Ketahui Aktivitas Fisik yang Perlu Dilakukan demi Perkembangan Anak

Rabu, 4 November 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketahui Aktivitas Fisik yang Perlu Dilakukan demi Perkembangan Anak Ilustrasi anak bermain. ©shutterstock.com/pat138241

Merdeka.com - Perkembangan anak merupakan hal yang penting diperhatikan oleh orangtua. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dan perlu dipahami oleh orang tua terkait hal ini.

Selain memastikan asupan nutrisi si kecil, beraktivitas fisik secara rutin juga menjadi salah satu kunci menjaga daya tahan tubuh Anak. Hal ini diungkap oleh dokter spesialis anak RS Pondok Indah – Puri, Cynthia Rindang Kusumaningtyas.

Menurut dia, jenis dan durasi kegiatan fisik harus menyesuaikan dengan anak serta kemampuan perkembangannya.

"Bila si kecil masih bayi, mengajaknya bermain dalam posisi tengkurap,mencoba meraih benda dengan merangkak, mendorong benda, atau bermain bola dalamposisi duduk selama 30 menit per hari sudah merupakan bentuk olahraga pada kelompok usia tersebut," terang Cynthia dilansir dari Antara.

Untuk batita, aktivitas fisik ringan seperti berjalan-jalan di taman sambil mencari kupu-kupu, bermain pasir, atau membantu menyiram tanaman selama 180 menit sehari bisa menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Sementara untuk anak yang lebih besar membutuhkan olahraga dengan intensitas lebih tnggi dengan durasi 60 menit dalam satu hari, misalnya bermain petak umpet, naik sepeda, hiking, menari, atau berlari.

Cynthia mengatakan, apabila anak tidak menyukai olahraga tertentu, kegiatan harian di rumah seperti berkebun, membantu orangtua mencuci kendaraan bermotor atau bahkan menyapu sekalipun sudah merupakan bentuk aktivitas fisik yang baik.

"Buatlah variasi pilihan kegiatan setiap harinya dan libatkanlah anak yang berusia lebih besar untuk menentukan aktivitas yang ingin dilakukannya. Keterlibatan seluruh anggota keluarga saat melakukan aktivitas fisik dalam suasana yang menyenangkan tentunya juga akan membuat anak lebih bersemangat untuk berolahraga," kata dia.

Baca Selanjutnya: Cegah Obesitas Anak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini