Pengobatan kanker prostat bisa kurangi ukuran penis?

Sabtu, 5 Januari 2013 08:27 Reporter : Destriyana
Pengobatan kanker prostat bisa kurangi ukuran penis? Ilustrasi kanker prostat. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/RAGMA IMAGES

Merdeka.com - Beberapa dokter asal Boston, Inggris, memaparkan tentang beberapa keluhan yang datang dari pasien kanker prostat. Mereka merasa menyesal dengan jenis pengobatan yang diberikan para medis, sehingga berdampak pada mengencilnya ukuran penis.

Penelitian, yang diterbitkan jurnal Urology edisi Januari, mengungkapkan bahwa keluhan tersebut lebih sering terjadi pada pria yang menjalani pengobatan seperti radikal prostatektomi (operasi pengangkatan prostat) atau penyuntikan hormon pria yang dilakukan dengan terapi radiasi.

Diperkirakan, beberapa jenis pengobatan, seperti prostatektomi, dapat merusak saraf dan jaringan yang menyebabkan ereksi, sehingga penis dipendekkan. Temuan ini didasarkan pada survei yang dilakukan oleh para dokter pada 948 orang yang dirawat karena kanker prostat dan mengalami kambuh.

Temuan penelitian didasarkan pada survei diselesaikan oleh dokter dari 948 orang dirawat karena kanker prostat dan yang menderita kambuhnya penyakit. Dari 948 pria yang terlibat dalam studi tersebut, 22 persen lebih muda dari usia 60 tahun dan mayoritas rata-rata berusia 60-an, 70-an, dan 80-an.

"Ini adalah studi pertama yang menghubungkan persepsi antara pria yang mengalami pengurangan ukuran penis dan penurunan tingkat kepuasan seks, masalah hubungan emosional, dan kekhawatiran tentang spesifik bentuk pengobatan kanker prostat mereka pilih," kata tim ilmuwan yang dipimpin oleh Dr Paul Nguyen, seorang ahli onkologi radiasi, seperti dilansir Daily Mail (4/1). [des]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini