di dalam mulut Anda, mencegah dan mengobati bau mulut. Cukup larut setengah sendok teh soda kue dalam segelas air. Gunakan campuran ini sebagai pembilas oral.

Baking Soda untuk Luka Mulut dan Bisul

Untuk sariawan dan bisul, larutkan satu hingga dua sendok teh soda kue ke dalam segelas air. Ini akan berfungsi sebagai pembilas oral untuk menenangkan dan membantu dalam proses penyembuhan.

Baking Soda untuk Penyakit Gusi

Soda kue dapat membantu menghalangi akumulasi plak dan membantu menghindari penyakit gusi. Tambahkan sedikit soda kue ke dalam pasta gigi, lalu sikat.

5 dari 5 halaman

Cegah noda gigi sebelum terjadi

Sementara gigi Anda secara alami menguning seiring bertambahnya usia, beberapa hal dapat membantu mencegah noda pada gigi Anda.

Batasi pewarnaan makanan dan minuman

Kopi, anggur merah, soda, dan blackberry terkenal karena pewarnaan gigi.

Itu tidak berarti Anda harus sepenuhnya menghindarinya, tetapi Anda harus membatasi jumlah waktu zat-zat ini bersentuhan dengan gigi Anda.

Jika memungkinkan, minumlah minuman yang diketahui menodai gigi dari sedotan untuk mencegah kontak langsung dengan gigi Anda.

Selain itu, gosok gigi segera setelah mengonsumsi salah satu makanan atau minuman ini untuk membatasi efeknya pada warna gigi Anda.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini