Ini Alasan Mengapa Kita Menyukai dan Ketagihan Makanan Manis

Senin, 14 November 2022 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Alasan Mengapa Kita Menyukai dan Ketagihan Makanan Manis ilustrasi makanan manis. ©www.wisebread.com

Merdeka.com - Konsumsi makanan dan minuman manis merupakan hal yang disukai banyak orang baik dewasa maupun anak. Ternyata, terdapat alasan mengapa kita menyukai minuman manis dan cenderung ketagihan untuk kembali mengonsumsinya.

"Gula berlebihan akan mengaktivasi 'reward response'," kata dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Arti Indira, Mgizi, Sp.Gk, FINEM beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Artinya, ketika seseorang mengonsumsi gula secara berlebihan, tubuh merasa seperti diberi "reward". Menurut Arti, sejumlah literatur menyatakan asupan gula berlebihan serupa seperti mengonsumsi narkoba karena memberikan efek kesenangan yang mirip dengan adiksi obat terlarang.

Alasan itu yang membuat Anda merasa ngidam ingin makan atau minum sesuatu yang manis terus menerus.

"Hati-hati konsumsi gula jangan sampai berlebihan," dia berpesan.

Di Indonesia, ketentuan batasan asupan gula harian yang dianjurkan telah tertera dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2013 di mana konsumsi gula pada orang dewasa maksimal 50 gram atau empat sendok makan per hari.

2 dari 2 halaman

Pola makan buruk di mana asupan gula berlebihan dapat menyebabkan berbagai dampak terhadap organ di dalam tubuh. Menurut Arti, konsumsi gula yang terlalu banyak bisa menimbulkan perlemakan hati, menimbulkan risiko masalah pada jantung dan membuat pankreas bekerja terlalu keras.

Gula yang terlalu banyak membuat pankreas harus terus memproduksi insulin yang membantu memasukkan glukosa dari pembuluh darah ke sel tubuh dan diubah menjadi energi. Hal ini dapat mengakibatkan resistensi insulin dan menjadi cikal bakal diabetes.

Asupan gula yang berlebihan juga bisa mempengaruhi kehidupan seks seseorang.

"Libido jadi menurun," katanya.

Konsumsi gula berlebihan juga bisa memengaruhi kesehatan kulit dengan membuatnya lebih cepat keriput. Konsumsi makanan sehat dan rendah gula ini sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. [RWP]

Baca juga:
Pola Makan Sehat Perlu Diperhatikan untuk Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan
Kenalkan Variasi Makanan Anak Sejak Dini demi Kesehatan di Masa Mendatang
Hanya Mengandung Karbohidrat, Air Tajin Tidak Bisa Gantikan Susu
Orangtua Perlu Tahu! Begini Cara Anasi Anak Tak Suka Sayur

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nutrisi
  3. Gula
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini