Kenali Manfaat dan Bahaya yang Ditimbulkan dari Minum Susu Sebelum Tidur

Kamis, 21 Mei 2020 13:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kenali Manfaat dan Bahaya yang Ditimbulkan dari Minum Susu Sebelum Tidur Ilustrasi minum susu. Shutterstock/Yana Godenko

Merdeka.com - Bagi banyak orang, minum susu sebelum tidur sudah merupakan kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan. Hal ini biaasanya dilakukan terutama pada anak-anak yang bertekad tumbuh lebih tinggi.

Walau begitu, sejumlah orang juga mengonsumsi susu ini untuk meningkatkan kualitas tidur mereka. Beberapa malah mengonsumsinya untuk menghilangkan kecemasan dan menjadi lebih santai sebelum tidur.

Dilansir dari Healthline, diketahui bahwa susu sesungguhnya bisa membantu seseorang tidur lebih cepat. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi olahan susu sebelum tidur bisa membuat kamu terlelap lebih nyenyak.

Susu mengandung hormon melatonin serta asam amino tritofan. Keduanya berdampak positif terhadap mood serta membuat kita lebih mudah memasuki siklus tidur. Sejumlah penelitian mengungkap bahwa keduanya membantu menurunkan kecemasan serta gejala depresi yang biasa muncul sebelum tidur.

Tritofan juga diketahui mampu membantu tubuh manusia melepaskan serotonin yang meredakan kecemasan serta membuat tubuh menjadi lebih santai. Selain itu, melatonin membantu mengatur ritme sirkadian dan mengirim sinyal ke dalam otak untuk masuk dalam kondisi tidur.

1 dari 2 halaman

Sejumlah pakar juga mengungkap bahwa konsumsi susu sebelum tifur memiliki dampak psikologis yang membantu kebiasaan ini. Karena konsumsi susu sebelum tidur bisa membuat kita merasa tenang, maka selanjutnya hal ini menjadi kebiasaan agar kita bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Walau minum segelas susu sebelum tidur memiliki efek positif, namun banyak orang yang tidak melakukannya karena sejumlah alasan. Banyak yang percaya bahwa hal ini bisa berujung bertambahnya berat badan.

2 dari 2 halaman

Susu memiliki kandungan lemak, protein, serta kalori di dalamnya selain nutrisi dan mineral. Selain itu, ngemil tengah malam kerap dihubungkan dengan meningkatnya berat badan.

Dilansir dari Livestrong, diketahui bahwa konsumsi susu sebelum waktu tidur bisa mengganggu pencernaan, mempengaruhi metabolisme, serta berujung pada bertambahnya berat badan yang tak diinginkan. Oleh karena itu, temuan ini tidak menyarankan konsumsi susu di malam hari. Disarankan agar seseorang maksimal mengonsumsi susu dua jam sebelum tidur. [RWP]

Baca juga:
Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Disarankan Tidur Miring ke Kiri
Cara Lezat Buat Kamu Lebih Mudah Tertidur di Malam Hari
Kenali Sindrom Putri Tidur, Penyakit Aneh yang Membuatmu Tidur dalam Waktu Lama
Mengapa Kita Tetap Merasa Lelah Walau Hanya Rebahan saja di Rumah?
Begini Cara yang Bisa Diterapkan Orangtua untuk Menidurkan Anak di Kamar Sendiri
Dari Pandemi Hingga Mimpi, Bagaimana COVID-19 Sebabkan Munculnya Mimpi Buruk
Sering Tak Disadari, 5 Hal ini Sesungguhnya Haram Dilakukan di Atas Kasur

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini