10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Kamis, 26 Maret 2020 19:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari
10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Sistem Imun Tubuh Ilustrasi bawang merah. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Nata-Lia

Merdeka.com - Bawang merah termasuk salah satu bumbu dapur yang sering kali ditambahkan untuk penyedap rasa makanan. Makanan yang menggunakan bawang merah sebagai bumbu pun seketika akan mendapatkan rasa dan aroma yang lebih segar.

Bukan hanya sebagai bumbu masakan, bawang merah sering kali diiris tipis lalu digoreng garing dan digunakan sebagai taburan di berbagai hidangan menu makanan.

Selain sebagai bumbu penyedap makanan, bawang merah pun mempunyai banyak kandungan bermanfaat untuk tubuh. Bumbu dapur yang satu ini memang sudah dikenal dengan kandungan antibakteri dan antiseptik yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan bawang merah juga dipercaya mampu mencegah hingga mengobati berbagai penyakit. Mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mencegah penyakit kanker.

Berbagai kandungan bawang merah lainnya juga masih menyimpan segudang manfaat untuk kebaikan tubuh. Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan yang patut Anda ketahui.

1 dari 10 halaman

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

011 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pexels

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini didapatkan dari kandungan selenium yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, berbagai ancaman virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih terlindungi dari berbagai serangan penyakit.

2 dari 10 halaman

Menyehatkan Jantung

sehat

www.canadianliving.com

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Bawang merah mempunyai kandungan sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang sangat berguna untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Bukan hanya itu, bawang merang juga mampu mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat. Dengan begitu aliran darah pun akan lancar, sehingga sistem kerja jantung bisa berjalan dengan optimal.

3 dari 10 halaman

Menurunkan Kolesterol

010 magang

2017 istock.com

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Hal ini terbukti pada wanita yang mempunyai kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS), mempunyai tingkat kolesterol jahat yang rendah setelah mengonsumsi bawang merah, dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi bawang merah.

4 dari 10 halaman

Mengatasi Sembelit

ilustrasi anak sembelit

iStock

Bawang merah juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.

Manfaat bawang merah yang satu ini tidak lain karena bawang merah dapat membantu proses pembuangan racun dalam tubuh, sehingga sistem pencernaan akan berjalan lebih lancar. Bagi

Anda yang sedang mengalami masalah sembelit, patut mencoba cara alami ini agar sembelit segera teratasi.

5 dari 10 halaman

Meningkatkan Kepadatan Tulang

ilustrasi tulang kuat

2012 Merdeka.com

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah dapat meningkatkan kepadatan tulang. Dalam hal ini, bawang merah dipercaya mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Bukan hanya itu, bawang merah juga bermanfaat untuk menjaga massa tulang tetap baik dan normal. Selagi masih muda, banyak mengonsumsi bawang merah bisa menjadi pilihan baik untuk menurunkan risiko gangguan tulang dan sendi di masa tua.

6 dari 10 halaman

Mencegah Kanker

Salah satu manfaat bawang merah yang cukup menakjubkan adalah mampu mencegah penyakit kanker. Bukan tanpa alasan, bawang merah mempunyai kandungan quercetin dan antosianin yang dapat bekerja menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

Tidak heran jika jenis bumbu dapur yang satu ini sangat dikenal sebagai obat ampuh untuk penyakit kanker kolon dan payudara.

7 dari 10 halaman

Mengatasi Radang Tenggorokan

ilustrasi sakit tenggorokan

medicalnewstoday.com

Kandungan quercetin yang terdapat dalam bawang merah pun dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi radang tenggorokan.

Kandungan ini dapat bekerja meredakan peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Dengan begitu, bawang merah bisa menjadi pilihan obat alami bagi Anda yang saat ini sedang mengalami gangguan tenggorokan.

8 dari 10 halaman

Memperlancar Sistem Pernapasan

007 siti rutmawati

www3.imperial.ac.uk

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah mampu memperlancar sistem pernapasan. Bawang merah dengan sifat anti-inflamasinya dapat digunakan untuk mengatasi masalah saluran pernapasan seperti asma.

Bagi Anda yang mempunyai gangguan pernapasan, Anda bisa segera mencoba konsumsi bawang merah secara rutin dan lihat perkembangan baiknya.

9 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

032 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay

Bawang merat ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang merah, mampu meningkatkan kesehata mata.

Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung pada bawang merah sangat baik untuk mata. Untuk itu, bawang merah ini baik dikonsumsi sejak dini agar kesehatan mata dapat terjada dengan baik.

10 dari 10 halaman

Meningkatkan Kualitas Tidur

011 tantri setyorini

Pixabay

Bawang merah yang mengandung probiotik cukup tinggi dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stres. Bukan hanya itu, bakteri baik yang terdapat di dalamnya pun mampu merangsang kinerja otak menjadi lebih baik.

Bagi Anda yang mempunyai gangguan tidur, tentu sayang jika melewatkan manfaat bawawng merah yang satu ini.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini