Ini Alasan Jadi Ingin Buang Air Besar setelah Konsumsi Kopi

Kamis, 24 Juni 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Alasan Jadi Ingin Buang Air Besar setelah Konsumsi Kopi ilustrasi minum kopi. ©naturallyearthfriendly.com

Merdeka.com - Kebiasaan minum kopi merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang baik ketika pagi atau malam hari. Namun apakah kamu sering mengalami kondisi perut yang bergejolak dan ingin buang air setelah minum kopi?

Munculnya hasrat ingin buang air besar setelah minum kopi ini ternyata dapat dijelaskan secara ilmiah dan benar terjadi. Dilansir dari Live Science, sejumlah penelitian menyebut bahwa kopi memang mendorong orang untuk buang air besar.

Melalui jurnal gastroenterolog bernama Gut yang diterbitkan pada tahun 1990, kopi disebut mendorong munculnya respons gastrocolonic beberapa menit setelah dikonsumsi. Walaupun belum diketahui secara pasti penyebabnya dan terjadi pada beberapa orang, namun hal ini diperkirakan terjadi karena kandungan yang dimiliki oleh kopi.

Hal ini terjadi karena kopi membantu pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi di perut dan berguna untuk meningkatkan aktivitas di usus besar. Area usus besar ini dekat dengan wilayah rektum sehingga meminum kopi dapat menyebabkan kondisi ingin buang air besar.

2 dari 2 halaman

Kondisi Ini Juga Terjadi Pada Kopi Decaffeine

Kondisi yang muncul ini juga terjadi pada kopi yang telah di decaffeine. Walaupun kandungan kafein telah dilepaskan dari kopi namun dorongan untuk buang air besar ini tak bisa dihilangkan.

Sebelumnya telah banyak di ketahui bahwa meminum kopi juga dapat memberikan efek serupa dehidrasi. Dehidrasi telah diketahui cenderung untuk memicu konstipasi.

Munculnya temuan mengenai kopi yang dapat memicu buang air besar ini tentu berlawanan dengan pendapat sebelumnya. Temuan penelitian pada tahun 2003 menyatakan bahwa efek buang air besar ini hanya terjadi pada mereka yang memang telah terbiasa meminum kopi sehingga timbul toleransi pada organ usus mereka. [RWP]

Baca juga:
Tips Berpuasa dengan Aman dan Sehat bagi Penderita GERD
Kenali Terjadinya Konstipasi pada Anak serta Kapan Biasanya Terjadi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini