5 Cara Membuat Lemper yang Beraneka Rasa dan Menggugah Selera

Rabu, 20 Januari 2021 18:51 Reporter : Ani Mardatila
5 Cara Membuat Lemper yang Beraneka Rasa dan Menggugah Selera Ilustrasi lemper. ©Shutterstock

Merdeka.com - Lemper merupakan jajanan yang terbuat dari ketan. Di dalamnya terdapat isian. Isian lemper dapat berupa abon, daging sapi cincang, atau daging ayam cincang. Lemper umumnya dibungkus dengan daun pisang meski kini adapula yang dibungkus plastik yang menyerupai daun pisang.

Lemper biasa disajikan dalam berbagai acara, seperti resepsi pernikahan, pengajian, arisan, dan khitanan. Lemper juga menjadi bagian dari beberapa upacara adat.

Selain rasanya enak, lemper juga menjadi simbol ajaran-ajaran luhur. Nama lemper mengajarkan pentingnya sikap rendah hati. Lemper merupakan singkatan dari yen dielem atimu ojo memper. Maksudnya adalah ketika mendapat pujian dari orang lain, hati tidak boleh menjadi sombong atau membanggakan diri.

Banyak orang menjadi lupa diri ketika dipuji. Mereka merasa lebih baik daripada orang lain. Melalui lemper, kita diingatkan agar kalau dipuji tetap rendah hati. Berikut merdeka.com merangkum cara membuat lemper beraneka rasa yang menggugah selera dilansir dari brilio:

Baca Selanjutnya: 1 Lemper Ayam...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sumut
  3. Ragam
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini