10 Manfaat Senam Pilates Bagi Kesehatan, Redakan Sakit Punggung hingga Bakar Lemak

Senin, 12 Oktober 2020 16:01 Reporter : Ani Mardatila
10 Manfaat Senam Pilates Bagi Kesehatan, Redakan Sakit Punggung hingga Bakar Lemak Ilustrasi pilates. studiouonline.com

Merdeka.com - Pilates adalah rangkaian gerakan yang lambat, metodis, membutuhkan banyak fokus dan akurasi yang dibarengi dengan pernapasan yang terkontrol.

Karena tidak dianggap kardio, namun dianggap sebagai olahraga dan karena sangat mudah beradaptasi, senam pilates sangat cocok untuk mereka yang baru memulai dunia olahraga atau mereka yang baru pulih dari cedera.

Senam pilates lebih seimbang, lebih banyak pengencangan otot, lebih banyak peregangan, lebih banyak fleksibilitas, lebih banyak koneksi pikiran/tubuh.

Pilates lebih dari sekadar rutinitas olahraga. Ini mengajarkan Anda cara bergerak dan ke mana harus menggerakkan tubuh Anda, misalnya apakah Anda pernah melakukan kram perut dan menderita sakit leher, tanpa atau sedikit perbaikan pada perut Anda? Atau apakah Anda seorang pegolf yang menderita sakit pinggang?

Dalam senam pilates, pelatih berpengalaman akan mengajari Anda cara menggerakkan tubuh dengan benar. Setelah Anda bergerak dengan benar, Anda mendapatkan perut yang bagus dan hasil latihan yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengurangi rasa sakit dengan menggerakkan tubuh secara benar.

Itulah alasan terakhir mengapa metode pilates terus didukung oleh fisioterapis, ahli terapi fisik, ahli osteopati, ahli bedah, dan dokter umum.

Manfaat senam pilates lebih dari sekadar membangun kekuatan inti dan meningkatkan fleksibilitas. Pilates juga dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, menenangkan pikiran, dan bahkan membantu menurunkan berat badan. Berikut manfaat senam pilates selengkapnya yang perlu Anda ketahui dilansir dari Livestrong:

2 dari 5 halaman

Pilates Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat senam pilates yang pertama yaitu dapat meningkatkan kepadatan tulang. Meskipun latihan kekuatan dikenal sebagai pembangun kepadatan tulang, senam pilates juga menawarkan manfaat pembentukan tulang yang mengejutkan. 

Elizabeth Ordway, instruktur Pilates dan pendiri Movement Studio LA. mengatakan, tulang, seperti otot, merespons latihan perlawanan dan menahan beban.

Latihan ketahanan melibatkan otot-otot yang menarik tulang untuk menciptakan ketegangan, yang memperkuat tulang. Dalam kasus senam pilates, resistensi berasal dari pegas reformer dan cincin pilates.

Pilates Bakar Kalori

Manfaat senam pilates tidak akan membakar kalori sebanyak, katakanlah, lari dalam waktu yang sama, tetapi tetap saja pilates  merupakan olahraga penghancur kalori. Menurut penelitian dari IDEA Health and Fitness Association, Anda akan membakar empat kalori per menit di kelas Pilates pemula, enam kalori per menit di kelas menengah dan 7,5 kalori per menit di kelas lanjutan.

Tentu saja, pembakaran kalori yang tepat bergantung pada berat badan, tingkat kebugaran, dan intensitas Anda. Olahraga bahkan lebih efektif bila dipadukan dengan diet sehat.

Pilates Meredakan Sakit Punggung

Manfaat senam pilates juga dapat memperkuat inti untuk menopang punggung, mengajarkan keselarasan yang tepat dan memberikan peregangan lembut untuk otot punggung yang kencang, seperti yang diungkapkan Ordway. 

Pun, senam pilates juga bisa mengatasi ketidakseimbangan mendasar yang sering kali menyebabkan postur tubuh yang buruk dan sakit punggung. Senam pilates khusus untuk memperkuat tulang belakang meliputi roll-up dan swan prep.

3 dari 5 halaman

Pilates Memperkuat Inti Anda

Pekerjaan inti adalah bagian utama dari setiap kelas pilates.  Mimosa Gordon, instruktur Pilates yang berbasis di New York menuturkan bahwa senam pilates adalah latihan seluruh tubuh, tetapi terutama difokuskan pada otot-otot tubuh dan pinggul, alias pembangkit tenaga listrik pilates

Senam pilates memperkuat otot perut, termasuk otot obliques, jauh lebih efektif daripada crunch tradisional. Senam pilates didasarkan pada kontraksi otot perut secara efisien dengan setiap latihan, menurut Christa Gurka, pendiri Pilates di Grove di Miami, Florida.

Misalnya dalam  rangkaian lengan duduk di reformer, Anda harus menjaga perut Anda berkontraksi untuk menahan tulang belakang Anda agar stabil dan melakukan latihan dengan benar. Pilates juga menekankan keselarasan yang benar dan bentuk yang tepat, yang mengharuskan perut Anda bekerja secara efektif.

Pilates Dapat Membantu Mencegah Cedera

Manfaat senam pilates ternyata dapat meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan kekuatan, dan meningkatkan keseimbangan, yang semuanya dapat mengurangi risiko cedera.

Jika Anda dapat meningkatkan kelenturan hamstring Anda, kemungkinan kecil Anda akan cedera punggung saat membungkuk untuk mengambil sesuatu dari lantai. Sebaliknya, membangun kekuatan, berarti kontrol gerakan yang lebih baik, yang juga meminimalkan cedera.

Selain itu, senam pilates unilateral (satu kaki atau satu sisi) meningkatkan keseimbangan dan mengurangi risiko jatuh. Terakhir, senam pilates memberikan kesadaran tubuh untuk menciptakan pola gerakan yang efisien, sehingga mengurangi stres pada sendi, tendon, otot, dan ligamen.

4 dari 5 halaman

Pilates adalah Cross-Training Workout yang Hebat

Jangan menempatkan diri Anda pada risiko cedera akibat penggunaan berlebihan dengan tidak pernah mengganti olahraga Anda, misalnya saja hanya berlari. 

Senam pilates adalah latihan silang yang luar biasa untuk pelari, khususnya karena tekanan saat berlari melewati inti Anda, dan senam pilates adalah latihan inti yang hebat. Pilates juga melatih seluruh gerakan sendi pinggul Anda, yang dapat meningkatkan langkah dan mekanisme lari Anda secara umum.

Senam Pilates Meningkatkan Postur

Duduk di depan meja sepanjang hari dan terus-menerus melihat ke bawah ke smartphone dapat menyebabkan bahu bungkuk dan postur tubuh yang buruk. Seiring waktu, ini menciptakan ketidakseimbangan otot.

Manfaat senam pilates membantu membalikkan efek dari kebiasaan buruk ini dengan menciptakan simetri dan keseimbangan otot yang lebih baik, kata Allison Slapnicka, pemilik Pure Pilates Austin di Austin, Texas.

Senam pilates memaksa Anda untuk melatih hanya satu otot tertentu pada satu waktu, mengisolasi yang mungkin lebih lemah, untuk membangun kembali kekuatan yang hilang dan menciptakan keseimbangan di seluruh tubuh.

Perkembangan inti yang kuat juga memungkinkan Anda untuk bebas bergerak melalui tugas sehari-hari tanpa rasa sakit dan dengan postur tubuh yang lebih baik.

Senam Pilates Membangun Daya Tahan Kardiovaskular

Seperti kebanyakan latihan, manfaat senam pilates bergantung pada intensitas Anda. Gerakan tingkat lanjut seperti pisau lipat dan angkat samping mungkin cukup kuat untuk meningkatkan detak jantung Anda dengan baik di dalam zona target, tetapi latihan tengkurap atau duduk seperti putaran duduk dan lingkaran kaki mungkin intensitasnya terlalu rendah untuk berdampak besar pada Anda. 

5 dari 5 halaman

Senam Pilates Mengurangi Stres

Senam pilates yang baik harus mencakup segmen intensitas tinggi (interval) dan menenangkan, pekerjaan penuh perhatian yang berfokus pada pelepasan ketegangan, menurut  Andrea Marcellus, instruktur Pilates bersertifikat dan penulis The Way In: 5 Winning Strategies to Lose Weight, Get Strong and Lift Your Life.

Dia mengatakan manfaat terbesar senam pilates adalah "prinsip napas." Dengan berfokus pada menghubungkan napas Anda dengan gerakan Anda, Anda membiarkan sistem saraf pusat turun untuk memberikan efek menenangkan.

Anda juga belajar bernapas melalui ketidaknyamanan, yang dapat diterjemahkan menjadi manajemen stres di luar latihan Anda.

Pilates Dapat Membantu Anda Tertidur

Manfaat penghilang stres ini juga dapat diterjemahkan menjadi tidur yang lebih baik. Orang yang sebelumnya tidak banyak bergerak yang berlatih senam pilates dua kali seminggu selama 12 minggu melaporkan peningkatan kualitas tidur (dan kualitas hidup secara keseluruhan) dalam sebuah studi November 2012 di Journal of Bodywork and Movement Therapies.

Ini mungkin karena senam pilates membantu Anda fokus pada masa kini, alih-alih merenungkan pemicu stres masa lalu dan masa depan. “Hadir di dalam ruangan menjadi salah satu bentuk meditasi tanpa harus duduk diam dan diam,” kata Amy Jordan, pendiri WundaBar Pilates

"Kami sering memiliki banyak hal yang terjadi dalam hidup kami dan meluangkan waktu untuk kelas Pilates membantu kami memusatkan kembali baik secara fisik maupun mental."

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini