Anak yang Sering Tidur Siang Cenderung Lebih Pintar dan Tak Memiliki Masalah Perilaku

Senin, 10 Juni 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Anak yang Sering Tidur Siang Cenderung Lebih Pintar dan Tak Memiliki Masalah Perilaku Ilustrasi anak tidur. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Tidur siang merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan oleh orang tua kepada buah hati terutama pada usia yang masih kecil. Sebuah penelitian membuktikan bahwa terdapat sebuah hal luar biasa yang didapat dari tidur siang in terhadap anak-anak.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa tidur siang dapat meningkatkan mood dan performa anak-anak. Peneliti dari University of Pennsylvania dan University of California Irvine menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kemampuan anak-anak dalam mengendalikan diri serta meningkatkan perilaku dan IQ mereka.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada jurnal SLEEP berdasar analisis data terhadap sekitar 3.000 anak dengan rentang usia 10 hingga 12 tahun.

"Anak-anak yang tidur siang tiga kali atau lebih setiap minggu memperoleh manfaat peningkatan performa akademis sebesar 7,6 persen saat mereka kelas 6," ujar Adrian Raine, peneliti dari temuan ini.

Untuk penelitian ini, Raine dan timnya mengumpulkan data sejak tahun 2004 mulai partisipan masih balita hingga usia remaja mereka. Penelitian ini dilakukan di China karena negara tersebut menganjurkan tidur siang baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Tim peneliti menganalisis data mengenai frekuensi tidur siang serta durasinya, lalu mengukur psikologis, fisik, perilaku, serta mengumpulkan hasil akademik partisipan. Peneliti juga mengikuti anak-anak tersebut pada kelas empat, lima, dan enam.

"Banyak hasil studi laboratorium pada berbagai rentang usia menunjukkan bahwa tidur siang dapat menunjukkan dampak yang sama seperti tidur semalaman ketika menyangkut tugas kognitif," Jelas Sara Mednick, peneliti masalah tidur dari UC Irvine.

Mednick menjelaskan bahwa anak-anak dapat memperoleh lebih banyak manfaat ketika mereka tidur siang. Pola tidur yang buruk serta mengantuk di siang hari diketahui berdampak negatif pada performa otak, emosi, dan fisik.

"Tidur siang sangat mudah dilakukan dan juga tidak memerlukan biaya. Hal ini juga menjauhkan kamu dari penggunaan layar yang berhubungan dengan berbagai hal," ujar Jianghong Liu, salah satu peneliti dari temuan ini. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini