Ini dia cara jaga pola makan tanpa rasa lapar sama sekali

Kamis, 5 Januari 2017 18:41 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ini dia cara jaga pola makan tanpa rasa lapar sama sekali Ilustrasi makan. Shutterstock/Alliance

Merdeka.com - Saat di awal tahun seperti ini, beberapa dari kamu pasti memiliki resolusi pribadi yaitu ingin memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat nan teratur.

Well, kendala umum yang dihadapi saat ingin menerapkan pola makan ini adalah kamu harus berhadapan dengan menu makanan yang bagimu tak berasa enak serta rasa lapar yang harus ditahan. Nyatanya, mengubah pola makan jadi lebih sehat tak akan membuatmu kelaparan lho. Berikut adalah caranya.

Sarapan

Pastikan menu sarapanmu mengandung kalori yang tidak lebih dari 300 kalori. Kamu bisa memulai hari dengan sarapan makan buah atau minum jus.

Jangan lupa pula untuk mengonsumsi protein saat sarapan setidaknya 10 gram yang berasal dari biji-bijian sehat.

Makan siang

Ketika makan siang, pastikan bahwa menu makan siangmu tidak melebihi dari 400-500 kalori. Dan menu makan siang tersebut harus mengandung nutrisi yang lengkap.

Selain nutrisi, menu makan siang harus berisi 50% sayuran yang kaya serat.

Makan malam

Kalori menu makan malammu tak boleh melebihi 400 kalori. Mengonsumsi makanan berat di malam hari juga sangat tidak disarankan.

Porsi menu makan malam harus berisi 50% sayuran, 25% protein, dan sisanya adalah karbohidrat yang berasal dari biji-bijian utuh.

Selain makan 3 kali dalam sehari, tentu kamu pun ingin ngemil. Jika kamu tak bisa membendung hasratmu untuk ngemil, pastikan bahwa menu camilanmu tinggi serat, rendah gula, rendah kalori, serta bukan makanan olahan.

Selamat mencoba! [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini