5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Burung Peliharaan, Tingkatkan Kicauan

Selasa, 27 September 2022 11:30 Reporter : Ani Mardatila
5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Burung Peliharaan, Tingkatkan Kicauan Mengkudu. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Markuso

Merdeka.com - Bagi pecinta burung, terutama burung kicau, memperhatikan pakan yang baik sangatlah penting. Umumnya burung peliharaan dan burung kicau merupakan hewan herbivora. Pakan burung peliharaan yang biasa dijual di pasaran meliputi campuran biji-bijian.

Namun, bagi pecinta burung kicau, ada beberapa jenis pakan tambahan yang diperlukan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas kicauan burung kicau.

Buah mengkudu adalah salah satu jenis pakan untuk tersebut. Sebagai suplemen pakan burung, ada banyak manfaat buah mengkudu untuk burung kicau dan burung peliharaan. Berikut beberapa manfaat buah mengkudu untuk burung peliharaan:

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Mengkudu untuk Burung

Membuat Suara Kicauan Burung Kenari Lebih Kencang

Buah mengkudu dipercaya dapat membuat burung kenari akan lebih sering berkicau dan menjadi lebih lantang.

Beberapa manfaat buah mengkudu untuk burung kicauan di antaranya dapat mengatasi suara kenari yang pelan. Para pecinta kenari pasti sudah lama beranggapan bahwa pucuk daun mengkudu yang masih muda bisa mengatasi suara burung yang serak sekaligus membuat suaranya menjadi lebih kristal.

mengkudu
©2014 Merdeka.com/shutterstock/Markuso

Menambah Stamina Burung 

Manfaat buah mengkudu untuk burung peliharaan salah satunya dapat meningkatkan stamina. Stamina yang hilang pada saat burung sedang sakit dapat dikembalikan dengan memberikan buah mengkudu kepada burung peliharaan. Di sisi lain, ramuan dari daun mengkudu diketahui mampu mengembalikan energi yang hilang pada burung.

Selain itu, daun mengkudu juga dapat memberikan rasa tenang dan nyaman pada lovebird. Burung menjadi tidak mudah stres dan staminanya tetap terjaga.

Mengobati Infeksi dan Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat buah mengkudu untuk burung berikutnya yaitu mengobati infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Mengkudu bisa menjadi solusi mengatasi peradangan pada burung serta mempercepat proses penyembuhannya.

Adanya sifat anti inflamasi pada daun mengkudu dapat membasmi bakteri dan virus penyebab peradangan. Perlu diketahui, daun mengkudu ialah daun herbal yang mempunyai khasiat untuk menangkal radikal bebas yang juga dapat menyerang burung.

3 dari 3 halaman

Sebagai Obat Alergi

Seperti yang disebutkan di atas, mengkudu dikenal akan sifat anti bakterinya. Mengkudu tersebut dipercaya mampu mencegah burung dari reaksi alergi pada burung. Alergi itu dapat berupa alergi makanan ataupun polusi udara.

Meningkatkan Produksi Telur Burung atau Unggas

Selain manfaat buah mengkudu sebagai obat dan meningkatkan suara kicauan burung, mengkudu juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi telur burung atau unggas. Pada zaman dulu nenek moyang kita memberikan daun mengkudu kepada unggas, terutama ayam guna mempercepat birahi pada ayam dedara dan mempercepat ayam untuk kembali bertelur.

Mengkudu juga dapat mempercepat proses reproduksi burung dan unggas yang sedang dijodohkan. Manfaat mengkudu yang memberikan stamina dapat memberikan mempercepat produksi telur pada burung. Pemberian mengkudu dan kroto sebagai pakan juga semakin mempercepat proses reproduksinya.

Syarat dalam Terapi Mengkudu untuk Burung

Setelah mengetahui manfaat buah mengkudu untuk burung, tentu Anda akan semakin tertarik untuk memberikan mengkudu sebagai suplemen pakan burung. Namun, memberikan mengkudu sebagai terapi untuk burung peliharaan tidak bisa sembarangan. Anda harus mengetahui syarat-syarat bagi burung untuk dapat diberikan terapi mengkudu.

Berikut beberapa hal penting untuk memberikan terapi mengkudu kepada burung:

  1. Pastikan burung sudah dewasa. Sebab hanya burung dewasa (umur 5–6 bulan lebih) yang dapat diterapi agar cepat rajin berbunyi/gacor.
  2. Burung dalam kondisi fit, tidak sedang sakit, atau kekurangan gizi.
  3. Buah mengkudu hanya diberikan sebagai pendamping, bukan sebagai pengganti pakan dan air minum.

Cara Menyiapkan Buah Mengkudu Untuk Burung

Untuk dapat mendapatkan manfaat buah mengkudu untuk burung peliharaan dengan maksimal, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar terapi mengkudu tersebut berhasil dan hasilnya memuaskan.

Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menyiapkan buah mengkudu untuk burung adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan satu buah mengkudu yang sudah matang, kemudian bersihkan.
  2. Siapkan dua gelas berisi air bersih, kemudian masukkan ke dalam panci.
  3. Masukkan buah mengkudu ke dalam panci, lantas direbus hingga matang.
  4. Air rebusannya nanti akan berubah warna dan tampak seperti mengental. Jika sudah seperti itu, air rebusan diangkat dan didinginkan.
  5. Setelah dingin, air rebusan mengkudu disaring dengan kain bersih untuk diambil airnya saja.
  6. Air rebusan ini bisa diberikan kepada trucukan, ditempatkan dalam cepuk terpisah.
  7. Berikan air rebusan mengkudu selama tujuh hari berturut-turut sambil tetap memperhatikan kualitas airnya.

Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat buah mengkudu untuk burung peliharaan atau kicauan. Pastikan Anda memperhatikan cara menyiapkan buah mengkudu tersebut agar burung dapat berkicau dengan lebih nyaring dan sering. 

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini