Seberapa Lama Sih Kamu Boleh Memakai Baju Tidurmu Sebelum Mencucinya?

Sabtu, 2 Februari 2019 14:17 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Seberapa Lama Sih Kamu Boleh Memakai Baju Tidurmu Sebelum Mencucinya? Ilustrasi wanita memakai piyama. Shutterstock/Leszek Glasner

Merdeka.com - Baju tidur baik dalam bentuk kaus, piyama, baby doll, atau daster merupakan baju yang biasanya paling nyaman untuk kita gunakan. Saking nyamannya baju ini, terkadang kita bisa menggunakannya berhari-hari untuk tidur dan melakukan aktivitas di rumah.

Sering memakai baju ini menyebabkan kadang baju tidur ini sangat jarang kita cuci. bahkan setelah dicuci dan kering dari jemuran, baju ini langsung kita gunakan dengan nyaman.

Lalu seberapa lama sebenarnya baju tidur yang kita gunakan ini boleh untuk dipakai? Apakah digunakan sekali? dua kali? tau bahkan mungkin sebulan penuh?

Dilansir dari Her, Verity Mann, Head of Testing at the Good Housekeeping Institute menyebut bahwa sebenarnya kamu tidak perlu mencuci baju tidurmu sering-sering. Dia menyebut bahwa setelah kamu gunakan selama seminggu.

"Piyama harusnya dicuci setelah beberapa malam digunakan tidur," jelas Mann.

"Jika kamu mandi sebelum tidur, kamu dapat menggunakan baju tidurmu beberapa hari lebih lama sebelum mencucinua. Saya mengatakan bahwa sebaiknya sekali seminggu, atau setelah tujuh hari," sambungnya.

Eits, tapi tentu saja tidak bisa kamu pukul rata semua baju tidur boleh kamu gunakan selama tujuh hari. Ada kondisi-kondisi yang menyebabkan piyama ini harus kamu gunakan lebih lama.

"Ketika kamu berkeringat saat tidur, maka kamu perlu mengingkatkan hal ini (mencucinya)," jelas Mann.

"Jika seseorang baru selesai sakit, maka kamu harus mencucinya langsung sengan temperatur maksimal yang dibolehkan oleh label perawatan pakaian," sambungnya.

Tentu saja hal ini juga dapat tergantung dengan penilaian masing-masing orang. Cuaca serta termperatur ruangan dapat menentukan seberapa lama kamu boleh menggunakan baju tidurmu.

Cara paling tepat adalah jika memang kamu sudah merasa tak nyaman menggunakan baju tidur tersebut, maka berarti ini sudah waktunya untuk mencucinya. [RWP]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini