Konsumsi Gula Terlalu Banyak Boleh Saja, Asal Dalam Bentuk Tertentu

Sabtu, 8 Desember 2018 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Gula Terlalu Banyak Boleh Saja, Asal Dalam Bentuk Tertentu ilustrasi gula. ©kategeagan.com

Merdeka.com - Terlalu banyak gula yang dikonsumsi dalam sehari dapat menyebabkan munculnya berbagai macam masalah seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, serta pembengkakan yang dapat berujung pada banyak kondisi kronis. Namun jangan buru-buru buang semua sumber gula terutama dari buah atau susu.

Dilansir dari Men's Health, gula alami yang muncul dari buah (fruktosa) serta produk susu (laktosa) ternyata adalah dua jenis gula yang diperbolehkan. Sedangkan berbagai jenis gula tambahan seperti gula putih, gula coklat, dan berbagai gula bentuk cair yang sudah mengalami pemrosesan sebaiknya dihindari.

Lalu kenapa gula alami ini dianggap cukup baik untuk dikonsumsi tanpa batasan? Hal pertama adalah karena terkandung pada gula dan susu yang menyebabkan untuk mengonsumsi gula jenis ini secara banyak maka kita harus memakan atau meminum buah dan susu tersebut.

Konsumsi buah dan susu yang banyak ini otomatis sekaligus membuat banyak vitamin dan mineral dikonsumsi tubuh. Selain itu juga terdapat serat dan antioksidan yang merupakan nutrisi sangat penting bagi tubuh.

Untuk gula tambahan sendiri, batasan maksimal dalam sehari yang diperbolehkan pada pria adalah sembilan sendok teh (sekitar 36 gram) serta enam sendok teh pada wanita (sekitar 25 gram) menurut American Heart Asociation. WHO sendiri memiliki batas lebih tinggi yaitu sekitar 12 sendok teh bagi orang dewasa.

Namun jika kamu terlalu bingung untuk menghitungnya sebaiknya mulai hindari saja konsumsi minuman atau makanan yang sarat akan gula seperti soda. Selain itu kamu juga dapat mengganti gula pasir dengan pemanis seperti madu yang jelas lebih sehat. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini