Minum Air Dingin saat Cuaca sedang Panas, Ini Dampaknya pada Tubuh

Selasa, 10 Mei 2022 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Minum Air Dingin saat Cuaca sedang Panas, Ini Dampaknya pada Tubuh Ilustrasi air es. ©elitefon.ru

Merdeka.com - Udara panas dan terik terus menerpa kita pada beberapa waktu belakangan. Pada kondisi udara panas seperti ini, meneguk minuman dingin merupakan hal yang bisa sangat menyenangkan.

Namun, bolehkah sebenarnya kite minum air dingin di tengah terpaan cuaca panas seperti sekarang? Menurut Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dokter Diana Sunardi SpGK boleh-boleh saja minum air dingin di kala suhu di luar sana panas.

Meski begitu, jangan air es yang amat sangat dingin ya. Teguk air yang tidak memiliki suhu tidak terlalu jauh dengan suhu tubuh alias suhu sejuk. "Alias cukup yang 'cool' saja," kata Diana beberapa waktu lalu.

Air dengan suhu cool cenderung mampu menyegarkan tubuh lebih cepat dibanding suhu hangat.Di kesempatan yang berbeda, wanita yang juga staf pengajar di FKUI RSCM ini juga mengatakan bahwa suhu air yang diminum bakal dinetralkan oleh tubuh.

"Pada saat air suhunya hangat atau dingin, akan dinetralkan oleh lambung," kata Diana.

Maka dari itu ada risiko bila minum air yang terlalu dingin. "Kalau air yang sangat dingin, hal itu malah menyebabkan kram di perut," kata Diana saat itu.

Sementara itu, bila air yang dikonsumsi hangat, bakal terjadi peningkatan pergerakan pada usus. Lalu, bila ada rasa begah hal itu akan hilang. Tak jarang diikuti dengan buang angin.

2 dari 2 halaman

Minum Air Dingin Bikin Gemuk?

Anda juga tak usah panik dengan mitos yang mengatakan kalau minum air dingin bikin gemuk. Jika air dingin yang dikonsumsi adalah air putih jelas itu tidak membuat gemuk.

Minum air putih atau air mineral kemasan bersuhu dingin tanpa tambahan yang lain tidak membuat gemuk karena nol kalori. Namun, bila air es itu dicampur dengan hal lain yang mengandung gula itu yang bisa membuat gemuk.

"Misalnya air es itu ditambah sirup, atau es teh manis. Kehadiran gula di dalam air es itu yang membuat gemuk," kata Diana.

Di sisi lain, Diana memprediksi bahwa seseorang bisa bertambah gemuk karena kebiasaan minum air es atau air dingin itu karena efek dibaliknya. Minum air es membuat makanan yang disantap jadi terasa lebih nikmat.

"Mungkin juga karena minum es, makannya jadi tambah banyak. Yang tadinya niat makan satu mangkok soto, jadi dua mangkok. Itu yang bikin gemuk," terangnya.

Reporter: Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Masuk KLB WHO, Akankah Hepatitis Misterius jadi Pandemi Selanjutnya?
Orangtua Wajib Tahu Langkah Awal bagi Orangtua Cegah Hepatitis Misterius pada Anak
Usai Lebaran, Waspadai Munculnya 5 Kondisi Kesehatan Ini
Pentingnya Membatasi Konsumsi Makanan Bersantan dan Berlemak saat Rayakan Idulfitri
Hepatitis Akut Misterius Mulai Masuk Indonesia, Masyarakat Diminta Waspada

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini