Begini Cara Mengenalkan Gizi Seimbang pada Anak Usia 4 Hingga 6 Tahun

Selasa, 8 September 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Begini Cara Mengenalkan Gizi Seimbang pada Anak Usia 4 Hingga 6 Tahun Ilustrasi anak makan. thehealthsite

Merdeka.com - Asupan gizi seimbang merupakan sebuah hal yang harus dibiasakan pada anak. Walau menerapkan gizi seimbang mudah diterapkan pada orang dewasa, namun hal ini sulit dilakukan pada anak.

Menurut ahli gizi Prof. Dr Ir. Sri Anna Marliyati, MSi, perlu cara khusus untuk menyampaikan pemahaman tentang gizi seimbang kepada anak agar anak dapat menangkap informasi dengan baik.

“Media informasi seperti flip chart yang dikembangkan dengan contoh-contoh permainannya dengan tokoh atau karakter yang menarik ini sangat membantu dalam memberikan edukasi gizi seimbang,” ujar Anna beberapa waktu lalu.

“Kemudian Sekarang ini diluncurkan lagu Isi Piringku, ini akan lebih meningkatkan lagi, nanti anak-anak akan mudah mengingat tentang gizi seimbang,” sambungnya.

Lagu Isi Piringku adalah lagu yang dibuat khusus untuk anak-anak agar mengingat pentingnya gizi seimbang. Lagu ini disajikan dengan lirik yang sederhana terkait pemenuhan gizi mulai dari karbohidrat, protein, air mineral, susu, sayur dan buah hingga panduan mencuci tangan. Lagu disajikan dengan animasi anak-anak yang bernyanyi sambil menari bersama.

“Saya melihat lagu Isi Piringku ini sudah padat kata-katanya, adapun yang disingkat di situ memang tujuannya untuk disesuaikan dengan musiknya, syairnya dan sebagainya. Ini sudah sangat baik memberikan edukasi kepada anak, sehingga mereka mengetahui kalau makan harus ada buah, sayur, nasi atau sumber karbohidrat lainnya, lauk pauk, minum yang cukup, dan cuci tangan,” jelasnya.

Baca Selanjutnya: Ia menambahkan lagu isi piringku...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nutrisi
  3. Makanan Sehat
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini