Amankah menyusui saat ibu terkena flu?

Rabu, 5 Agustus 2015 13:08 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Amankah menyusui saat ibu terkena flu? Ilustrasi menyusui. Shutterstock/Vitalinka

Merdeka.com - Air susu ibu merupakan minuman dan sekaligus makanan yang terbaik bagi bayi yang baru lahir. asi sendiri mengandung semua vitamin, mineral, serta nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk bertumbuh. Itulah sebabnya para ibu yang menyusui wajib untuk mengonsumsi makanan bergizi agar bayi mereka mendapatkan nutrisi yang baik. Selain itu makanan bergizi juga dapat menjauhkan ibu menyusui dari gangguan penyakit seperti flu.

Banyak yang bilang bahwa saat flu, sebaiknya seorang ibu tidak menyusui anaknya. Sebab dikhawatirkan buah hati mereka akan tertular penyakit tersebut. Benarkah demikian?

"Saat Anda menderita flu, sudah dipastikan bahwa bayi yang Anda susui terkena virus dan bakteri flu tersebut. Namun Anda tidak usah khawatir, jika virus flu tersebut tidak terlalu parah maka Anda akan tetap diperbolehkan untuk menyusui. Sebab air susu yang Anda berikan akan membentuk antibodi di tubuh bayi yang sanggup melindungi mereka dari berbagai macam penyakit," tulis penelitian yang dilansir dari boldsky.com ini.

"Obat antibiotik yang Anda minum saat flu, bisa memberikan efek pada bayi meskipun efek tersebut ringan. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan pada dokter, jenis obat apa yang Anda minum. Ada baiknya jika Anda mengobati flu tersebut dengan memperbanyak minum air mineral, istirahat yang cukup, dan makan makanan sehat. Cara tersebut relatif lebih aman dan alami baik untuk kesehatan tubuh Anda maupun bayi Anda." [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini